CONNECT WITH US!

Di Korea Utara Juga Ada Taksi Online, tapi Cara Pesannya....

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Kamis, 11 Januari 2018 14:13
Bisnis Pemesanan Taksi Bergairah Di Korea Utara. (Foto: Business Insider)
Tarifnya lebih dari separuh upah buruh Korea Utara.

Dream – Meski terkenal sebagai negara tertutup, bisnis pemesanan taksi mirip transportasi online kini tengah menjadi primadona di Korea Utara. Para pemesannya kebanyakan berasal dari warga kelas menengah ke atas.

Laman Business Insider mengutip media lokal, Daily NK,  pelanggan bisa memesan taksi melalui saluran telepon. Sepuluh menit kemudian, taksi datang.

“ Orang kaya di kota senang memesan taksi untuk pergi ke tempat spesial seperti restoran, pada hari spesial seperti liburan dan ulang tahun,” kata sumber di Pyongsong kepada Daily NK.

Untuk setiap pemesanan, pelanggan dikenakan tarif sebesar US$1-2 (Rp13.422-Rp26.844). Tarif ini tiga kali lipat lebih besar dibandingkan taksi biasa.

Selain itu, besaran tarif tersebut separuh dari rata-rata upah buruh di Korea Utara sebesar US$4 (Rp53.689). Sementara beberapa pengemudi taksi lewat pesanan hanya menerima uang dolar AS dan yuan.

Tingginya harga taksi dan kebutuhan untuk valuta asing (valas) menunjukkan kelas menengah di Korea Utara sedang tumbuh. Kelas menengah ini menjadi pasar besar untuk pengusaha taksi.

Alhasil, perusahaan taksi berlomba-lomba menarik konsumen. Seperti The Daedong River Passenger Trasport Company meluncurkan panggilan 186 untuk pemesanan taksi. Lalu maskapai pemerintah, Air Koryo, merilis jasa taksi dengan mobil jenis minivan dan SUV. “

“ Ini terlihat semua orang ramai-ramai berbisnis taksi,” kata pemandu wisata dari Young Pioneer Tours Company, Rowan Beard.

 

Baim Wong Lamar Paula - Vicky Shu Melahirkan