Kekhasan 22 Rempah di Warung Sate Tongseng Pak Budi

Reporter :
Jumat, 22 Februari 2019 12:01
Kekhasan 22 Rempah di Warung Sate Tongseng Pak Budi
Kedai ini sudah berdiri sejak 1985.

Dream - Kedai sate dan tongseng Pak Budi di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur tak pernah sepi. Pelanggan datang silih berganti. Aroma daging kambing yang dibakar serta olahan tongseng di atas tungku selalu menyeruak.

Bau masakan yang terbawa angin seakan 'menggoda' siapapun yang lewat untuk mampir menikmatinya. Kedai ini sudah berdiri sejak 1985. Dari dulu hingga sekarang, rasa masakannya tetap terjaga. Tak heran kalau memiliki banyak pelanggan setia.

Kini, kedai tersebut dikelola oleh Eko Setiyabudi, anak dari Senen Riyanto, pemilik Kedai Pak Budi. Ia menuturkan kalau kualitas bumbu dan kekhasan masakan selalu dipertahankan.

 Eko Setiyabudi

(Eko Setiyabudi)

" Saya selalu menjaga ciri khas dari bapak dan tidak yang saya ubah, kita tidak menggunakan bumbu jadi. Ada 22 rempah-rempah yang kita olah untuk bumbu tongseng," ujar Eko, saat ditemui di acara peluncuran Festival Jajanan Bango 2019 di Kemang, Jakarta Selatan 21 Februari 2019

Menu andalan kedai ini tentu saja sate kambing. Tekstur satenya empuk. Yang membuatnya sangat khas adalah sate sudah dilumuri bumbu rahasia. Meski dimakan tanpa kecap, rasa gurih masih terasa tanpa menghilangkan kekhasan rasa daging kambing.

Sajian yang juga wajib dicicipi saat mendatangi kedai ini adalah tongseng. Eko menggunakan 22 rempah untuk mengolahnya. Kuah tongsengnya kental, rasanya perpaduan gurih dan manis.

Aroma asap juga sangat terasa karena tongseng dimasak di atas tungku yang menggunakan arang. Ingin menikmatinya? Kedai sate dan tongseng Pak Budi akan hadir di gelaran Festival Jajanan Bango 2019.

Tepatnya pada 16-17 maret 2019 berlokasi di are parkir Squash, Gelora Bung Karno, Jakarta. Total ada 80 penjaja kuliner yang tentu saja menghadirkan sajian lezat khas nusantara. Bango juga mendedikasikan sebuah area khusus bagi 10 penjaja kuliner lintas generasi.

(Sah, Laporan: Tri Yuniwati)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri