6 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Bobot Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 27 Januari 2020 14:00
6 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Bobot Tubuh
Sahabat Dream perlu memerhatikan asupan sehari-hari.

Dream - Berat badan ideal bisa kita dapatkan jika rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Dua hal itu harus dilakukan bersamaam agar target memilki tubuh ideal bisa tercapai. Luput salah satunya, akan membuat berat badanmu jadi tak terkontrol.

Jika olahraga sudah rutin kamu lakukan, saatnya Sahabat Dream memerhatikan asupan sehari-hari yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga nutrisi dan penurunan berat badan.

 shutterstock

1 dari 4 halaman

1. Labu

Jenis sayuran ini jarang dikonsumsi dalam diet. Tapi, labu sangat bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan. Sahabat Dream bisa menyertakannya dalam salad atau sup untuk memperkaya rasa.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang sering direkomendasikan oleh dokter dan pakar kesehatan. Manfaatnya cukup banyak, tinggi serat, rendah kalori maupun gula.

Buah ini mengandung banyak air dan baik untuk dikonsumsi ketika lapar. Ini akan membuatmu kenyang lebih lama.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

2 dari 4 halaman

3. Kembang Kol

Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, kembang kol juga kaya akan asam volat, vitamin C, tinggi serat yang dapat melancarkan pencernaan mengatasi kembung serta membuatmu kenyang lebih lama.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan karbohidrat dan rendah lemak. Maka dari itu, alpukat tepat dikonsumsi sebagai buah rendah kalori.

Sahabat Dream bisa mengonsumsinya dalam salad atau sandwich. Kandungan serat yang tinggi dan lemak bisa membuatmu kenyang lebih lama.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

3 dari 4 halaman

5. Sup

Sup memang tidak bisa membuatmu kenyang seperti makanan padat. Tentunya, kamu tidak bisa membuat creamy soup.

Buatlah plain soup dengan bumbu sederhana yang mengandung lentil, seledri dan brokoli agar tetap rendah kalori.

6. Popcorn

Popcorn merupakan snack rendah kalori yang dapat dikonsumsi ketika diet. Kandungan seratnya pun tinggi dan dapat menyeimbangkan kadar gula darah serta menunda lapar.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

4 dari 4 halaman

Cerita Arya Permana Berjuang Turunkan Berat Badan 110 Kg

Dream - Arya Permana sangat bahagia bisa menurunkan berat badannya. Kini dia merasa lebih bebas bergerak karena bobotnya sudah turun dengan signifikan.

" Senangnya tuh bisa lebih banyak gerak, enggak kayak dulu, kan kayak cuman di rumah doang," kata Arya di Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Pada 2016, Arya memang menarik perhatian publik karena memiliki badan jumbo. Meski kala itu baru berusia sebelas tahun, berat badannya mencapai 193 kilogram.

Dalam kurun tiga tahun, Arya berhasil menurunkan berat badannya hingga 110 kilogram. Kini bobotnya tinggal 83 kilogram.

  AryaFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Bocah itu beruntung karena mendapat bantuan Ade Ray untuk menurunkan berat badan. " Diajarin cuma yang ringan-ringan doang, cuma angkat kabel, pu sh up ditembok," tambah Arya.

Kini, selain rutin melakukan olah raga, Arya juga menjaga pola makan. " Kurangi gula sama minyak, dan makan-makanan yang dibakar, kayak ayam bakar," tutur Arya.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis