Heboh Penolakan RUU Musik, Iwan Fals Lebih Santai

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 5 Februari 2019 15:35
Heboh Penolakan RUU Musik, Iwan Fals Lebih Santai
Ia buka suara lewat aku Twitternya.

Dream - Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan tengah ramai diperbincangkan. RUU tersebut menuai protes dari para pegiat musik.

Polemik ini juga memicu konflik antara Jerinx, personil Superman Is Dead (SID) dengan pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty. Jerinx melontarkan kritik pedas yang berujung pada jalur kepolisian.

Melihat gejolak panas dari rekan-rekan musisi, Iwan Fals akhirnya buka suara. Lewat akun Twitter @iwanfals, ia mengingatkan agar para musisi tidak saling adu jotos.

" Soal RUU Permusikan rame ya...dirembukin baek2lah, mumpung belum di”dok” jangan sampe jotos2an ye, pemusik tu perasa lo, malu tau" tulisnya.

Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ini juga menuliskan pentingnya perjuangan musisi demi masa depan industri musik Indonesia.

" pemusik yg ngerti bahasa hukum ya berjuanglah habis2an, sampe ke harmoni yg sejati, krn ini menyangkut masadepan musik Indonesia..." sambungnya.

Unggahannya mengundang respon positif dari warganet. Banyak pula yang merindukan karya musiknya. Pelantun lagu 'Bento' itu sempat dikenal aktif mengkritisi kebijakan pemerintah lewat musik.

" Kapan kritik mu kluar lagi maestro...??? Aku rindu kritik-kritik mu seperti dulu yg selalu membelah malam......" tulis akun @esekuduk.

" Ayo bang, suarakan lagi jreng-jreng!" akun @hadiancuk menimpali.

1 dari 4 halaman

Perseteruan Makin Panas, Jerinx SID Bawa-Bawa Gerai Ayam Anang

Dream - Perseteruan Jerinx, drummer grup band Superman is Dead (SID) dengan Anang Hermansyah tampaknya semakin memanas. Saat ini, perseteruan mereka tak hanya sebatas RUU Musik.  

Semula Anang berencana melaporkan Jerinx ke polisi. Sementara sang istri, Ashanty, menantang debat. Dan kali ini, Jerinx membawa-bawa gerai makanan yang dibuka oleh keluarga Anang di Bali.

Melalui akun Instagram @jrxsid, Jerinx memperingatkan Anang terhadap usaha rumah makannya di Bali. Dia rupanya merasa kesal karena unggahan sebelumnya dihapus oleh Instagram.

" Maaf saya post lagi. Tadi didelete IG karena direport pasukan ayam bunda dorce. Kalau ini sampai didelete lagi, jangan harap usaha ayam anda di Bali bisa jalan ya," tulis Jerinx, Senin 4 Februari 2019.

  jerix SID© jerix SID

Selain itu, Jerinx juga mengoentari rencana Anang yang akan melaporkannya ke polisi, namun urung dilaksanakan. " Saya ga punya TV. Tadi lunch di warung Padang, ada Anang di TV presscon bilang dia ga jadi laporin saya ke polisi,"  tambah dia.

Jerinx menduga Anang batal melaporkannya ke polisi karena takut rumah makannya di Bali akan gulung tikar. Menurut dia, RUU Musik yang disuarakan Anang menimbulkan resistensi di masyarakat.

" Sembari melirik telur ayam di piring, saya mikir " Mereka baru buka gerai ayam. Mungkin mereka ga nyangka backlash dari kubu anti RUU cukup signifikan. Takut gerainya sepi, maybe," tulis Jerinx.

  jerix© jerix

2 dari 4 halaman

Berharap Jerinx SID Minta Maaf, Ashanty: Katanya Kesatria?

Dream - Ashanty mengaku sebelumnya tak pernah mengenal sosok Jerinx, drummer Superman is Dead (SID). Istri Anang Hermansyah itu mengaku sosok drummer hanya dikenalnya dari anaknya.

Seperti diketahui, Ashanty dan Jerinx terlibat dalam perdebatan sengit usai muncul kontroversi RUU Permusikan. Jerinx dianggap telah menghina Anang dengan menyebutnya musisi palsu.

" Jujur saja, saya hanya tahu grup bandnya saja (SID) dari anak saya. Tapi tidak dengan personilnya," ujar Ashanty saat ditemui di pembukaan resto Ayam Asix, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 2 Februari 2019.

Setelah terlibat konflik ini, Ashanty mengaku mulai aktif mencari tahu sosok Jerinx. " Saya cari tahu rupanya banyak yang menjadi korbannya dia (Jerinx SID)," ujarnya.

Ibu empat orang anak itu menilai Jerinx SID tak mengerti isi RUU Permusikan yang ditolaknya. Padahal ia sudah berusaha menjelaskan isi rancangan undang-undang itu melalui pesan langsung.

" Saya sudah jelaskan pelan-pelan lewat DM (direct message) sama dia (Jerinx) sampai saya emosi. Tapi tetap saja sepertinya tidak mengerti," terang Ashanty.

