Mobil Listrik Konvoi ke Monas, Ini Jalur Alternatifnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 20 September 2019 14:48
Mobil Listrik Konvoi ke Monas, Ini Jalur Alternatifnya
Konvoi mobil listrik ini bertujuan untuk menyambut Formula E 2020.

Dream – Persiapan ajang balap mobil listrik Formula E mulai dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Sore ini, Jumat 20 September 2019, akan digelar konvoi mobil listrik untuk menyambut Formula E 2020 di ibu kota.

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat 20 September 2019, konvoi dimulai dari Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monumen Nasional (Monas) pukul 15.00 Wib - 17.00 Wib. Selama konvoi digelar, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan pengaturan lalu lintas untuk kendaraan warga.

" Para pengguna jalan diharapkan menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta yang paling utama, tetap mengutamakan keselamatan selama berkendara di jalan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Lupito.

Rute konvoi dimulai dari Parkir Timur Senayan, keluar melalui pintu FX Sudirman di Jalan Pintu 1 Senayan – Jalan Jenderal Sudirman - Jalan M.H. Thamrin - belok kanan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, berakhir masuk ke Monas melalui pintu Silang Monas Barat Daya. Selain itu, lalu lintas dari arah Selatan (Blok M/ Senayan) yang menuju arah Utara (Harmoni) dilarang mendahului konvoi.

1 dari 5 halaman

Catat Jalur Alternatif

Pihak Dinashub Jakarta menyediakan jalur alternatif, yaitu Jalan Asia Afrika/ Jalan Pintu 1 Senayan – Jalan Gerbang Pemuda - Jalan Jenderal Gatot Subroto - Jalan KS. Tubun - dan seterusnya/ menerus Jalan S. Parman menuju Tomang - Jalan Tomang Raya - Jalan Kyai Caringin - Jalan Balikpapan - Jalan Suryopranoto - dan seterusnya. Lalu lintas dari arah Utara (Jl. M.H. Thamrin) ke arah Selatan (Jl. Jenderal Sudirman) tetap normal.

" Untuk itu jalan akses sepanjang rute konvoi akan dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional dan kendaraan dilarang melintas ketika konvoi sedang berlangsung," kata dia.

Sementara lalu lintas dari arah Selatan (Blok M/ Senayan) yang akan menuju Utara (Harmoni) dilarang mendahului konvoi yang akan mendapatkan pengawalan dari petugas POLRI tersrbut. Kendaraan masih diperkenankan untuk mengikuti konvoi dari belakang.

Selama konvoi dan pengalihan jalan berlangsung, pengaturan lalu lintas ganjil-genap tetap berlaku. Angkutan Transjakarta masih melayani seperti biasa.

2 dari 5 halaman

Jadi Tuan Rumah Formula E Tahun 2020, Anies: Jakarta Sejajar Megapolitan Lain

Dream - DKI Jakarta akan jadi tuan rumah balapan mobil jalanan Formula E pada 2020 mendatang. Kabar itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui Instagram resminya @aniesbaswedan.

" Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020," ucap Anies, Sabtu, 15 Juli 2019.

 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan petinggi Formula E (foto: Instagram)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan petinggi Formula E (foto: Instagram)

Anies mengatakan, kepastian itu muncul setelah negosiasi alot dengan lembaga pengelola Formula E. Anies mengklaim, Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1.

Berbeda dengan F1 yang memakai mesin turbo, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya.

" Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8 hingga 9 Juli lalu," ucap dia.

3 dari 5 halaman

Anies Mengirim Pesan ke Dunia

Usai mencapai kesepakatan menggelar balapan jalanan tersebut, Anies diketahui sempat diajak CEO FIA Formula E Alejandro Agag dan Co-Founder dan CCO FIA Formula E, Alberto Longo ke lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York.

Anies mengatakan, sebagai kota terbesar yang berkompetisi, menyiapkan segala infrastuktur dengan tertib dan tak banyak bicara. " Puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E," ujar dia.

Anies mengatakan, berdasar perhitungan, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta euro, atau Rp 1,2 T. " Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan kerja dan usaha bagi warga Jakarta. InsyaAllah!" ucap dia.

Dengan capaian ini, Anies ingin mengirim pesan terhadap dunia, bahwa Jakarta siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia. " Dan insya Allah akan makin kokoh hadir di orbit global. Mari Jakarta, kita bersiap jadi tuan rumah laga kelas dunia!" kata dia.

" Jakarta akan menjadi sorotan dunia, liputan media asing menggaungkan nama Jakarta, Indonesia ke masyarakat dunia. Kita sejajar dengan kota-kota maju megapolitan lainnya. InsyaAllah, semua persiapan bisa berjalan lancar.....," tulis Anies di akun Instagramnya.

4 dari 5 halaman

Jakarta Tuan Rumah Formula E Tahun 2020, Di Mana Lintasan Balapnya?

Dream – Jakarta terpilih menjadi tuan rumah balap Formula E 2020. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan pemilihan lokasi balap di provinsi yang dipimpinnya itu dipastikan setelah hasil negosiasi dengan pengelola Formula E di New York, Amerika Serikat.

Pertanyaan, di mana lintasan balap Formula E akan digelar di Jakarta?

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 16 Juli 2019, lintasan balap yang akan digunakan untuk Formula E 2020 disiapkan di dua lokasi masing-masing masih berada di kawasan sekitar Gambir dan Monas.

Jalur balap opsi pertama nantinya dari Monas, lintasan akan memasuki Jalan Ridwan Rais dan berputar menuju Monumen Tugu Tani.

 

 

Pit stop akan disiapkan di Monas, tepatnya belakang Stasiun Gambir.

" Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais, kemudian belok kiri di Merdeka Selatan, kemudian berputar di Wisma Antara ya di ujung, berputar. Setelah itu kembali melintas di depan kedubes AS, ke kiri depannya gerbang monas, kemudian masuk lagi ke Ridwan Rais berputar seperti itu," kata Kadishub DKI, Syafrin Liputo, kepada Liputan6.com.

Sementara lokasi opsi kedua adalah di bagian dalam Monas. Lintasan akan dimulai dari Silang Monas Tenggara- MI Ridwan Rais-Tugu Tani-MI Ridwan Rais-Merdeka Selatan-Wisma Antara-Berputar ke Kedubes AS-Monas-Ridwan Rais.

Opsi lannya, Silang Monas Selatan-belakang Gambir-Ridwan Rais-Merdeka Selatan-bundaran air mancur-Silang Monas Selatan.

5 dari 5 halaman

Usulkan Lima Rute

Pemprov DKI, menurut Syafrin, sebenarnya mengusulkan 5 rute namun hasil survei penyelenggara meminta opsi dua rute tersebut.

" Tanggal 8 Juli itu pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei, survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang formula E," ujarnya.

Terkait kondisi jalan yang masih bergelombang, dia menegaskan, Pemprov DKI akan memperbaikinya.

" Kami masih menunggu karena memang dari penyelenggara memang belum konfirmasi dengan rute yang yang fix akan digunakan apa," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi