Makanan Jadi Pemicu Timbulnya Jerawat?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 21 Oktober 2019 18:48
Makanan Jadi Pemicu Timbulnya Jerawat?
Ketahui jawabannya berikut ini!

Dream - Masih saja banyak orang mengeluh kulit wajahnya berjerawat, padahal sudah memakai ragam produk perawatan kecantikan.

Mungkin bukan salah produk kecantikannya, melainkan makanan yang Anda konsumsi. Para peneliti pernah mengungkap bahwa makanan bisa memicu jerawat.

Di India, makanan selalu dihubungkan dengan kesehatan usus dan kulit bersih, serta bebas jerawat. Makanan juga memiliki peran besar untuk membersihkan racun dari usus, yang pada akhirnya menyebabkan kulit bebas jerawat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan makan yang buruk, terlalu banyak stres, jadi penyebab timbulnya jerawat.

 shutterstock

Penelitian tentang kemungkinan penyebab jerawat ini dipresentasikan pada Kongres Akademi Dermatologi dan Venereologi Eropa ke-28 di Madrid.

Mereka mengevaluasi paparan berbagai faktor yang memperburuk jerawat pada lebih dari 6.700 peserta di enam negara.

" Untuk pertama kalinya, penelitian ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi faktor-faktor paling penting terkait dengan jerawat, dari pertanyaan pasien sebelum resep pengobatan," kata ketua penelitian, Brigitte Dreno dari University Hospital of Nantes di Perancis.

 shutterstock

1 dari 6 halaman

Produk Susu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi produk susu berjerawat (48 persen) dibandingkan denagn orang yang tidak mengasup susu (38,8 persen).

Perbedaannya juga signifikan secara statistik untuk jus atau sirup soda (35,6 persen vs 31 persen), kue kering dan cokelat (37 persen vs 27,8 persen) serta permen (29,7 persen vs 19,1 persen).

 shutterstock

2 dari 6 halaman

Stres

Secara mengejutkan 11 persen penderita jerawat mengonsumsi protein whey versus tujuh persen tanpa jerawat. Sedangkan 11,9 persen penderita jerawat mengonsumsi steroid anabolik berbanding 3,2 persen tanpa jerawat.

 shutterstock

Faktanya polusi, kecemasan, serta stres, disebut sebagai dua penyebab utama masalah ini. Mengikuti perawatan kulit dengan formula atau bahan yang keras juga menjadi penyebabnya.

Tembakau yang sebelumnya telah terbukti sebagai pemicu jerawat, tidak terbukti memiliki pengaruh.

Sumber: Times of India

3 dari 6 halaman

5 Cara Mengatasi Jerawat di Pantat dan Punggung dengan Butt Facial

Dream - Kemunculan jerawat di wajah mungkin sudah biasa, cara mengatasinyapun ada beragam. Tapi kalau jerawat di bagian tubuh lain, seperti punggung dan pantat, apa yang harus kita lakukan?

Jerawat di kulit wajah biasanya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori dan produksi minyak berlebih. Kalau jerawat di pantat atau punggung, umumnya disebabkan oleh kelembaban kulit di bagian itu.

Pantat dan punggung adalah bagian tubuh yang kerap ditutupi, inilah yang mempengaruhi kelembabannya.

Jerawat di kulit wajah saja mengganggu, apalagi kalau berada di daerah yang digunakan sebagai penompang. Misal, pantat yang sering tertindih tubuh saat duduk, atau punggung saat bersadar. Duh, rasanya pasti sangat menyiksa.

Sahabat Dream yang mengalami masalah ini tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi jerawat di pantat dan punggung, salah satunya dengan butt facial, perawatan kulit untuk kulit bagian bawah sekitar pantat dan punggung.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Jerawat dengan Mandi

Sama seperti cara mengatasi jerawat di wajah, untuk mengatasi jerawat di pantat dan punggung, kebersihan adalah kunci agar jerawat cepat pergi dan tak kembali. Mandi menjadi rutinitas menjaga kebersihan tubuh yang paling wajar.

  Cara Mengatasi Jerawat


Untuk mengatasi jerawat di pantat dan punggung, hindari menggosok kerasa kulit saat mandi.

Gunakan sabun berbusa lembut dan gunakan sarung tangan berbahan lembut. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi akibat gesekan jerawat dan benjolan.

Iritasi akibat gesekan dapat memperparah kondisi jerawat, membuatnya menyebar semakin luas ke bagian tubuh lain.

Pemilihan jenis sabun sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Dan, untuk hasil lebih maksimal, Sahabat Dream bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Jerawat dengan Scrub Glikolik

Kemunculan jerawat di pantat dan punggung tidak hanya terjadi karena faktor kelembaban saja. Penumpukan kulit mati di pantat dan punggung, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bakteri penyebab jerawat berkembang bebas.

  Cara Mengatasi Jerawat


Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat Dream bisa menggunakan Glycolic Pads atau Scrub berbahan glikolik dan memakainya secara rutin di bagian tubuh berjerawat. Produk ini biasanya berbentuk seperti bantalan yang berfungsi untuk eksfoliasi sel kulit mati.

Kita membeli produk ini secara online atau mengunjungi toko produk perawatankulit terdekat.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Cukup dengan menggosokkan scrub ke bagian tubuh berjerawat secara rutin, minimal satu minggu sekali. Setelah 3-4 bulan pemakaian, rasakan perbedaannya.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Lulur Garam

Selain menggunakan cara mengatasi jerawat di pantat dan punggung dengan scrub glikolik, Sahabat Dream bisa memanfaatkan garam di rumah. Garam bisa digunakan sebagai lulur alami yang ampuh membunuh bakteri di kulit, khususnya di pantat dan punggung.

  Cara Mengatasi Jerawat


Sahabat Dream bisa membeli produk lulur badan berbahan garam, seperti sea salt product dan memakainya secara rutin. Apabila enggan membeli, kita bisa membuat lulur garam sendiri. Cukup dengan mencampur beberapa sendok garam dengan minyak alami. Lalu, menggosokkannya ke bagian tubuh yang berjerawat.

Tidak hanya mampu mengatasi masalah jerawat di pantat dan punggung saja, lulur garam juga ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencegah kemunculan jerawat di pantat dan punggung.

Gunakan lulur ini secara rutin, setidaknya satu kali dalam seminggu dan rasakan perbedaan setelah memakainya beberapa kali.

 

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Jerawat dengan Produk Khusus

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi jerawat di pantat dan punggung. Selain garam, Sahabat Dream bisa memanfaatkan bahan alami yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh.

  Cara Mengatasi Jerawat


Dua bahan ini dikenal sebagai bahan alami berkafein tinggi, ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, mengencangkan kulit, mengurangi jerawat, bahkan bisa menyamarkan selulit. Kita bisa membuat sendiri masker khusus ini di rumah, dengan mencampur kopi dan madu, atau gula, lalu menggosokkannya ke bagian tubuh berjerawat.

Kalau Sahabat Dream tidak mau repot, ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung kafein. Pastikan membeli produk perawatan kulit khusus untuk pantat dan punggung, dan jangan menggunakan produk anti jerawat wajah untuk mengatasi masalah jerawat di pantat, ya Sahabat Dream.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Pakaian yang Nyaman

Terakhir yang tak kalah penting ialah pencegahan. Gangguan utama yang kerap dialami penderita jerawat di pantat dan punggung ialah gesekan jerawat dengan pakaian. Saat jerawat bergesekan, akan memicu rasa sakit dan gatal, menyebabkan jerawat semakin bertambah parah.

  Cara Mengatasi Jerawat


Untuk mengatasi dan mencegah masalah itu terjadi, kenakan pakaian berbahan halus dan nyaman saat dikenakan. Hindari bahan pakaian kasar seperti sweater dan jeans. Beri lapisan pakaian halus terlebih dahulu, agar jerawat tidak tergesek.


Apabila masalah jerawat ini tak kunjung mereda, akan lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter kulit dan mendapatkan penanganan yang tepat.


(ism, Sumber: Female Network)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone