Antrean Daftar Tunggu Haji RI Bakal Makin Panjang

Reporter : Ramdania
Rabu, 8 Juli 2015 13:31
Antrean Daftar Tunggu Haji RI Bakal Makin Panjang
Tiap tahun antrian haji bertambah 3 tahun.

Dream - Semakin meningkatnya kesadaran haji para muslim di tanah air menyebabkan peningkatan jumlah jamaah haji tiap tahun. Terdapat tren yang terlihat, yaitu lama panjangnya masa antrean pendaftar haji yang bertambah 3 tahun setiap tahunnya.

" Jadi kalau tahun ini antrian sudah 20 tahun maka tahun depan antreannya sampai 23 tahun, makin lama kita mengantre untuk bisa naik haji. Fenomena ini karena makin banyak yang sadar haji," ujar Kepala Haji dan Umrah Bank Syariah Mandiri (BSM) Yuniarto Joko Purwanto di Jakarta, Rabu 8 Juli 2015.

Yuniarto menambahkan saat ini masih banyak muslim kelas menengah yang belum terdaftar sebagai calon haji. Hal inilah juga yang menyebabkan potensi penambahan lama antrean haji semakin besar.

" Saat ini kelas menengah itu 50 juta orang, yang daftar haji 3 juta orang, jadi masih banyak potensi yang ingin mendaftar. Malahan antrean di Malaysia itu sudah sampai 63 tahun, jadi begitu lahir sudah harus didaftarkan haji," jelasnya.

Untuk mengantisipasi agar muslim tanah air bisa menjalankan haji di usia yang tidak terlalu tua, maka Yuniarto menyarankan pembukaan tabungan haji untuk anak-anak, seperti produk Tabungan Mabrur Junior di BSM.

Pihaknya, lanjut Yuniarto, tengah melakukan edukasi kepada para orang tua yang merupakan nasabah haji di BSM untuk membuka tabungan haji sejak dini.

" Jadi kita edukasi para nasabah, karena kalau anaknya tidak didaftarkan dari sekarang maka bisa-bisa anaknya haji di usia yang sangat tua karena terlalu lama mengantri," pungkasnya.

Beri Komentar