Sebulan Kerja Dapat THR, Ini Pesan Menaker Buat Perusahaan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 19 April 2016 18:34
Sebulan Kerja Dapat THR, Ini Pesan Menaker Buat Perusahaan
Dengan aturan baru ini, pekerja yang baru bekerja satu bulan, bisa menikmati THR.

Dream - Aturan baru pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) telah dirilis. Mulai tahun ini pegawai yang baru bekerja satu tahun berhak memperoleh THR. Terbilang baru, pemerintah berjanji akan mengawal pelaksanaan regulasi ini.

" Pengawasannya jalan terus, baik itu pengawasan langsung maupun pengawasan lewat dinas-dinas di daerah," kata Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, di Jakarta, dilansir dari situs Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Selasa 19 April 2016.

Hanif menjamin perusahaan yang tak membayarkan tunjangan THR sesai ketentuan baru ini akan mendapatkan sanksi. Pemerintah juga tidak akan segan memproses perusahaan tersebut. 

Sekadar informasi, aturan baru pembayaran THR ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 6 Tahun 2016 tentang THR. regulasi ini merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2016 tentang Pengupahan. Peraturan Menteri Tenaga Kerja ini menggantikan beleid THR sebelumnya, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan.

Dalam Peraturan Menteri yang baru ini, disebutkan bahwa pekerja yang masa kerjanya minimal 12 bulan, mendapatkan THR sebesar satu bulan gaji. Sementara itu, pekerja yang masa kerjanya minimal 1 bulan atau lebih, tapi kurang dari 12 bulan, akan mendapatkan THR sesuai masa kerja dibagi 12 bulan, lalu dikali dengan 1 bulan gaji.

Pembayaran THR ini pun wajib dibayarkan selambat-lambatnya seminggu sebelum hari raya keagamaan dan dibayarkan dalam bentuk rupiah.

Beri Komentar
TOP 3 Gara-Gara BTS, Menara Seoul jadi Ungu