Jokowi Jawab Nasib Mobil Esemka

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 2 Agustus 2018 18:45
Jokowi Jawab Nasib Mobil Esemka
Mobil ini sudah lama tak terdengar kabarnya sejak diperkenalkan Jokowi.

Dream – Mobil Esemka tak kunjung mengaspal di jalanan di Indonesia. Padahal mobil ini dikembangkan sejak 2007 dan menghantarkan nama Joko Widodo yang kala itu menjadi walikota Solo menjadi terkenal di Indonesia.

Hadir untuk pertama kalinya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Joko Widodo yang kini menjabat sebagai presiden akhirnya angkat suara dengan nasib Esemka.

Menurut Jokowi, sapaannya, Esemka bisa saja diproduksi jika pabrik dan seluruh prosesnya sudah dijalankan. 

“ Kalau pabrik Esemka selesai dan bisa memproduksi, ya, silakan, karena memang kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang,” kata Jokowi di acara GIIAS 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Kamis 2 Agustus 2018.

Jokowi mengatakan, persaingan industri otomotif saat ini sangat ketat. Perlu ada inovasi yang bagus dalam menjual produknya.

“ Belum tentu semua mobil itu bagus di dalam desain dan harganya. Kalau tidak kompetitif, pasarnya juga akan sulit,” kata mantan wali kota Solo ini.

Jokowi akan menyerahkan sepenuhnya mobil Esemka kepada pasar. “ Artinya, itu terserah industri sendiri. Esemka sekarang juga diambil alih industri,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin