Aplikasi `Jalan Tikus` Karya Indonesia Buat Takjub Ahli Dunia

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 11 Juni 2015 17:15
Aplikasi `Jalan Tikus` Karya Indonesia Buat Takjub Ahli Dunia
Pembuat Squee Mobile App berhak mendapatkan hadiah senlai US$ 10 ribu untuk dipakai mengaplikasikan proyek Jalan Tikus

Dream - Sebuah aplikasi pencari `jalan tikus` buatan anak Indonesia membuat kagum ratusan perancang kota dunia. Squee Mobile App ini terpilih sebagai pemenang Jakarta Urban Challenge.

Squee Mobile App merupakan aplikasi yang menggabungkan pejalan kaki dan pengendara sepeda untuk melakukan perjalanan bersama melalui rute yang lebih singkat dan bebas kendaraan bermotor, melewati kampung-kampung di Jakarta.

“ Kami percaya konsep kami untuk berjalan dan bersepada melalui rute yang lebih singkat dan bebas kendaraan bermotor melewati kampung – akan meningkatkan aksesibilitas, kebebasan dalam berpergian dan menciptakan nilai sosial dalam mobilitas,” ujar Arlene Nathania dari Squee seperti dikutip Dream dari keterangan tertulis New Cities Summit, Kamis, 11 Juni 2015.

Dengan kemenangannya ini, Squee berhak memperoleh hadiah bantuan dana sebesar US$ 10 ribu sekitar Rp 133 juta.

Dalam sayembara berhadiah total US$ 20 ribu tersebut, tim juri juga menetapkan program Safe Passage (jalan aman) sebagai pemenang kedua . Aplikasi yang fokus pada keamanan komuter wanita ini berhak mendapat hadiah US$ 6.000.

“ Kami tidak sabar untuk bekerja dengan para anggota komunitas dalam membawa sebuah perubahan dan perbaikan untuk Kota Jakarta," ujar Paulista Surjadi dari Jalan Aman.

Sementara Cyclist Urban System yang merupakan rancangan membuat hub para pengendara sepeda terpilih sebagai pemenang ketiga berhadiah US$ 4.000.

Ucha Kautsar dari Cyclist Urban System yakin program CUS ini dirinya bisa berkontribusi bagi Jakarta Masa Depan. " Kami mau berhenti berkeluh kesah mengenai kota kami dan menjadi bagian dari solusi," tegasnya.

Sesuai ketentuan yang berlaku, para pemenang Sayembara Jakarta Urban Challenge ini akan menggunakan hadiah untuk mengimplementasikan proyek yang mereka ajukan.

Beri Komentar