Fakta Menarik Decacorn Asia Tenggara, Grab Jadi yang Pertama

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 4 Maret 2019 10:09
Fakta Menarik Decacorn Asia Tenggara, Grab Jadi yang Pertama
Grab sebagai salah satu pelopor offline-to-online (O2O) mobile platform berhasil didapuk menjadi startup decacorn pertama di Asia Tenggara.

Dream - Bayangkan betapa suksesnya jika ada sebuah perusahaan yang berhasil mencapai titik kesuksesan dalam skala regional, seperti Asia Tenggara. Terlebih Asia Tenggara merupakan salah satu regional dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia.

Jelas saja, bukan perusahaan sembarangan jika berhasil meraih kesuksesan dalam skala sebesar itu.

Namun, pernahkan berpikir jika ada startup yang berhasil mencapainya? Sekilas nama startup atau perusahaan rintisan tampak kurang memungkinkan, tetapi fakta terbaru justru hadir dari lini startup.

Grab sebagai salah satu pelopor offline-to-online (O2O) mobile platform berhasil didapuk menjadi startup decacorn pertama di Asia Tenggara.

Pencapaian level decacorn ini tentu tak sangat luar biasa, terlebih hanya perusahaan yang memiliki valuasi sebesar 10 miliar dolar AS saja yang bisa menyandangnya. Dan, Grab berhasil mencapai valuasi perusahaan sebesar 11 miliar dolar AS.

Predikat ini pun secara tak langsung mengukuhkan Grab lebih dari sekadar unicorn alias perusahaan yang berhasil mencapai valuasi 1 miliar dolar AS.

Lebih dari itu, Grab merupakan super unicorn karena valuasi perusahaannya sama dengan 10 perusahaan unicorn. Keberhasil Grab ini tentu tak lepas dari pembaruan layanan yang terus dilakukan. Pasalnya, dari waktu ke waktu layanan Grab terus bertambah.

Jika mulanya Grab hanya fokus pada layanan transportasi, kini fiturnya terus dikembangkan, sehingga tak sekadar berupa layanan ride-hailing seperti GrabCar, GrabBike, maupun GrabTaxi.

Grab juga hadir dalam beragam layanan yang juga menjadi solusi harian, seperti layanan pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, hingga hiburan digital.

Melalui filosofi platform terbuka yang dianutnya, Grab berupaya menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik masyarakat di Asia Tenggara.

Jangan heran, jika sebagai startup decacorn Grab sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, kini terus memperluas layanannya di berbagai negara.

Setidaknya, Grab kini telah menjelma sebagai everyday superapp yang bisa dinikmati di sekitar 336 kota dan 8 negara di Asia Tenggara. Mulai Vietnam, Myanmar, Thailand, Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura hingga tentunya Indonesia.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary