Sedang Puasa 9 Zulhijjah, Ini Waktu Berbuka di 9 Kota Besar

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 21 Agustus 2018 07:00
Sedang Puasa 9 Zulhijjah, Ini Waktu Berbuka di 9 Kota Besar
Semoga puasa sunnah 9 zulhijah hari ini lancar sampai waktu magrib tiba.

Dream - Sahabat Dream sedang berpuasa sunnah hari ini, Selasa, 21 Agustus 2018. Bertepatan dengan tanggal 9 Zulhijjah 1429 H, umat muslim memang dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah.

Sebagian masyarakat banyak menyebut puasa sunnah hari ini sebagai puasa Arafah. Di tanggal itu, jemaah haji seluruh dunia tengah menjalani prosesi puncak ibadah dengan melakukan wukuf di Arafah.

Namun apakah puasa sunnah 9 Zulhijjah harus mengikuti ketentuan wukuf. Seperti tahun ini, penetapan hari raya Idul Adha di tanah suci dan Indonesia berselang satu hari. Artinya, hari arafah pun berbeda.

Dikutip dari Rumah Fiqih Indonesia, syariat puasa 9 Zulhijjah sebenarnya sudah ada sebelum Rasulullah Muhammad SAW melaksanakan wuquf dalam hajinya. Sejumlah riwayat menyatakan puasa tersebut sudah disyariatkan sejak tahun kedua Hijriah, tahun yang sama dengan berlakunya syariat puasa Ramadan, sholat Idul Fitri.

Sementara wukuf belum dilakukan Rasulullah pada tahun tersebut. Rasulullah baru berhaji dan menjalankan wukuf di tahun ke-10 Hijriah.

(Baca: Puasa 9 Zulhijjah Mengacu pada Waktu Wukuf?)

Nah, untuk kamu yang sedang berpuasa sunnah arafah, semoga bisa tiba sampai waktu berbuka magrib nanti. Isilan waktu berpuasa dengan menjalankan amalan-amalan agar mendapat pahala dari Allah SWT.

Untuk mengingatkan Sahabat Dream yang tengah berpuasa, berikut adalah jadwal sholat magrib hari ini untuk daerah Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia:

1. Surabaya: 17.32 WIB
2. Semarang: 17.41 WIB
3. Jakarta: 17.51 WIB
4. Bandung: 17.52 WIB
5. Makassar: 18.08 WITA
6. Palembang: 18.08 WIB
7. Medan: 18.38 WIB
8. Bogor: 17.57 WIB
9. Bekasi: 17:56 WIB

Beri Komentar