Shutterstock
Dream - Tahukah Sahabat Dream hampir dua miliar orang merayakan Ramadan di seluruh dunia. Momen spesial ini tentunya selalu ditunggu dan dipersiapkan oleh seluruh umat muslim untuk melangkah lebih baik lagi.
Umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan mulai dari donasi, rajin beribadah, hingga jadi momen refleksi diri untuk lebih taat.
Tak hanya itu, Ramadan juga jadi salah satu momen untuk berbagi kepada orang sekitar. Saat mempersiapkan untuk berbagi, banyak masyarakat memilih untuk berbelanja online di media sosial. Tentunya ini jadi momen emas untuk para UMKM mempromosikan produknya agar lebih dilirik calon pembeli.
Berikut adalah 4 fitur yang dapat Sahabat Dream coba untuk membuat postingan bisnis kamu mudah ditemukan di Instagram selama Ramadan yang dibagikan tim Meta.
Instagram Reels menjadi format konten yang paling cepat berkembang di Instagram. Tentunya ini menawarkan peluang emas bagi pelaku bisnis untuk menjangkau netizen secara lebih luas.
Sahabat Dream tentunya harus manfaatkan fitur Reels untuk membagikan informasi tentang produk yang dijual. Agar konten Reels terlihat lebih profesional gunakan disappearing text untuk membantu bercerita di Reels. Tak lupa, gunakan Green Screen untuk menambahkan merek atau nama produk sebagai latar belakang.
Jangan lupa tambahkan AR untuk membuat Reels lebih menarik dan seru. Mendukung masyarakat menggunakan AR Effect, Meta berkolaborasi dengan kreator Spark AR Effects dari Indonesia Madebyhumans dan Filterqu. Selebriti dan kreator konten Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dan kreator asal Dubai, Amr Maskoun, juga berpartisipasi untuk menciptakan dua AR Effects AmrRamadan dan RANSmadan Run dengan tema khas Ramadan.
Kedua AR effects baru ini pada Facebook dan Instagram, dan gunakan juga stiker Avatar Ramadan di Facebook dan Instagram agar pengalaman dan perayaan #BulanKebaikan bersama komunitas, keluarga, dan teman-teman menjadi lebih seru.
“ Meta kembali menghadirkan kampanye global #BulanKebaikan untuk mengangkat cerita dan inspirasi dari komunitas, kreator, dan pelaku UKM Muslim yang memanfaatkan teknologi kami untuk berbuat baik dan menyebarkan kebaikan,” jelas Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia pada acara #BulanKebaikan dari Meta, Selasa 5 April 2022.
Selain menggunakan AR Effects, para UMKM lokal dapat memanfaatkan template Story “ My #MonthofGood Top Picks”.
Sahabat Dream dapat membagikan rekomendasi usaha lokal atau gerakan sosial seperti penggalangan dana melalui Story di Facebook dan Instagram dan ajak komunitas di sekitar untuk melakukan yang sama.
Semakin menyemarakkan #BulanKebaikan, Instagram juga kembali menghadirkan stiker-stiker menarik karya seorang desainer asal Bahrain, @haluulie.
Ketiga Stiker Ramadan ini dapat ditemukan di Galeri Stiker pada Instagram Stories pengguna.
Dengan menggunakan stiker ini, para pengguna Instagram akan lebih mudah melihat story promosi kamu. Karena story yang Sahabat Dream upload akan tampil pada deretan terdepan.