Untuk saat ini, Ashanty hanya berharap Jerinx SID meminta maaf dengan ucapannya kepada Anang. Sambil menyindir, dia menilai seorang ksatria takkan malu meminta maaf.

" Katanya kesatria, kalau kesatria harusnya minta maaf dong. Jangan bawa-bawa wilayah tinggalnya. Orang Bali itu takut karma, sangat welcome, dan hati-hati orang-orangnya," kata Ashanty.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

3 dari 4 halaman

Dilaporkan Anang ke Polisi, Jerinx SID Minta Tolong Raul Lemos

Dream - Perseteruan antara drummer Superman Is Dead, Jerinx dengan Anang Hermansyah semakin memanas. Jerinx sampai ditegur dengan keras oleh Ashanty lantaran sudah menghina suaminya. 

Pemicunya adalah Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan yang saat ini tengah dibahas di Komisi X DPR RI. Jerinx merasa keberatan atas beberapa pasal dalam RUU karena dianggap mengalangi musisi untuk menyampaikan kritik.

Jerinx pun menyindir Anang yang saat ini duduk sebagai anggota Komisi X dan turut menggagas RUU tersebut. Musisi asal Bali itu sampai menuding Anang sebagai musisi palsu sampai membuat tagar provokatif seperti #RUUKampungan.

Langkah Jerinx membuat Anang dan Ashanty semakin geram. Sebelumnya, mereka diketahui menantang pria asal Bali itu untuk berdebat di TV. Belakangan, Anang melaporkan Jerinx ke kepolisian

  Unggah Foto Seksi Ashanty, Anang Hermansyah Diceramahi Netizen© MEN

Tetapi, pria bernama lengkap I Gede Ari Astina itu malah terkesan santai menanggapi laporan Anang. Ia kembali mengunggah cuitan lewat akun Twitter @JRX_SID.

" Cie main lapor polisi aja kau @ananghijau. Katanya mau nantang saya debat di TV 13 Feb ini, piye to? Mau debat di Polda apa TV? #RUUkampungan," tulis Jerinx

Tak sampai di situ, Jerinx kembali membuat cuitan. Kali ini nama suami Krisdayanti, Raul Lemos ikut terseret ke dalam konfliknya.

" Bro @Raullemos_KD tulung bro," tulis Jerinx.

Belum diketahui apakah Raul Lemos menanggapi cuitan tersebut. Tetapi, akunnya sudah tidak aktif sejak September 2012.

  Twitter Raul Lemos© Foto: Twitter @Raullemos_KD

Foto: Twitter @Raullemos_KD

Perseteruan itu tentunya menjadi sorotan netizen.

4 dari 4 halaman

Memanas! Jawaban Jerinx SID Ditantang Ashanty Debat RUU Permusikan

Dream - Jerinx, drummer grupband Superman is Dead (SID) menjawab tantangan berdebat Ashanty yang tidak terima Anang Hermansyah direndahkan dengan sebutan musisi palsu. Seperti Ashanty, Jerinx juga menuliskan balasan itu lewat unggahan di akun instagramnya.

Pada tulisan itu, Jerinx menolak RUU permusikan yang diusulkan oleh Anang. " Bali tolak reklamasi Bali tolak RUU permusikan," tulis Jerinx SID, dikutip Dream, Jumat 1 Januari 2019.

Menurut Jerinx seperti ditulis di keterangan foto itu, dia mengaku tidak takut untuk diajak berdebat dengan Anang. Malah dia menyanggupi tantangan untuk berdebat di sebuah program televisi. 

Tapi, lanjut Jerinx, dia menilai pertemuan dengan Anang kemungkinan takkan berguna. Hal yang sama pernah dilakukannya saat bertemu presiden Joko Widodo

" Debat di radio aja takut apalagi di TV. Ketemu sama @jokowi (2014) saja ga ada gunanya apalagi ketemu @ananghijau. Yang lucu, istrinya @ashanty_ash malah ngotot minta debat TV. Saya ga pernah takut lawan elit piece of shyt macam kalian. Ayo! Asal jangan kau jadikan ini media jualan kosmetik ya. #RUUkampungan #Anang4President," tulis Jerinx SID.

Unggahan pria 41 tahun ini menuai beragam pro dan kontra netizen. Ada yang memberi dukungan dengan sikap Jerinx sebagian lain mencibir cara pria asal Bali itu menolak RUU Permusikan.

  unggahan jerix SID© unggahan jerix SID

" Padahal RUU musik ya baru rancangan, belum fix, kemungkinan untuk diubah masih ada. Apa salahnya sih ngomong pake bahasa yang sopan? Coba lah kalo memang gentle datang ke gedung DPR, utarakan langsung ke team yang membuat RUU tsb, jangan a**ing2in orang aja bisanya,"  tulis akun @blues_m00d.

" Maju terus demi tanah air ibu pertiwi," tulis akun @andikawidyasrama.

" Provokator.. meracuni otak rakyat bali.. seenaknya aja bawa bawa nama bali.. lu siapa? Punya pangkat di bali? Karir musik udah gak laku ya?," kata akun @de_putras.

" Sukses selalu buat @jrxsid," tulis akun @sightcloth.

Beri Komentar