25 Cara Membuat Masker Wajah dari Bahan Alami, Mudah dan Cepat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 2 September 2019 08:12
25 Cara Membuat Masker Wajah dari Bahan Alami, Mudah dan Cepat
Ada begitu banyak jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. Seperti 25 bahan alami berikut ini.

Dream - Kulit wajah yang sehat, segar, dan cerah, menjadi impian banyak orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Salah satunya dengan cara membuat masker wajah menggunakan bahan alami.

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, impian memiliki kulit wajah yang cerah bukanlah mustahil. Kulit yang sensitif terhadap produk-produk perawatan wajah tertentu bisa disiasati dengan membuat masker wajah sendiri dengan bahan alami.

Cara membuat masker wajah dari bahan-bahan alami ini juga sangat mudah, cepat, dan bisa dicampurkan dengan bahan alami lain untuk memaksimalkan efeknya.

Berikut 25 cara membuat masker wajah alami yang mudah dan cepat:

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Buah-buahan

1. Stroberi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dalam membuat masker wajah alami dari stroberi, kita bisa menambahkan bahan-bahan alami lain, seperti madu, yogurt, atau lemon.

Cara membuat masker wajah alami ini juga sangat mudah, cukup dengan mencampur stroberi dengan bahan alami lain dan mengoleskannya ke kulit wajah. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas dengan menggunakan air

2. Pisang

Hampir sama dengan cara membuat masker wajah alami dari stroberi, masker wajah alami dari pisang bisa dicampurkan dengan madu dan beberapa bahan lain seperti:

  • Buah pisang
  • 1 sendok makan madu
  • 1 butir telur
  • 1 gelas susu

Cara membuatnya sangat mudah, pertama rebus susu dan tuangkan ke wadah yang berisi pisang, telur, dan madu yang sudah dicampur hingga berbentuk pasta. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut, dan aplikasikan wajah, dan gunakan sebagai masker wajah.

3. Alpukat

Buah Alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker dengan cara mencampurkan alpukat, madu, dan minyak kelapa. Siapkan semua bahan tersebut dan campurkan semuanya menjadi satu sampai terbentuk pasta.

Kemudian, kita bisa langsung mengaplikasikannya ke wajah sebagaimana menggunakan masker seperti biasa. Biarkan selama 20-30 menit, dan kemudian membilasnya dengan air hangat.

 Masker Wajah Alami

4. Pepaya

Sama seperti cara membuat masker wajah dari buah alpuka. Pertama siapkan terlebih dahulu buah pepaya, madu, dan bubuk sandalwood. Pertama haluskan buah pepaya terlebih dahulu hingga halus, dan kemudian mencampurnya dengan madu.

Setelah itu aplikasikan ke wajah sebagai masker, dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air.

5. Anggur

Untuk membuat masker wajah dari buah anggur, kita bisa menggunakan tambahan baking soda dan tepung, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Lalu campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah.

Semua bahan yang sudah tercampur, oleskan ke wajah. Tunggu selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan menggunakan air.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Sayuran

6. Timun

Untuk membuat masker wajah alami dari timun, bisa dicampur dengan tepung dan sedikit kunyi. Pertama, jadikan timun menjadi jus dengan diblender. Setelah itu, campurkan 1 sendok tepung, dan serbuk kunyit.

Aduk rata semua bahan dan oleskan ke wajah. Diamkan masker sampai mengering dan kemudian bilas dengan air hangat.

7. Wortel

Dan, untuk membuat masker wajah alami, kita juga bisa mencampurkan wortel dan madu. Caranya campurkan 2 sendok makan jus wortel dan 1 sendok madu. Setelah dicampurkan, aduk rata bahan tersebut.

Kemudian, aplikasikan ke wajah dan tunggu selama kurang lebih 10 menit dan membilasnya dengan air hangat.

 Masalah Kulit Wajah

8. Tomat

Cara membuat masker wajah alami dari campuran tomat dan madu ini sangat mudah. Pertama siapkan bahan ini terlebih dahulu:

  • 1 sendok makan madu
  • 2 sendok makan jus tomat

Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan kedua bahan utama tersebut dalam mangkok masker atau wadah lain yang berukuran sedang, dan aduk sampai tercampur rata.
  • Setelah itu, oleskan campuran tomat dan madu ke kulit wajah dan biarkan selama kurang lebih 25 menit.
  • Kemudian, bilas dan bersihkan sisa masker wajah dengan air biasa.

9. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan dengan kulit jeruk. Kita bisa langsung menggunakan kulit jeruk, dengan cara menghaluskannya dan mencampurkannya dengan air, sampai berbentuk pasta dan halus.

Setelah itu, oleskan masker kulit jeruk ini ke wajah dan tunggu kurang lebih 30 menit. Dan kemudian bilas dengan air hangat.

10. Brokoli

Sayur brokoli juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masker, caranya dengan menghaluskan batang brokoli dan mencampurkannya dengan yogurt. Setelah itu, oleskan ke wajah seperti memakai masker pada umumnya.

Setelah itu, biarkan selama 15-20 menit hingga masker meresap. Dan, kemudian bilas dengan air hangat.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Bahan-bahan di Dapur

11. Kunyit

Kunyit memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kita juga bisa memanfaatkannya sebagai masker dengan menambahkan lidah buaya. Cara membuat masker wajah alami ini cukup mudah.

Pertama, campurkan 1 sendok lidah buaya gel dan serbuk kunyit, dan aduk hingga rata. Kemudian, oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

 Bahan Alami

12. Kopi

Masker wajah dari kopi bisa langsung dibuat dengan mencampurkan kopi bubuk dengan sedikit gula dan kemudian mencampurnya dalam air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, kita bisa mengoleskannya ke wajah sembari menggosoknya pelan. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Masker kopi ini ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah.

13. Susu

Selain kopi, kita juga bisa memanfaatkan susu segar sebagai masker wajah alami. Caranya cukup dengan mencampur susu segar dengan 1 sendok madu dan mengoleskannya ke wajah. Lalu, diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, bilas wajah dengan air hingga wajah bersih. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk dan rasakan perbedaannya.

14. Putih Telur

Putih telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah dengan mencampurnya dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Hal ini untuk menghindari bau amis dari telur. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Umbi-umbian

15. Bengkoang

Dengan memarut bengkoang dan mencampurnya dengan air, kita bisa membuat masker wajah yang alami, lho. Setelah bengkoang diparut dan dicampur air, peras dan gunakan sarinya untuk masker wajah. Kemudian, tunggu kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih.

16. Kentang

Hampir sama dengan bengkoang, cara membuat masker wajah dari kentang juga sangat mudah. Bedanya, rebus terlebih dahulu kentang baru setelah itu haluskan. Campur dengan 2 sendok susu bubuk dan aduk hingga rata.

Oleskan campuran tersebut ke wajah dan tunggu kurang lebih 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

17. Ubi

Kita bisa memanfaatkan ubi ungu, ubi jalar atau jenis ubi lainnya untuk membuat masker. Pertama cuci dan haluskan ubi, kemudian campurkan dengan madu, susu dan tepung beras, atau mencampurnya dengan bahan alami lain sesuai dengan kebutuhan.

Setelah itu aplikasikan ke wajah, tunggu kurang lebih 15-20 menit, setelah itu, gosok pelan masker sambil dibilas dengan air.

18. Lobak

Lobak putih mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Kita bisa memanfaatkannya sebagai masker dengan mencampurkan lobak putih yang sudah halus dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu aplikasikan ke wajah seperti mengenakan masker pada umumnya.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Aneka Jeruk

19. Lemon

Lemon bisa dijadikan bahan campurkan dalam membuat masker wajah alami. Atau kita bisa membuat masker wajah langsung, dengan mencampurkan perasan lemon dengan susu bubuk.

Caranya cukup campurkan 1 sendok susu bubuk, dan beberapa tetes perasan lemon. Setelah itu, aduk rata campuran tersebut. Lalu, kita bisa mengoleskannya ke wajah. Mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas kulit wajah dengan menggunakan air. Begitu selesai, rasakan perbedaan kulit.

 Masker Wajah Alami

20. Jeruk Nipis

Berbeda dengan lemon, kita bisa membuat masker wajah lansung dengan membelah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokan potongan tersebut ke wajah hingga rata. Biarkan olesan jeruk nipis mengering dan meresap ke dalam kulit.

Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kulit akan tampak lebih bersih dan bersinar.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Bahan Alami Lainnya

21. Lidah Buaya

 Masker Wajah Alami

Siapkan terlebih dahulu dua bahan utama, yaitu 1 sendok makan gel aloe vera dan sedikit bubuk kunyit, atau juga bisa menggunakan kunyit yang ditumbuk atau diparut hingga lembut. Setelah itu ikuti cara membuat masker wajah alami berikut ini:

  • Siapkan wadah berupa mangkok untuk mencampur kedua bahan tersebut.
  • Aduk rata hingga kedua bahan tercampur dengan baik.
  • Setelah itu, oleskan ke kulit wajah, dan diamkan selama kurang lebih selama 20 menit.
  • Kemudian, bilas dan bersihkan dengan air biasa, dan tepuk pelan wajah.

22. Madu

Selain bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat masker wajah alami dengan bahan lain, madu juga bisa langsung diaplikasikan ke wajah sebagai masker tanpa campuran apapun. Caranya, cukup oleskan madu ke wajah dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air.

23. Cuka Apel

Cuka mengandung asam yang tinggi, oleh sebab itu untuk membuatnya sebagai masker wajah, jangan lupa untuk mencampurkan bahan lain. Hal ini untuk mengurangi kadar keasaman cuka apel. Kita bisa mencampur cuka dengan air, dan merendam kapas. Setelah itu tempelkan kapas ke wajah dan tunggu hingga mengering.

24. Air Rendaman Beras

Air rendaman beras juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Caranya, biarkan air bekas mencuci beras mengendap. Setelah itu gunakan endapan air tersebut sebagai masker wajah. Oleskan ke wajah secara merata dan tunggu kurang lebih 20 menit. Dan kemudian, bilas dengan air bersih.

25. Teh Hijau

Kita juga bisa merendam teh hijau dan menggunakan kantong tehnya untuk masker wajah. Setelah merendam kantong teh dalam air hangat, tempelkan ke wajah dan diamkan sampai kantong menjadi dingin. Setelah itu, angkat dan bilas wajah.

Diambil dari berbagai sumber

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal