Mahasiswi Kembar Lulus Cumlaude IPK `Kembar`

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 23 September 2015 12:03
Mahasiswi Kembar Lulus Cumlaude IPK `Kembar`
Tifa Paramitha dan Tika Paramitha lulus dari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNS dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85.

Dream - Kita kerap membaca kisah mahasiswa yang lulus dengan nilai cumlaude. Namun bagaimana jika yang lulus dengan nilai cumlaude itu adalah mahasiswi kembar dengan nilai yang sama persis? Tentu ini sangat unik.

Itulah yang terjadi di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo. Mahasiswi kembar, Tifa Paramitha dan Tika Paramitha, lulus dari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNS dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85. Keduanya mengikuti wisuda yang digelar pada Sabtu 5 September silam.

Kembar kelahiran 19 Agustus 1993 ini memiliki minat yang sama. Saat di bangku SMA, keduanya sama-sama tertarik pada pelajaran Kimia. Pada 2011, mereka memutuskan untuk mendaftar ke UNS dan sama-sama diterima di Fakultas Teknik.

Tifa dan Tika memiliki rahasia khusus untuk bisa mencapai IPK cumlaude itu. “ Sebenarnya belajar rajin saja sih. Kalau mau ujian belajar berdua. Nanti kalau saya nggak bisa, minta diajari dia, gantian,” kata Tika sembari meminta persetujuan Tifa.

IPK mereka memang sama persis. Meski demikian, bukan berarti setiap semester si kembar asal Ngadirojo, Pacitan, ini mendapat IP yang sama pula. Nilai mereka kadang berbeda. Yang jelas, IPK mereka sama persis.

Saat skripsi, keduanya kompak mengambil judul “ Prarancangan Pabrik Aniline dari Hidrogenasi Nitrobenzene Fase Uap Kapasitas 44000 Ton/Tahun”.

 Mahasiswi Kembar Lulus Cumlaude IPK Kembar

Samuji, ayah Tifa dan Tika, menceritakan kedekatan dua anaknya itu. “ Dulu sewaktu mau kuliah ditanya bagaimana misal satu di Surabaya, satunya di Solo atau Jogja. Yang kecil jawab gini, ‘Ora popo pisah, paling-paling ora enak mangan sak wulan (Tidak apa-apa pisah, paling jadi tidak enak makan satu bulan’,” ujar Samuji.

Jawaban sang anak itu akhirnya mengantarkan si kembar kuliah di tempat yang sama, jurusan yang sama, menempati kos bersama, hingga keduanya lulus bersama dengan nilai sama pula.

“ Ini sangat membanggakan, dua-duanya bisa cumlaude dan IPK-nya 3,85. Saya berharap dua-duanya bisa sekolah lagi dan dua-duanya bisa mendaftar LPDP beasiswa luar negeri. Ada banyak beasiswa ke luar negeri,” harap Sholihin As’ad, Dekan Fakultas Teknik UNS. (Ism, Sumber: uns.ac.id

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo