3 Langkah Mudah Dapat Kerja di Ajang Job Fair

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 11 April 2019 09:45
3 Langkah Mudah Dapat Kerja di Ajang Job Fair
Job fair sering digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

Dream – Selain mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan tujuan, peluang mendapatan pekerjaan juga bisa didapat lewat event job fair. Selain prosesnya lebih singkat, kamu juga bisa tenang mendaftar karena bursa lowongan kerja ini biasa dilakukan di akhir pekan. 

Di job fair akan tersedia banyak lowongan kerja dari berbagai perusahaan dalam satu waktu dan tempat.

Pencari kerja tak perlu repot lagi untuk mencari lowongan kerja karena sudah tersedia di depan mata. Tapi, mengingat pengunjung job fair tidak sedikit, persaingannya sangat ketat dan sulit untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Nah ada proses perburuan pekerjaan kamu berjalan sukses, berikut ini tiga langkah yang harus kamu ikuti agar bisa diterima kerja seperti dikutip dari Karir.com, Kamis 11 April 2019:

Pertama, pilihlah lowongan yang paling sesuai dengan latar belakang yang dimiliki, terutama dalam segi pendidikan formal.

Selain pendidikan, kamu bisa memilih lowongan kerja berdasarkan pengalaman magang atau kerja yang pernah kamu ikuti. Dengan latar belakang yang kuat dan sesuai, perekrut akan melihat kamu punya pengetahuan (dan pengalaman) yang cukup untuk bekerja di posisi tersebut.

1 dari 1 halaman

Buat Resume yang Menarik

Kedua, membuat resume yang menarik. Percaya atau tidak, resume atau CV yang diberikan kepada perekrut sangat berpengaruh bagimu untuk lolos ke tahap selanjutnya. Buatlah CV yang menarik dan mudah dimengerti oleh perekrut.

Jangan mencantumkan informasi yang kurang penting atau tidak dibutuhkan oleh pemberi kerja. Daripada membuat resume yang “ berwarna-warni”, lebih baik buatlah resume yang sederhama dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Ketiga, berinteraksi dengan rekruter. Kalau ada hal yang kurang jelas, ada baiknya kamu tanyakan langsung kepada perekrut. Bukan tak mungkin kamu bisa mendapatkan informasi baru yang lebih penting.

Cobalah bertanya untuk mengetahui apa saja yang diperlukan oleh perekrut agar kamu bisa melamar di posisi ini. Cara ini bisa dicoba agar kamu tak sia-sia datang ke job fair. 

Nah, selamat mempraktikkan tips ini ya Sahabat Dream. Semoga kamu beruntung. 

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting