Wajib Ada di Dapur Sebagai Pengganti Bawang Putih Segar

Reporter :
Kamis, 21 Februari 2019 07:02
Wajib Ada di Dapur Sebagai Pengganti Bawang Putih Segar
Penting bagi Sahabat Dream menyediakan bawang putih tapi dalam bentuk lain.

Dream - Sedang membuat resep makanan tapi kehabisan persediaan bawang putih? Bahan rempah ini memang jadi salah satu bumbu yang banyak digunakan dalam mengolah berbagai masakan.

Masakan Indonesia, Asia, atau hindangan lain tak pernah lepas dari penggunaan bawang putih.

Tak mengherankan memang jika persediaan bawnag putih di rumah paling cepat habis. Jika sedang memasak dan baru tahu bahan utama ini ini habis, siapa yang takkan panik.

Nah daripada kamu panik dan makanan jadi tak lezat, sebaiknya mulai menyediakan bawang putih. Tapi kali ini cobalah menyimpan stok bawang putih dalam bentuk lain.

Bawang putih ini bisa digunakan kapan pun dan lebih tahan lama dibandingkan dengan bawang putih segar. Apa saja?

- Bubuk bawang putih

Bisa dibeli di supermarket atau kedai khusus yang menjual bumbu. Biasanya dikemas dalam botol plastik dan penggunaannya sangat praktis. Aromanya memang tidak sekuat bawang putih segar tapi bisa jadi 'pertolongan pertama' saat setok bawang putih segar habis.

- Bawang putih goreng

Untuk yang satu ini mirip seperti bawang goreng. Jika cukup banyak persediaan bawang putih segar, sisihkan untuk membuat bawang putih goreng. Potong tipis kemudian goreng hingga kecokelatan. Ingat, jangan sampai terlalu lama karena rasanya akan menjadi pahit.

- 'Baceman' bawang

Bisa juga membuat 'baceman' bawang putih. Iris kecil bawang putih dalam porsi yang agak banyak. Kemudian tumis dengan minyak, setelah matang dan aromanya keluar, dinginkan. Masukkan ke toples kaca dan simpan. Sahabat Dream bisa memakainya kapan pun sebagai bumbu dasar, terutama jika stok bawang putih segar habis.

Rasa bawang putih segar tentu sangat berbeda dari tiga bawang putih di atas. Pastikan membuat penyesuaian dengan penambahan rempah lain, garam dan gula agar bisa mendapatkan kualitas rasa yang diinginkan.

(Sah, Laporan Ratih Permata Sari/ Sumber: TheSpruce)

Beri Komentar
TOP 3 Gara-Gara BTS, Menara Seoul jadi Ungu