Bahan Makanan yang Penting Disiapkan Saat Ramadan

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 1 April 2021 10:47
Bahan Makanan yang Penting Disiapkan Saat Ramadan
Untuk menyingkat waktu mengolah masak jelang berbuka dan sahur, Sahabat Dream bisa menyiapkan hal berikut.

Dream – Sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci tersebut begitu istimewa, karena ibadah akan dibalas dengan pahal berkali-kali lipat. Tetunya kita ingin menyambutnya dengan semangat.

Salah satunya dengan menyiapkan hidangan sahur dan berbuka dengan lebih efisien. Mengingat, kita ingin lebih banyak waktu untuk beribadah. Untuk menyingkat waktu mengolah masak jelang berbuka dan sahur, Sahabat Dream bisa menyiapkan hal berikut.

- Bawang putih dan merah
Bawang menjadi bumbu yang penting untuk memasak, siapkan bawang dengan memotong dan menghancurkannya terlebih dahulu lalu kemas dalam kantong plastik atau wadah kedap udara dan masukan ke dalam lemari es. Saat memasak, tak perlu lagi mengupas, tinggal mengolahnya saja. Lebih praktis, bukan?

- Potongan buah
Jika keluarga senang membuat atau meracik es buah, akan lebih baik jika menyiapkannya lebih dulu. Potong kecil buah favorit, masukkan wadah tertutup. Jelang berbuka, tak perlu lagi memotong buah. Tinggal mencampurnya dengan sirup atau susu.

 

1 dari 3 halaman

- Sup/ hidangan berkuah simpel
Sup merupakan makanan yang paling mudah di siapkan dan paling pas untuk setiap acara. Masak sup yang berisikan tomat, jamur, kentang, sayuran dan daging terlebih dahulu. Lalu masukkan sup dalam kantong-kantong plastik dan bekukan di freezer. Saat sahur, tinggal dihangatkan jadi tak perlu lagi memasak.

Yuk, Bikin Kaldu Ayam Tanpa MSG Sendiri© MEN

- Kaldu ayam
Membuat kaldu ayam merupakan cara menghemat waktu memasak. Kaldu bisa digunakan untuk berbagai masakan. Mulai dari sup, campuran tumisan atau hidangan lainnya untuk menciptakan rasa yang gurih.

- Ayam berbumbu/ daging siap masak
Siapkan daging ayam atau daging apa pun dan bumbui. Setelah dibumbui taruh saja di freezer. Saat waktu sempit terutama sahur, daging atau ayam pun cukup ditumis atau digoreng.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Fustany

2 dari 3 halaman

Cara Masak Ayam Kampung Agar Empuk dan Legit

Dream - Rasa ayam kampung identik dengan gurih dan legit, sayang terkadang tekstur dagingnya agak keras atau alot. Sahabat Dream ingin mencoba mengolah ayam kampung? Ayam ini paling nikmat dimasak dengan bumbu opor atau dibakar dengan bumbu rujak.

Jika ingin mengolah ayam kampung, ada beberapa trik memasak yang bisa dilakukan agar dagingnya jadi lebih empuk. Cobalah lakukan beberapa trik berikut, untuk membuat daging ayam kampung jadi lebih empuk.

Cara Masak Ayam Kampung Agar Empuk dan Legit© MEN

1. Pilih Ayam Kampung yang Lebih Muda
Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, kamu bisa pilih ayam kampung yang lebih muda. Selain lebih empuk, ayam kampung muda jauh lebih lezat.

2. Rebus dengan Potongan Tebu

Tebu© Pixabay

Agar ayam kampung bisa lebih cepat empuk dan lunak, kamu bisa merebusnya menggunakan potongan tebu. Melansir dari selerasa, merebus daging ayam kampung dengan potongan tebu akan membuat ayam kampung cepat empuk dan lunak.

 

3 dari 3 halaman

3. Air kelapa
Jika kamu biasa merebus daging ayam kampung dengan air biasa, coba rebus air ayam kampung dengan air kelapa. Rebusan air kelapa dipercaya bisa membuat daging ayam kampung jadi lebih empuk dan lunak. Selain itu, air kelapa akan menambah cita rasa.

Ayam kampung© Shutterstock

4. Pepaya Muda
Kamu juga bisa menambahkan pepaya muda ketika merebus daging ayam kampung. Caranya cukup mudah, masukkan potongan pepaya muda ke dalam rebusan daging ayam kampung. Potongan pepaya muda dipercaya bisa bikin daging ayam kampung jadi lebih empuk. Selain itu, pepaya muda tak akan memengaruhi rasa daging dan kaldu.

Lihat trik lainnya di Diadona.id

Beri Komentar