Berkah Kurban 1000 Sapi ke Pelosok Negeri

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 22 Juli 2021 19:59
Berkah Kurban 1000 Sapi ke Pelosok Negeri
Hasil daging kurban itu tersebar di 840 titik dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Dream - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, Selasa, 20 Juli 2021 kemarin melalui Program Kemaslahatan menyalurkan hewan kurban sebanyak 1.000 ekor sapi yang tersebar di 840 titik dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) merupakan salah satu mitra penyalur yang dipercaya dalam menyalurkan hewan kurban sebanyak 40 ekor sapi, dengan total wilayah pendistribusian di 35 titik yang tersebar di 15 provinsi.

Tidak menyalurkan seperti kebanyakan panitia kurban, daging yang diperoleh Laznas BSMU diolah menjadi berbagai jenis produk siap saji, seperti kornet, rendang siap santap, abon, dan juga daging beku yang dikemas secara higienis.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah terpencil, tertinggal, terdampak bencana, dan berada di zona merah Covid-19.

1 dari 5 halaman

Dilaksanakan H+1 Idul Adha

Anggito Abimanyu, Kepala Badan Pelaksana BPKH mengatakan momentum Hari Raya Idul Adha menjadi saat yang tepat membantu sesama, sehingga pemilihan lokasi di wilayah terpencil diharapkan agar berkah dari kurban ini dapat turut dirasakan masyarakat di seluruh Tanah Air.

BPKH & Laznas BSMU© BPKH & Laznas BSMU

“ Kami ucapkan terima kasih kepada BPKH karena telah mempercayakan Laznas BSMU sebagai mitra penyalur qurban pada Idul Adha 1442 H ini. Semoga daging hewan kurban yang disalurkan dapat memberikan manfaat dan keberkahan dalam menebar kemaslahatan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Sukoriyanto Saputro, Direktur Eksekutif Laznas BSMU menambahkan.

Mengikuti Surat Edaran Menteri Agama No 16 Tahun 2021 agar tidak melakukan pemotongan hewan pada 10 Dzulhijjah, maka proses penyembelihan dilaksanakan setelah hari raya Idul Adha atau pada hari tasyrik, dan dilakukan di beberapa Rumah Potong Hewan (RPH).

Pemotongan di lokasi Zona Merah, telah dilengkapi surat izin dari petugas.

2 dari 5 halaman

Mencakup Prasarana Ibadah

BPKH & Laznas BSMU© BPKH & Laznas BSMU

Pemberian bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan Nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan.

Distribusi Progam Kemaslahatan BPKH mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan dan dakwah.

Tak lupa juga mencakup sosial keagamaan yang disalurkan secara langsung dan tidak langsung, yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel.

3 dari 5 halaman

Rayakan Idul Adha saat PPKM Darurat dengan 'Qurban From Home'

Dream - Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang akan kita lewati bersama dengan nuansa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diterapkan Pemerintah Republik Indonesia (RI) sejak 3 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021.

Jika kasus COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali masih terjadi peningkatan hingga batas waktu tersebut, kemungkinan PPKM Darurat akan diperpanjangan.

Hal ini tentunya dapat memengaruhi proses pembelian qurban maupun penyembelihan yang biasanya dilakukan saat Iduladha, karena harus menyesuaikan dengan peraturan PPKM Darurat yang berlaku.

Tenang, Sahabat Dream jangan bersedih hati tidak bisa turut berkurban sebab Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) pada Iduladha tahun ini memiliki program yang menjawab permasalahan qurban di masyarakat.

Mengangkat tema “ Alirkan Kebaikan untuk Negeri”, program ini merupakan qurban peduli untuk negeri yang mana daging qurban akan disalurkan kepada yang membutuhkan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

4 dari 5 halaman

Qurban From Home

Laznas BSMU memberikan kemudahan bagi para pequrban (mudhohi) dalam menyalurkan hewan qurbannya dengan konsep Qurban From Home atau proses pembelian hewan yang dilakukan melalui online.

Program ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap anjuran pemerintah untuk tetap di rumah selama peraturan PPKM Darurat ini berlaku.

Laznas BSMU© Laznas BSMU

Bagaimana caranya?

Masyarakat dapat melakukan pembelian hewan qurban melalui website resmi Bsmu.or.id atau platform donasi online yaitu jadiberkah.id sampai jelang Hari Raya Iduladha.

Khusus nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) dapat langsung melakukan pembelian melalui aplikasi BSI Mobile di menu Beli, lalu pilih Hewan Qurban.

5 dari 5 halaman

Pengalaman Menarik

Laznas BSMU© Laznas BSMU

Laznas BSMU juga memberikan berbagai pilihan hewan qurban, mulai dari paket ekonomis hingga paket premium sesuai dengan kemampuan pequrban.

Hewan qurban yang disiapkan tentunya sudah melalui proses quality control serta memenuhi syariat Islam, karena hewan yang dipilih merupakan hewan yang berasal dari peternak binaan Laznas BSMU.

Tentu, cara ini merupakan sebuah pengalaman menarik yaitu pequrban dapat secara langsung menyaksikan penyembelihan hewan melalui live streaming di beberapa titik penyembelihan yang ada di hampir seluruh Indonesia.

Pemberdayaan Ekonomi

Laznas BSMU© Laznas BSMU

" Program ini juga merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bertujuan mengaktifkan roda perekonomian, terutama di desa-desa sebagai sentra hewan qurban, dengan membina para peternak dhuafa sehingga mereka dapat hidup lebih layak, dan hewan yang dijual adalah hewan memenuhi standart dan berkualitas," jelas Direktur Marketing & Network Laznas BSMU, Risyad Iskandar lewat keterangannya, Senin, 12 Juli 2021.

Ia sebagai perwakilan Laznas BSMU berharap masyarakat yang berkecukupan dapat menghadirkan kemaslahatan secara merata dengan mengalirkan kebaikan untuk negeri kita tercinta.

 

Beri Komentar