'Warkop DKI Kartun: The Series' Bisa Jadi Pilihan Tontonan Buat Si Kecil

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 5 Mei 2021 18:46
'Warkop DKI Kartun: The Series' Bisa Jadi Pilihan Tontonan Buat Si Kecil
Tayangan ini hadir sebagai tontonan yang menghibur bagi semua generasi termasuk generasi saat ini.

Dream – Setelah sukses lewat film komedi Warkop DKI Reborn, kini tayangan legendaris ini akan hadir dalam bentuk animasi serial yang berjudul Warkop DKI Kartun: The Series.

Animasi ini akan menghadirkan nostalgia komedi para legendaris Dono, Kasino, dan Indro, pada 10 Mei 2021 di Disney plus Hotstar sebagai tontonan yang menghibur bagi semua generasi termasuk generasi saat ini.

“ Yang jadi tantangan di kita adalah bagaimana bisa meng-create sesuatu yang fresh, yang baru tapi juga ada feeling nostalgia dari tiga karakter yang memang luar biasa menarik. Ini yang kita jadikan dasar,” ujar Daryl Wilson selaku Sutradara Warkop DKI pada konferensi pers virtual Senin, 3 Mei 2021 kemarin.

Indro, selaku pemain Film Warkop DKI Chips, menceritakan pengalamannya saat bertemu seorang anak yang mengenalnya sebagai ayah dari sosok Indro muda.

Selain itu dengan adanya julukan legendaris pada Warkop DKI membuat Indro berfikir bahwa penceritaan dan karakter dari para pemain Warkop DKI harus terus dikenal berbagai generasi termasuk anak-anak, salah satu caranya adalah lewat animasi.

1 dari 5 halaman

Ada 13 episode

Konferensi pers Warkop DKI Kartun© Dream.co.id/Yuni Puspita Dewi

“ Di sini kita benar-benar pikirkan faktor pendidikan dan hal-hal lain yang harus diperhitungkan untuk anak-anak, jadi kita mengharapkan anak-anak bisa senang dan bahagia tanpa harus ada hal-hal yang tidak sepantasnya diterima mereka,” ujar pria bernama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro selaku Perwakilan Executive Produser 'Warkop DKI Kartun: The Series'.

Animasi garapan Falcon Pictures ini berjumlah 13 episode dengan masing-masing durasi sekitar 12 menit.

Serial yang memiliki cerita unik dari masing-masing episode, menghadirkan guyonan dan dialog populer Warkop DKI untuk menjaga ciri khas dari para karakter, di mana telah disesuaikan sebagai tontonan keluarga yang dapat menghibur.

2 dari 5 halaman

Supaya bisa dikenal seluruh generasi

Warkop DKI Kartun© Warkop DKI Kartun

“ Saya sendiri harapannya adalah anak-anak dan generasi sekarang bisa mengenal Warkop seperti saya mengenal Warkop dulu, jadi mereka bisa jatuh cinta kepada karakter-karakter yang ada di animasinya,” ujar Daryl Wilson.

Ia juga berharap dengan adanya serial tersebut dapat menjadi bukti kepada para animator lokal untuk dapat terus bergerak maju dan semangat berkarya.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

3 dari 5 halaman

5 Fakta Adit Sopo Jarwo The Movie

Dream – Adit Sopo Jarwo merupakan serial televisi animasi keluarga yang cukup populer di Indonesia. Selain merupakan animasi garapan anak bangsa, serial yang pertama kali tayang pada 2014 ini juga menghadirkan karakter dan cerita menarik.

Melihat kesuksesan tersebut, pada Jumat, 30 April 2021, Adit Sopo Jarwo the Movie resmi dirilis dan dapat disaksikan di platform streaming Disney+ Hotstar.

Berikut beberapa fakta menarik tentang film garapan MD pictures tersebut:

1. Cerita Flashback

Banyaknya permintaan dari penggemar di media sosial tentang asal usul persahabatan Adit, Sopo, dan Jarwo, akhirnya film tersebut mengusung tema kekeluargaan, komedi dan persahabatan, yang menceritakan awal mula pertemuan Adit kecil saat hilang selama perjalanan.

Tokoh-tokohnya pun masih lebih muda beberapa tahun di mana karakter Hj. Udin saat itu belum menjadi Haji, dan motor Jarwo masih digunakan Hj.Udin.

 

 

4 dari 5 halaman

2. Lokasi Baru

Adit Sopo Jarwo© Instagram.com/disneyplushotstarid

Jika pada serial hanya berlatar satu lokasi, pada film menghadirkan 10 tempat yang dilewati. Dalam prosesnya, survei dilakukan untuk menghadirkan lokasi pada animasi yang seperti realitanya.

Mulai dari detail stasiun Cirebon, Dieng, Serayu dan ladang garam sekitar brebes.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan lokasi asal dari para karakter. Seperti tokoh Adit yang ingin melakukan perjalanan dari stasiun Cirebon menuju Yogyakarta, namun akhirnya tersesat di Brebes yang merupakan kampung tokoh Sopo.

Hal tersebut juga sekaligus bertujuan untuk memberikan gambaran pemandangan sekitaran Brebes melalui animasi.

 

5 dari 5 halaman

3. Disutradarai Hanung Bramantyo

Konferensi pers Adit Sopo Jarwo© Dream.co.id/Yuni Puspita Dewi

Awalnya Hanung menjadi supervisi projek tersebut, namun akhirnya diminta menyutradarai film tersebut bersama Eki N.F selaku penulis cerita.

Di mana ia bertugas menjaga alur dan adegan dan penceritaan dari naskah. Hanung mengaku memang pernah menginginkan untuk menyutradarai film animasi, di mana ia pernah berpengalaman membuat animasi saat di bangku kuliah.

4. Mengandung Banyak Pesan

Selain mengajarkan tentang persahabatan dan kekeluargaan, film ini juga mengajarkan tentang saling tolong menolong, di mana film tersebut juga menghadirkan sosok pahlawan pada karakternya.

Sehingga dapat menjadi tontonan yang asik bersama keluarga terlebih saat puasa dan lebaran.

5. Dibuat selama dua tahun

Pandemi membuat pembuatan animasi ini dikatakan cukup singkat di mana biasanya film animasi pengerjaannya bisa hingga 6 tahun, namun film animasi Adit Sopo Jarwo ini hanya memakan waktu selama dua tahun lebih selama pengerjaanya.

Selain itu dengan adanya platform streaming, film ini akhirnya bisa segera ditayangkan.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More