'100 Pak Wisnu' Siap Menyambut Kamu Nikmati Liburan Akhir Tahun Berkesan

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 9 Desember 2022 06:12
'100 Pak Wisnu' Siap Menyambut Kamu Nikmati Liburan Akhir Tahun Berkesan
Kemenparekraf luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) untuk kamu yang siap jelajah Indonesia di akhir tahun.

Dream - Jelang libur akhir tahun pasti kamu sudah menyiapkan rencana untuk berlibur bersama orang-orang terdekatmu kan? Bersamaan dengan libur sekolah anak, momen ini banyak dimanfaatkan untuk dinikmati bersama anak serta anggota keluarga yang lain.   

Tidak perlu jauh-jauh liburan ke negara orang, kamu bisa menghabiskan libur akhir tahun dengan memuaskan hanya dengan mengunjungi destinasi terkenal di Nusantara yang terkenal karena keindahan wisatanya.

Liburan tahun ini bertambah mudah karena Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) baru meluncurkan program 100 paket wisata nusantara atau yang diperkenalkan sebagai 100 PAK WISNU.

Program yang dibuat Kemenparekraf ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan nusantara yang pada tahun 2023 ditargetkan mencapai 1,2-1,4 miliar pergerakan atau perjalanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimistis peluncuran program ini bisa menjadi daya tarik karena bertepatan dengan momentum libur Tahun Baru. Menurutnya, banyak tempat-tempat di Indonesia yang bisa dieksploraso untuk menyambut datangnya tahun baru.

1 dari 5 halaman

“ Saya ingin kita tempa, mumpung saat ini pergerakan wisatawan nusantara sedang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. ‘PAK WISNU' ini sejalan sekaligus menindaklanjuti arahan presiden untuk berwisata di #IndonesiaAja," jelas Sandiaga.

" PAK WISNU ini akan menambah khazanah untuk berwisata jelang liburan yang biasanya diisi untuk berwisata ke luar negeri,” tambahnya.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengatakan kementeriannya berkoordinasi dengan dinas pariwisata di 34 provinsi Tanah Air agar masing-masing daerah mengirimkan tiga paket wisata terbaiknya.

Selanjutnya paket wisata terbaik itu dipromosikan ke dalam program “ 100 Pak Wisnu” melalui official web promosi pariwisata Indonesia, Indonesia.travel.

“ Diharapkan '100 PAK WISNU' ini dapat menambah informasi mengenai paket wisata untuk liburan tahun baru serta dapat menambah pergerakan wisatawan nusantara, sejalan dengan arahan presiden untuk mewujudkan target tahun 2023 sebanyak 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan/perjalanan wisatawan nusantara,” ujarnya.

2 dari 5 halaman

Ganjar Pranowo & Sandiaga Uno© Instagram.com/sandiuno

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengatakan, Provinsi Jawa Tengah memiliki hampir 300 Paket wisata ditambah dengan event-event menarik.

Di antaranya event Borobudur Marathon, Trail Run Sikso Rogo di Lereng Gunung Lawu dan sebagainya.

“ Kemudian yang menarik yang kedua dengan potensi pergerakan wisatawan yang besar yaitu ziarah atau wisata religi. Bisa dimulai dari beberapa tempat Sunan Gunung Jati, Semarang, Cirebon, kembali ke Semarang, Ziarah Wali Songo," kata Ganjar.

Ia juga mengatakan kalau sebenarnya tempat ziarah atau religi ini tidak kalah apalagi bertepatan dengan acara shalawatan. Ini momentum yang paling bagus untuk bisa keluarkan dan promosikan wisata-wisata di Tanah Air.

Sumber: Kemenparekraf.go.id, Laporan: Rena Safira

3 dari 5 halaman

Isi Liburan Akhir Tahun di Penglipuran Village Festival IX 2022

Dream - Aroma liburan akhir tahun sudah kecium. Apakah kamu sudah mencari ide-ide atau rekomendasi tempat wisata yang akan jadi referensi liburan nanti?

Jika belum, event tahunan Penglipuran Village Festival IX 2022 yang diadakan di Desa Wisata Penglipuran, Bali, bisa menjadi pengisi libur di bulan ini.

25 Rekomendasi Destinasi Wisata Luar Negeri di 2023 Berdasarkan Karakter Traveler

Tidak sekadar menonton, pengunjung festival yang berlangsung pada 9 sampai 14 Desember 2022 ini bisa menjajal berbagai hal baru berikut ini:

Ikut kelas masak yang menyenangkan

Buat yang ingin nostalgia ke masa kecil dengan main masak-masakan, kamu bisa bergabung dalam kelas permainan anak. Di Penglipuran Village Festival IX 2022 bisa melakukan aktivitas seru sambil belajar di berbagai kelas yang akan diadakan.

Kalau pernah berwisata ke Desa Penglipuran, kamu mungkin tahu tentang loloh cemcem, minuman tradisional khas desa yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Di festival ini, kamu bisa belajar bikin minuman sehat ini bersama warga lokal.

Ada juga kelas yang cocok untuk kamu yang lagi butuh healingEvent ini akan mengajak kamu bermeditasi dan yoga.

4 dari 5 halaman

Pertunjukan budaya dan musik

Saat pertunjukan seni dan kearifan lokal, jangan lupa untuk menyaksikan parade budaya, pentas tari kolosal, fragmen tari, dan pertunjukan beberapa kesenian khas Bali lainnya yang akan disajikan dari hari pertama hingga penutupan.

Tak cuma itu, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan musik etnik hingga pop. Sebab, di Penglipuran Village Festival IX 2022 akan menghadirkan Penglipuran Night Ethnic Music.

Itinerary ke Jepang untuk Turis 'First Timer' dan 'On Budget'

Dua musisi utama yang akan mengguncang panggung ialah Gus Teja World Music dan Emoni. Sedangkan untuk musik popnya akan menampilkan Fourtwnty, Idgitaf, Iksan Skuter, Gede Robi, Tjok Bagus, The Byr’s, dan Rumah Cerita yang siap menghiburmu.

Jelajah hutan bambu

Jalan-jalan ke hutan bambu? Enggak ada masalah. Karena selain teduh dan nyaman, ada banyak spot ciamik yang cocok untuk tempat berfoto estetik.

Nah, kalau mau pengalaman wisata kali ini makin autentik, kamu bisa menginap di desa wisata ini. Ada beberapa rumah warga yang memang dijadikan homestay untuk tamu yang ingin menginap.

5 Negara Super Ramah di Seluruh Dunia, Bisa Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Nikmati makanan khas

Menjajal makanan khas suatu kota jangan kamu lewatkan. Pas banget di Penglipuran Village Festival IX 2022 ada beragam kuliner lezat untuk kamu cicipi. Kamu bisa puas jajan dan mencoba makanan aneka makanan termasuk menu tradisional.

5 dari 5 halaman

Bisa ikutan lomba

Jangan cuma jadi penonton saja, di acara ini kamu bisa coba lomba tari tradisional, mesatua (bercerita), lomba fotografi, akustik, guiding contest, peragaan busana, dan masih banyak lagi.

Setelah selesai, kamu bisa berkunjung ke Desa Wisata Pule yang dikenal memiliki hamparan sawah hijau yang luas, desa ini sangat cocok untuk kamu yang sedang rindu dengan asrinya suasana pedesaan.

5 Street Food Paling Populer di Istanbul

Nantinya kamu juga bisa kemah di alam sambil barbeque-an bareng orang-orang terdekatmu.

Sumber: Indonesia.travel

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar