12 Makanan Cocok Temani Sahur Ramadhan, Agar Tidak Haus dan Lapar Saat Puasa

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 21 April 2022 17:45
12 Makanan Cocok Temani Sahur Ramadhan, Agar Tidak Haus dan Lapar Saat Puasa
Pemilihan menu sahur ramadhan yang tepat juga berguna agar badan tetap sehat meskipun sedang puasa.

Dream - Agar puasa berjalan lancar, Sahabat Dream perlu memilih menu sahur ramadhan yang tepat. Menu sahur ramadhan yang tepat bisa mengurangi rasa haus dan lapar selama seharian berpuasa.

Pemilihan menu sahur ramadhan yang tepat juga berguna agar badan tetap sehat meskipun sedang puasa. Makanan yang tepat adalah cara terbaik untuk tetap mendapatkan energi saat beraktivitas kala berpuasa.

Melansir The Islamic Information, terdapat rekomendasi menu sahur untuk mengurangi rasa haus dan lapar saat berpuasa ramadhan. Simak rangkumannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Buah Alpukat

Ilustrasi© Pexels.com

Buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut. Alpukat juga bisa digunakan untuk diet. Cara mengonsumsinya bisa langsung dimakan, dibuat jus, atau dijadikan salad untuk menu sahur ramadhan. Karena alpukat bisa mengenyangkan sekaligus termasuk makanan sehat.

Alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi lonjakan gula darah. Memakan alpukat saat sahur di bulan ramadhan bisa membantumu mengurangi rasa haus dan lapar saat berpuasa.

2. Telur

Telur dikenal sebagai makanan yang bergizi tinggi sekaligus kaya protein. Telur bisa membuatmu kenyang lebih lama sepanjang sehari. Sehingga jika kamu makan telur saat sahur ramadhan, bisa membantumu kenyang lebih lama. Telur juga sangat mudah disajikan dengan beragam olahan yang nikmat.

2 dari 6 halaman

3. Selai Kacang

Selai kacang dikenal sebagai makanan yang enak sekaligus menyehatkan. Tidak diragukan lagi, produk selai kacang mengandung banyak protein yang sangat membantu tubuh melewati puasa sepanjang hari. Inilah mengapa selai kacang bagus dikonsumsi sebagai menu sahur ramadhan.

Selai kacang mengandung minyak sehat yang bermanfaat untuk menghilangkan lemak jahat di tubuh. Selai kacang juga bisa untuk mengendalikan diabetes.

4. Salmon Asap

Salmon asap adalah menu sahur ramadhan yang bisa kamu jadikan referensi selanjutnya untuk mengurangi rasa haus dan lapar saat berpuasa.

Salmon asap dapat mempertahankan asam lemak omega-3 di antara manfaatnya. Jenis asam lemak dalam salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kualitas salmon ini juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

3 dari 6 halaman

5. Yogurt

Ilustrasi© Pexels.com

Yogurt terkenal karena makanan ini bisa mengurangi tingkat haus dan lapar saat berpuasa. Yogurt juga memiliki kualitas probiotik yang baik di dalamnya.

Yogurt mengandung tingkat protein yang tinggi sehingga akan sangat menyehatkan tubuhmu disaat puasa Ramadhan kali ini.

6. Muffin Bran

Muffin dikenal terbuat dari kualitas bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Muffin bisa digunakan untuk diet sehat.

Muffin dari bahan bran ini akan membuat orang tetap aktif dan energik meskipun sedang berpuasa. Jika kamu mengonsumsinya saat sahur ramadhan, ini akan sangat cocok sekali, karena bisa mengurangi rasa haus dan lapar selama berpuasa.

 

4 dari 6 halaman

7. Kacang Fava

Kacang fava dikenal dengan nama “ Foul” di negara Arab. Kacang ini tersedia sebagai porsi makanan kaleng di banyak supermarket di seluruh dunia.

Makanan ini tergolong makanan yang bagus dikonsumsi saat rahur ramadhan, karena bisa mengurangi rasa haus dan lapar ketika berpuasa.

8. Biji Gandum

Menu sahur ramadhan untuk mengurangi haus dan lapar selanjutnya adalah biji gandum.

Makanan sehat yang satu ini bebas gluten. Biji gandum memiliki banyak asam amino. Biji gandum sanagt popular sebagai makanan sehat karena proses pertumbuhan organiknya yang alami.

5 dari 6 halaman

9. Buah Labu

Pilihan menu sahur ramadhan yang selanjutnya ialah buah labu. Labu mengandung air 97 persen. Inilah alasan buah labu baik dikonsumsi saat sahur karena akan menghidrasi tubuh dengan baik selama menjalankan puasa.

Tak hanya rasanya yang enak, labu juga mudah sekali diolah menjadi aneka makanan lezat. Hanya dikukus begitu saja, rasa labu sudah sangat enak dan mengenyangkan.

10. Buah Delima

Buah delima juga cocok dijadikan sebagai makanan saat sahur ramadhan. Bahkan buah delima tergolong buah yang diabadikan oleh Al Quran Surat Ar-Rahman ayat 68. Berdasarkan arti surat, buah delima bagus untuk membersihkan sistem pencernaan.

6 dari 6 halaman

11. Madu

Madu juga bisa menjadi rekomendasi untuk menemani sahur, Sahabat Dream. Madu juga merupakan makanan sunnah yang wajib tersedia selama bulan Ramadhan untuk menjaga kesehatan. Al Quran mengabadikan madu dalam Surat An Nahl ayat 69 yang artinya, " dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."

Madu sangat bermanfaat untuk perut, mata, anti biotik, obat batuk dan dahak, serta menyediakan energi tubuh selama menjalankan puasa.

12. Susu

Susu sangat cocok dijadikan menu sahur ramadhan yang bagus untuk kesehatan. Bahkan minuman yang satu ini juga diabadikan dalam Al Quran Surat An Nahl ayat 66 yang artinya:

" Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya."

Beri Komentar