Hikmah di Balik `Sangat Dianjurkan` Bersedekah Saat Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 18 Juni 2016 11:02
Hikmah di Balik `Sangat Dianjurkan` Bersedekah Saat Ramadan
Para ulama bersepakat menghukumi sedekah di bulan Ramadan merupakan amalan mustahabbun atau sangat dianjurkan.

Dream - Bersedekah merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. Sedekah dapat melatih seorang Muslim untuk lebih ikhlas dan berbagi kesejahteraan kepada sesama.

Sedekah dianjurkan dilakukan kapan saja sepanjang seorang Muslim mampu. Tetapi, anjuran itu lebih ditekankan pada bulan Ramadan, berdasarkan sebuah hadits Rasulullah Muhammad SAW.

" Dari Anas RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya apakah sedekah yang paling utama? Beliau pun menjawab, 'Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadan'," (HR Al Baihaqi).

Berdasarkan hadits di atas, para ulama bersepakat menghukumi sedekah di bulan Ramadan merupakan amalan mustahabbun atau sangat dianjurkan. Ini mengingat Ramadan adalah bulan penuh kemuliaan dan tersebar banyak keberkahan.

Bahkan sedekah menjadi begitu ditekankan apabila dikeluarkan dalam waktu 10 hari terakhir Ramadan. Praktik sedekah ini juga meniru Rasulullah.

Dikutip dari nu.or.id, Imam Nawawi menjelaskan dalam Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab terkait keutamaan bersedekah pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

" Para ulama dari kalangan kami (Mazhab Syafi’i) mengatakan bahwa bersikap dermawan itu sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Pada sepuluh terakhir dari bulan Ramadan lebih utama karena mengikuti praktik yang dijalankan Rasulullah SAW dan para ulama salaf. Sebab, bulan puasa adalah bulan yang mulia karenanya kebaikan di dalamnya lebih utama dibanding bulan lain. Karena orang-orang terkonsentrasikan dengan puasa dan menambah intensitas ibadahnya dibanding dengan intensitas mencari nafkah untuk kehidupannya sehingga mereka membutuhkan uluran tangan dan bantuan."

Sumber: nu.or.id (Ism) 

Beri Komentar