Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Cara Cepat Bebas dari Utang

10 Cara Cepat Bebas dari Utang

Dream - Utang memang bukan lagi hal yang tabu. Hampir setiap orang memiliki utang, seperti cicilan rumah, kendaraan, atau alat elektronik. Memang tidak salah orang berutang untuk barang-barang kebutuhan hidupnya, apalagi untuk investasi ke depan.

Namun, keberadaan utang bisa membuat stres dan menjadin beban sepanjang hidup. Untuk itu, semua orang pasti ingin bebas dari utang.

Namun ada jalan untuk keluar dari utang. Berikut 10 cara terbebas dari utang yang dikutip dari Lifehack, Senin 20 Juli 2015:

1. Dahulukan bayar utang dengan nominal paling besar

Keluar dari utang kadang sulit -dan bahkan lebih sulit jika utang Anda dibarengi bunga tinggi. Cobalah untuk melunasi utang dengan bunga paling tinggi dulu, karena Anda tidak akan terlalu terbebani utang dalam jangka panjang.

2. Perhatikan pendapatan dan belanja Anda

Perhatikan baik-baik pendapatan dan pengeluaran Anda. Tuliskan berapa banyak pendapatan Anda dalam satu bulan dan semua biaya yang Anda keluarkan dalam periode yang sama. Melakukan hal ini akan menunjukkan berapa sisa uang yang Anda miliki untuk melunasi utang. Dan ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui di pos mana Anda menghabiskan terlalu banyak uang.

3. Buat strategi anggaran dan pembayaran

Setelah mengetahui pendapatan dan pengeluaran, Anda dapat membuat anggaran untuk membayar utang setiap bulan. Misalnya, jika Anda bergaji Rp 2 juta per bulan dan menghabiskan Rp 1,5 juta untuk biaya hidup, Anda bisa mencicil utang Rp 500 ribu setiap bulan.

Jika utang tersebut sudah lunas, Anda bisa berpura-pura masih punya utang Rp 500 ribu setiap bulan, sehingga Anda punya tabungan.

4. Hilangkan gaya hidup yang boros

Semua orang pasti suka menikmati kopi di luar setiap hari atau berlangganan majalah favorit. Jika Anda ingin bebas utang, usahakan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Bayangkan saja, jika Anda berhenti membeli kopi setiap hari di tempat kerja sebesar Rp 3 ribu, Anda bisa menghemat Rp 15 ribu seminggu atau Rp 60 ribu per bulan.

5. Memaksimalkan pendapatan

Jika Anda punya pendapatan lebih banyak, akan lebih mudah bagi Anda untuk melunasi utang dalam waktu yang lebih cepat. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan. Tetapi jika Anda tidak punya, ada cara lain untuk mendapatkan sedikit tambahan.

Jika punya rumah dengan ruang berlebih, Anda bisa membuat kos-kosan, berjualan barang-barang lawas yang sekiranya antik di eBay, membuka penitipan bayi atau bekerja lepas.

6. Memperbanyak penghasilan daripada pengeluaran

Banyak yang berjuang untuk menabung, namun justru menghabiskan lebih banyak dari yang mereka miliki. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pada tahun 2010, 73% orang Amerika menghabiskan uang kurang dari yang mereka dapatkan, tetapi pada tahun 2012 jumlah itu telah menurun menjadi 66%.

Banyak orang berjuang dengan masalah ini, jadi pastikan Anda tahu setiap bulan Anda membuat lebih banyak uang daripada yang Anda habiskan.

7. Perbaiki skor kartu kredit

Meningkatkan skor kredit Anda adalah cara yang bagus untuk meringankan utang Anda. Ketika skor kredit Anda membaik, bunga yang Anda bayar menjadi lebih rendah. Anda dapat meningkatkan skor kredit Anda dengan membayar tagihan Anda tepat waktu dan tidak membuka rekening kredit lainnya.

8. Uang yang tidak habis ditabung

Jika ada uang sisa di akhir bulan, sebaiknya langsung ditabung. Jangan tergiur untuk membeli barang-barang karena Anda selalu berpikir akan mendapat gaji di awal bulan. Berpikir dengan cara ini akan membuat Anda bebas utang lebih cepat, sehingga Anda bisa kembali ke situasi keuangan yang aman.

9. Selalu disiplin

Cobalah untuk tidak meminjam uang lagi atau mengambil kredit baru sampai Anda telah melunasi utang Anda saat ini. Membuat utang baru dapat menyebabkan orang menjadi pesimis, yang dapat mengakibatkan mereka kehilangan motivasi dan cenderung tidak disiplin dalam membayar cicilan.

10. Berhenti berpikir untuk berutang

Jangan menghabiskan waktu setiap hari memikirkan rencana pembayaran dan anggaran -ini dapat membuat Anda stres dan Anda merasa tidak bisa mengendalikan utang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin mencoba hidup minimalis dan sederhana.

Baca Selengkapnya
5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

Kadang kita kurang memperhatikan asupan serat saat sahur dan berbuka, sehingga buang air besar jadi sangat sulit atau keras.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya