Asyik! Uang Baru Rp75.000 Bisa Dipesan di Semua Bank

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 1 Oktober 2020 12:12
Asyik! Uang Baru Rp75.000 Bisa Dipesan di Semua Bank
Skema sebelumnya hanya menetapkan agen penghimpun di lima bank umum.

Dream - Masyarakat yang ingin mendapatkan uang baru nominal Rp75.000 tak perlu lagi antre ke Bank Indonesia. Mulai hari ini penukaran yang khusus peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Indonesia itu bisa diperoleh di bank-bank umum.

Bank Indonesia bahkan memperluas bank yang bisa menjadi agen penghimpun atau koordinator pooling pendaftar penukaran yang baru Rp75 ribu.

Sebelumnya skema penukaran uang baru hanya akan melibatkan lima bank umum. Penukaran ini dilakukan melalui proses pemesanan dan penukaran lewat aplikasi berbasis website PINTAR (pintar.go.id).

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, skema baru ini membuat masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang baru Rp 75 ribu edisi khusus hanya perlu mendaftar pada Bank Umum terdekat di wilayah masing-masing dan mengambil uang baru Rp 75 ribu edisi khusus pada bank tempat mendaftar.

" Demikian pula dengan Lembaga, Instansi, Korporasi, dan Organisasi dapat menggunakan mekanisme yang sama secara kolektif untuk menjadi koordinator pooling bagi korporasi atau lembaganya," jelas Onny dalam keterangan tertulis.

 

1 dari 5 halaman

Cara Memesan Uang Baru Rp75.000

Bank, Lembaga, Instansi, Korporasi, ataupun Organisasi dapat mengirimkan email berisi formulir permohonan dan data penukar kepada PIC Penukaran Kolektif uang baru Rp 75 ribu edisi khusus di Kantor BI sesuai wilayahnya masing-masing, untuk memperoleh bukti pemesanan penukaran dan melakukan penukaran pada waktu dan tempat yang sesuai dengan bukti pemesanan.

Sebagaimana skema penukaran kolektif yang telah berlaku, penduduk Indonesia dewasa yang memiliki KTP berhak untuk melakukan penukaran satu uang baru Rp 75 ribu edisi khusus. Penukaran kolektif dilakukan dengan jumlah minimal penukaran 17 orang dan tidak ada batasan maksimal.

Informasi lengkap beserta dokumen yang dibutuhkan dalam proses penukaran kolektif dapat dilihat pada aplikasi PINTAR.

Selain mekanisme kolektif, BI kembali membuka layanan penukaran individu melalui aplikasi PINTAR pada hari kerja hingga 30 Oktober 2020 pada hari kerja dan akan terus diperpanjang.

BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran uang baru Rp 75 ribu edisi khusus untuk tetap menjalankan protokol COVID-19.

2 dari 5 halaman

Viral Uang Rp75 Ribu Bisa 'Nyanyi’ Indonesia Raya, Ternyata Ini Rahasianya

Dream - Uang pecahan Rp75 ribu sempat menghebohkan publik karena dicetak khusus untuk memeringati Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Uang tersebut banyak diburu untuk koleksi atau sekedar pamer belaka.

Baru-baru ini, uang pecahan istimewa tersebut kembali membuat heboh publik. Ternyata, uang edisi khusus ini menyimpan fitur canggih di dalamnya. Dengan fitur tersebut, uang baru itu bisa bernyanyi lagu Indonesia Raya. Hal tersebut diketahui lewat unggahan video tiktok @ahhhmeelyaaa.

Video itu memperlihatkan fitur augmented reality (AR) yang ditemui dari nominal Rp75 ribu. Fitur augmented reality (AR) atau dalam KBBI disebut realitas berimbuh adalah teknologi yang memadukan tampilan dua atau tiga dimensi yang nantinya diproyeksikan ke dalam tangkapan layar untuk membentuk kesan nyata. Alhasil, uang tersebut tampak mengeluarkan lantunan lagu Indonesia Raya.

3 dari 5 halaman

Bernyanyi Lagu Indonesia Raya

Berangkat dari eksperimennya ini, siapa menyangka wanita tersebut menemukan hal tidak terduga lewat pecahan nominal Rp75 ribu ini. Untuk membuka video ini, tak bisa dengan mata telanjang, melainkan lewat sebuah aplikasi bernama Ivive.

Didukung dengan aplikasi Ivivelembaran uang tersebut sukses diproyeksikan menjadi cuplikan video lagu Indonesia Raya. Tampak dari tangkapan layar, kelompok paduan suara yang kemarin ikut memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia. Alhasil, perempuan tersebut terkejut dengan hasilnya. 

viral uang 75 ribu nyanyi© Foto : Tiktok/ahhhmeelyaaa

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakannya

Caranya adalah membuka aplikasi Ivive lalu akan terbuka layar seperti layaknya kita mau mengambil foto atau video di smartphone. Lalu arahkan kamera ke arah uang baru edisi khusus Kemerdekaan RI 75 Tahun. Dalam hitungan detik, maka akan muncul barisan paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ivive sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Vienna, Austria. Ivive merupakan Aplikasi augmented reality (AR) yang memungkinkan seniman menambahkan dimensi digital pada barang fisik.

viral uang 75 ribu nyanyi© Foto : Tiktok/ahhhmeelyaaa

Beri Komentar