5 Bisnis yang Patut Dicoba selama Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 31 Mei 2017 07:15
5 Bisnis yang Patut Dicoba selama Ramadan
Apa saja?

Dream – Harga barang-barang naik saat Ramadan, memang sudah biasa. Daripada mengeluh pengeluaran membengkak, lebih baik melihat peluang bisnis yang bisa menambah pemasukan.

Bisnis-bisnis selama bulan Ramadan, seperti bisnis makanan dan busana Muslim sudah biasa dan banyak saingan. Kalau ingin mencari bisnis yang berbeda dan tidak banyak pesaing, ada nih, bisnis yang dijalankan selama bulan Puasa asalkan modalnya 'beda'.

Dilansir dari Cekaja.com, Rabu 31 Mei 2017, pertama, bisnis travel. Bisnis ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan asal. Tak perlu kantor, bermodal komputer dan smartphone, Sahabat Dream bisa menjalankan bisnis ini.

Biasanya, permintaan tiket pesawat sudah naik, bahkan sejak sebelum bulan Ramadan. Itu peluangnya. Cuma, menjadi agen wisata harus siap dengan dana segar sebagai deposit. Deposit ini bertujuan untuk membeli jasa travel dengan harga agen, lalu dijual kepada pelanggan dan mengambil marjin dari sana.

Ke dua, sewa mobil dan motor. Punya kendaraan nganggur? Mengapa tidak dijadikan lahan menghasilkan uang, terlebih jika berencana mudik dengan transportasi umum, seperti kereta api? Anda bisa menyewakan kendaraan kepada tetangga yang memerlukan kendaraan. Untuk permulaan, pasanglah harga di bawah harga. Yang penting, kendaraan ini bisa mendatangkan uang.

Ke tiga, bisnis ekspedisi. Jangan salah, ekspedisi pun banyak diserbu konsumen selama bulan Ramadan. Bisnis ini ramai karena banyak paket yang harus diantarkan ke pelanggan, dan Sahabat Dream bisa memulai bisnis ekspedisi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk memulainya, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Misalnya, jika ingin menjadi agen JNE, Anda harus memiliki tempat layanan (toko, ruko, atau bagian depan rumah yang dibuat menjadi konter), kendaraan, dan uang Rp7 juta —uang Rp2 juta untuk administrasi dan Rp7 juta untuk jaminan keagenan. Uang keagenan ini akan dikembalikan jika kontrak selesai.

Ke empat, bisnis laundry. Bisa dibilang jasa cuci kiloan ini tidak pernah sepi, terlebih jika berada di daerah padat penduduk, seperti kompleks perumahan atau area kampus. Jika tak ingin repot-repot bermodal mesin cuci, jasa agen laundry layak dicoba. Caranya, pesanan yang masuk, diserahkan kepada laundry yang lebih besar. Kita pun harus siap untuk menjemput dan mengantar cucian dari dan ke tempat laundry.

Ke lima, bisnis penitipan hewan. Menjelang mudik, banyak orang yang bingung ke mana harus menitipkan hewan peliharaan. Kalau mudik dengan mobil dan jaraknya dekat, mungkin hewan peliharaan, seperti kucing, mungkin masih bisa dibawa. Kalau mudik menggunakan pesawat atau kapal laut, mau tidak mau hewan peliharaan harus dititipkan. (eko)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik