Cara Membuat Masker Kefir Sendiri dari Bengkoang

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 3 Desember 2019 09:12
Cara Membuat Masker Kefir Sendiri dari Bengkoang
Banyak produk kecantikan yang telah beredar di sekitar kita namun tak ada salahnya untuk membuat masker dari bahan alami.

Dream - Perawatan kecantikan memang tak boleh disepelekan, terutama pada mereka yang sudah berusia 20an. Salah satu cara untuk merawat kulit wajah yaitu dengan menggunakan masker kefir.

Masker kefir merupakan masker wajah alami yang terbuat dari endapan hasil proses fermentasi susu kambing atau sapi. Endapan tersebut memiliki kandungan probiotik aktif atau lactobacilus yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Masker kefir memang sangat cocok untuk merawat wajah.  Ada beberapa cara membuat masker kefir sendiri di rumah, termasuk dengan bahan bengkoang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kefir di rumah.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

Sudah banyak produk masker kefir di luar sana. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat masker kefir sendiri bukanlah hal yang terlalu sulit.

Cara membuat masker kefir sendiri yaitu:

- Siapkan 1 liter susu kambing atau sapi murni yang sudah dipasteurisasi dan juga 50 gram bibit kefir yang bisa kamu dapatkan di pasar atau toko online.

- Campurkan susu dan bibit kefir di dalam sebuah toples kaca, lalu aduk hingga rata dan menyatu. Setelah itu, tutup toples dengan kain dan tinggalkan toples tersebut di ruangan gelap selama 24-48 jam.

- Setelah proses fermentasi terjadi, susu akan terbagi menjadi curd (cairan kental) di bagian atas dan whey (cairan bening) dibagian. Saring susu menggunakan kain tipis untuk memisahkan antara whey dan curd.

- Setelah terpisah, curd atau bagian cairan yang lebih kental adalah bagian yang bisa Anda gunakan sebagai masker wajah.

Pisahkan curd dari bibit kefir yang masih tersisa, baru kemudian kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Sedangkan cairan whey-nya bisa kamu konsumsi untuk diminum.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Bengkoang

Masker kefir juga bisa dicampur dengan bengkoang. Bengkoang memang sejak dahulu memiliki manfaat dalam kecantikan.

Masker kefir bengkoang bermanfaat sebagai pemutih wajah alami. Jelas manfaat masker kefir jenis ini adalah untuk mencerahkan wajah, mencegah keriput, mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit menjadi lembut dan berkilau.

Bahan yang digunakan tentu saja bengkoang dengan ukuran sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Ukuran bengkoang bisa disesuaikan dengan dengan bentuk wajah.

Berikut ini cara membuat masker kefir dari bengkoang:

- Kupas bengkoang lalu bersihkan dengan air bersih yang mengalir.

- Potong bengkoang tersebut menjadi beberapa bagian.

- Parutlah bengkoang tersebut sampai benar-benar lembut.

- Setelah diparut, peras parutan bengkoang tersebut lalu masukkan sarinya ke dalam mangkuk.

- Campur sari bengkoang tersebut ke dalam masker kefir dengan bahan susu kambing atau sapi yang telah kamu buat sebelumnya.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Green Tea

Tidak hanya bahan bengkoang yang bisa dibuat campuran dalam masker kefir, green tea pun juga bisa. Masker kefir dengan kandungan green tea ini memiliki manfaat untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Cara membuat masker kefir dari green tea cukup mudah.

- Pertama-tama ambil toples kaca yang telah dibersihkan sebelumnya

- Lalu masukkan 1 liter susu murni kedalam toples kaca

- Setalah itu tambahkan 50 gram bibit kefir

- Aduk menggunakan spatula kedua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur

- Setelah kedua bahan tercampur tutup toples kaca menggunakan kain bersih dan simpan di dalam ruangan gelap tunggu selama 24 jam

- Setelah itu buka tutup toples kemudian aduk lagi hingga rata jika anda menemukan bibit-bibit lendir anda harus membuangnya.

- Setelah itu simpan lagi selama 12-24 jam

- Setelah itu masukkan kedalam wadah penyaringan

- Setelah kefir disaring kemudian masukkan kedalam kulkas pembeku atau freezer sampai siap digunakan.

- Satt masker kefir siap untuk digunakan, kamu bisa mencampurkan bahan green tea ke dalamnya.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

4 dari 6 halaman

Masker Wajah Andalan Dewi Sandra yang Bikin Glowing, Penasaran?

Dream - Dewi Sandra termasuk selebritas yang tak suka menggunakan riasan tebal. Ia kerap tampil dengan make up tipis, bahkan hanya mengenakan lipstik saja.

Meski demikian, wajahnya tetap terlihat glowing dan selalu menarik perhatian. Dewi tak memungkiri kini mulai banyak garis halus di wajahnya dan mengalami penuaan.

 Dewi Sandra

" Saya sudah hampir 40 dan ada perubahan memang di kulit tapi itu bukan momok bagi saya. Bertambah tua adalah hal yang indah bagi saya. Tapi berusaha untuk merawat diri tetap harus dilakukan" ujar Dewi Sandra pada acara Jakarta Fashion Week 2020, Senayan City, beberapa waktu lalu.

 

5 dari 6 halaman

Gunakan Clear Gel Masker

Dewi Sandra membeberkan rahasia kulit cerahnya. Ia menyadari kulit wajah membutuhkan perhatian yang lebih intens. Wanita kelahiran Rio de Janeiro ini gemar menggunakan masker, khususnya clear gel masker.

 Dewi Sandra Yang Kian Cantik Dengan Hijab Pilihannya

" Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Kalau saya suka pakai clear gel mask. Selain sehat, masker ini ramah lingkungan karena tidak meninggalkan sampah tisu sepeti sheet mask pada umumnya" ungkap Dewi Sandra

 

6 dari 6 halaman

Perawatan Praktis

Aktris cantik ini juga menyukai perawatan wajah yang praktis. Ia lebih menyukai perawatan di rumah tanpa perlu menghabiskan waktu terlalu lama di depan kaca.

 Dewi Sandra Lebih Pilih Gaya Hijab Sesuai `Kata Hati`

" Kalau saya suka perawatan wajah yang ringkas saja. Alhamdullilah dari wardah menyediakan solusi dari itu. Semua dapat dilakukan di rumah dengan efektif dan minimalis," ungkapnya.

Sahabat Dream bisa sontek kegemaran Dewi Sandra memakai clear gel mask yang membuat kulit semakin cerah dan sehat. Bonusnya, kamu bisa ikut berpartisipasi mengurangi limbah kosmetik. (mut)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting