Beda Banget! Begini Tren Gaya Bekerja `Anak Jaman Now`

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 9 Februari 2018 14:44
Beda Banget! Begini Tren Gaya Bekerja `Anak Jaman Now`
Salah satunya waktu bekerja.

Dream – Setiap masa melahirkan generasi yang memiliki ciri khas dan gaya yang berbeda. Generasi anak 90-an pasti memiliki gaya hidup yang berbeda dengan anak-anak kekinian. Cara menikmati hidup ini pula yang mempengaruhi setiap generasi dalam memilih pekerjaab. 

Dibandingkan generasi Baby Boomer, tren mencari kerja anak-anak kekinian ternyata berbeda jauh. Mereka ternyata tak terlalu silau dengan status perusahaan besar. 

Dalam perbincangan Dream dengan pengamat pemasaran bisnis dan pendiri Inventure, Yuswohady, Jumat 9 Februari 2018, generasi milenial memang punya karakter tersendiri dalam urusan kerja. 

“ Generasi milenial ini suka freedom, tak hanya waktu yang fleksibel, generasi milenial juga suka relax. Suka bekerja yang fleksibel. Inilah yang saya sebut dengan the end of 8 am to 5 pm,” kata .

Yuswohady mengatakan tren selanjutnya, generasi milenial lebih suka bekerja di luar kantor dan memanfaatkan teknologi. Jarak tempat tinggal dengan kantor yang jauh menjadi pertimbangan mereka,

Tak hanya itu, mereka juga menggunakan teknologi untuk meeting salah satunya dengan video conference.

“ Bayangkan mereka yang tinggal di luar Jakarta. Kalau kantornya ada di Jakarta Pusat, mereka luar biasa capek. Butuh waktu tiga jam untuk berangkat dan pulang,” kata dia.

Selanjutnya, yang menjadi tren berikutnya adalah generasi Y tidak melirik perusahaan-perusahaan besar, tetapi kepada perusahaan-perusahaan startup. Di samping pemimpinnya seumuran, generasi ini merasa lebih nyaman bekerja di tempat yang cozy dan nyaman sehingga ide-ide bisa keluar,

“ Milenial ingin suasana kerja yang mendukung untuk eksploitasi ide, bukan yang administrative dan rutin. Ruangannya harus kayak cowork office. Kalau ruangan kerja seperti perusahaan zaman dulu, generasi ini tidak bisa bereksplorasi,” kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar