CONNECT WITH US!

Makin Perkasa, Harga Bitcoin Tembus Rp189 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Kamis, 7 Desember 2017 15:43
Sekeping Duit Ini Harganya Tembus Rp180 Juta, Lho.
Wow.

Dream – Bitcoin semakin “ perkasa”. Nilai tukarnya meroket dan menyentuh level tertinggi di US$14 ribu atau sekitar Rp189,67 juta.

Dilansir CNBC, Kamis 7 Desember 207, penguatan nilai tukar ini terjadi kurang dari 24 jam setelah bitcoin menembus angka US$12 ribu atau Rp162,57 juta per koinnya. Penguatan nilai tukar duit digital ini menembus psikologis pasar.

Kini, nilai kapitalisasi pasarnya lebih dari US$230 miliar atau sekitar Rp3.116,09 triliun. Nilai pasarnya masuk ke dalam 20 pasar terbesar di S&P 500.

Meskipun nilai terbilang 'edan', bitcoin ini menuai banyak kritik. Salah satu kritik ini berasal dari JP Morgan Chase Chairman and CEO, James Dimon. Dimon mengatakan bitcoin ini merupakan penipuan.

Investor uang digital dan mantan manajer Fortress di bagian lindung nilai uang, Michael Novogratz, mengatakan, cryptocurrency macam bitcoin bisa menjadi bubble. Novogratz memprediksi uang ini akan menembus US$40 ribu atau sekitar Rp541,92 juta pada akhir 2018.

Bagaimana dengan Indonesia? Dilansir berbagai sumber, Bank Indonesia (BI) menyatakan bitcoin bukan alat pembayaran yang sah. Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, melarang merchant menerima pembayaran dengan bitcoin.

“ Sebaiknya merchant jangan menerima (uang virtual) sebagai alat pembayaran. Nanti kalau ada apa-apa, BI sudah bilang jangan menerima itu,” kata Mirza di Jakarta.

Trump buat murka negara Islam - Panglima TNI Baru