Bayar DP 1%, Pegawai Bergaji Rp 4 Juta Bisa Punya Rumah

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 17 Maret 2015 15:16
Bayar DP 1%, Pegawai Bergaji Rp 4 Juta Bisa Punya Rumah
Ada syarat khusus untuk bisa menikmati fasilitas uang muka superingan ini.

Dream - Mimpi masyarakat memiliki rumah tinggal kemungkinan bakal terwujud bulan depan. Dengan hanya membayar uang muka 1 persen, sebuah rumah kini bisa dimiliki.

Tak semua masyarakat bisa menikmati fasilitas uang muka superringan. Hanya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan gaji maksimal 4 juta per bulan yang bisa memiliki rumah ini.

Mengutip laman pu.go.id, Selasa, 17 Maret 2015, uang muka superringan tersebut merupakan bagian dari program percepatan pembangunan sejuta rumah yang akan mulai berjalan pada pertengahan April 2015.

" Pemerintah menargetkan bisa membangun 1 juta rumah di 2015," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono.

Sejuta rumah tersebut nantinya akan terbagi atas rumah bersubsidi dan rumah komersial sebanyak 211 ribu unit.

Untuk bisa menikmati fasilitas uang muka rumah tapak, MBR maksimal memiliki gaji bulanan sebesar Rp 4 juta. Sementara calon pembeli rumah susun dibatasi hanya bagi mereka yang bergaji Rp 7 juta per bulan.

Pelaksana Tugas Pembiayaan Perumahan Maurin Sitorus mengatakan ketentuan teknis program bantuan uang muka ini masih didiskusikan bersama dengan menteri keuangan. Harapannya ketentuan teknisnya selesai akhir bulan ini.

‎Program bantuan uang muka KPR bagi MBR masuk dalam skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau subsidi bunga KPR. Pemerintah juga melalui bank BUMN yaitu BTN menyiapkan program DP KPR hanya 1 persen dari sebelumnya hanya 5 persen per tahun.

Selain itu, penerima fasilitas FLPP juga bakal menerima pemangkasan bunga kredit dari 7,25 persen flat 20 tahun menjadi hanya 5 persen per tahun flat 20 tahun.

Beri Komentar