Air Kawo: Minuman Unik Khas Pegunungan Kerinci

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 25 Agustus 2015 11:03
Air Kawo: Minuman Unik Khas Pegunungan Kerinci
Para petualang yang berwisata ke pegunungan Kerinci tak afdal rasanya jika tidak mencicipi air kawo yang unik ini.

Dream - Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman kuliner. Setiap provinsi di Nusantara ini memiliki makanan dan minuman khasnya masing-masing.

Nah, di antara beragamnya makanan dan minuman yang ada, di daerah Kerinci, Jambi ada satu minuman khas yang sangat unik. Minuman ini diberi nama 'air kawo'.

Semula diilhami cuaca dingin dan hawa sejuk kawasan pegunungan Kerinci, masyarakat lokal kemudian membuat sebuah minuman unik yang bisa membantu menghangatkan badan mereka.

Alhasil, terciptalah air kawo. Air ini dibuat dari kawo, yakni tunas muda tanaman kopi yang biasanya dianggap gulma (benalu) dan dibuang begitu saja.

Namun oleh para penduduk sekitar Kerinci, daun ini tak dibuang melainkan digunakan sebagai bahan pembuat minuman khas. Cara membuatnya, hanya cukup menyeduh kawo dengan air panas.

Seduhan kawo biasanya disajikan di dalam tempurung kelapa. Bagi yang tidak biasa meneguk minuman ini, mungkin air kawo akan dinilai memiliki rasa yang aneh.

Namun bagi warga Kerinci, air kawo menjadi minuman wajib setelah air putih. Selain mampu menghangatkan badan, penduduk di kawasan ini percaya kawo memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan.

Mereka percaya air kawo mampu mengurangi ketergantungan terhadap kopi, mencegah asam urat, mencegah reumatik dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Para petualang yang berwisata ke pegunungan Kerinci tak afdal rasanya jika tidak mencicipi air kawo yang unik ini.

Beri Komentar