Transaksi Nontunai McDonald`s Drive Thru Naik 4 Kali Selama Corona

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 16 April 2020 14:31
Transaksi Nontunai McDonald`s Drive Thru Naik 4 Kali Selama Corona
Kenaikan ini terjadi pada minggu pertama pandemi Covid-19.

Dream – Transaksi nontunai kian ramai di tengah pandemi corona saat ini. Sistem pembayaran ini juga dilakukan McDonald's Indonesia bekerjasama dengan Youtap Indonesia yang mendorong layanan non-tunai seperti imbauan Bank Indonesia.

" Dengan transaksi yang cepat dan aman melalui solusi Youtap ini, kami juga melihat kenaikan yang signifikan untuk penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini," kata Direktur IT dan Keuangan McDonald’s, Yanti Lawidjaja, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis 16 April 2020.

Pihak Youtap Indonesia memaparkan, telah terjadi kenaikan transaksi non tunai pada layanan drive-thru di McDonald's hanya dalam waktu sepekan. Di minggu pertama pandemi Covid-19 tercatat transaksi cashless McDonalds melonjak sampai 4 kali lipat.

McDonald's Indonesia sendiri kian meningkatkan layanan yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah seperti layanan McDelivery, Drive-thru, dan take away. Semua layanan tersebut dilakukam sesusai anjuran pemerintah demi mencegah persebaran virus covid-19.

" Kami sangat mengedepankan layanan kami yang harus selalu tersedia dengan baik. Bahkan dengan diberlakukannya status PSBB di beberapa kota dikarenakan pandemi ini, tim kami tetap memberi dukungan penuh, termasuk untuk penambahan pembayaran lainnya di McDonald’s dalam waktu dekat," kata CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto.

Youtap Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung McDonald's Indonesia dalam melewati masa pandemi covid-19 ini dengan memberikan layanan nontunai.

1 dari 4 halaman

Transaksi Nontunai di Merchant Naik 129 Persen

Data yang dikumpulkan oleh Youtap Indonesia menjelaskan bahwa, telah terjadi kenaikan transaki non-tunai pada merchant-merchant mitra di seluruh Indonesia sebesar 129 persen di masa pandemi ini.

" Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak pada banyak entitas bisnis. Saat ini kami terus melakukan edukasi kepada merchant kami untuk program Bersih, Sehat, Aman: menjaga kebersihan, social distancing, dan bertransaksi dengan non-tunai," kata dia,

Herman juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengedukasi UMKM untuk melakukan layanan pesan antar dengan transaksi non-tunai. Ia percaya bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan transaksi digital yang aman dan nyaman. 

2 dari 4 halaman

McDonald’s Indonesia Sementara Tak Layani Makan di Tempat

Dream – Usaha untuk mengurangi penularan Covid-19 harus dilakukan semua pihak. Hal ini agar jumlah kasus Covid-19 di Indonesia bisa ditekan dengan optimal. Salah satu caranya adalah dengan social distancing dan berdiam diri di rumah.

Demi mendukung hal tersebut McDonald’s Indonesia menutup sementara layanan makan di tempat (dine in). Penutupan layanan makan di tempat ini berlangsung selama 14 hari ke depan yang dapat disesuaikan dengan pertimbangan situasi darurat virus Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

 

© Dream

 

" Dengan sukarela kami menutup sementara layanan dan area makan di tempat di seluruh restoran McDonald’s Indonesia, dan mengarahkan konsumen untuk Drive Thru, Take Away, dan McDelivery untuk menikmati menu McD. Keselamatan dan keamanan konsumen dan karyawan adalah prioritas McDonald’s Indonesia,” ujar Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, dikutip dari rilis yang diterima Dream.

Konsumen tetap menikmati menu McD dengan memesan melalui Drive Thru, Take Away, dan McDelivery. Sementara waktu, McDonald’s juga meniadakan layanan self-ordering kiosk.

 

3 dari 4 halaman

Prosedur Diperketat

Selain penutupan makan di tempat untuk sementara, McDonald’s Indonesia juga telah memperketat prosedur operasional standar dalam meningkatkan kebersihan di restoran-restoran McDonald’s. Mulai dari area dapur hingga ke semua titik kontak konsumen.

McDonald Pun Tak Sanggup Bertahan di Negara Ini© MEN

" Kami meningkatkan kebersihan dan menerapkan layanan Contactless, yakni Contactless Serving Take AwayContactless Drive Thru, dan Contactless McDelivery. Pada layanan McDeliver. Misalnya, kami mewajibkan pengiriman makanan diantar dengan tidak melakukan kontak fisik sama sekali antara konsumen dan rider McDelivery. Konsumen dapat mengambil sendiri pesanan langsung di dalam boks McDelivery. Untuk pembayaran, rider McDelivery akan menyiapkan dua kantong plastik, satu untuk pembayaran dan satu lainnya untuk uang kembalian,” kata Sutji.

 

 

4 dari 4 halaman

Pemeriksaan Suhu

Seluruh kru dan pemasok McDonald’s wajib melakukan pengecekan suhu tubuh 2 kali sehari, yaitu sebelum bekerja dan setelah istirahat, lebih sering mencuci tangan dnegan sabun dan menjaga kebersihan diseluruh restoran termasuk di tempat semua titik kontak dengan konsumen.

“ Prinsip kebersihan diseluruh tiitk kontak konsumen adalah standar operasional sehari-hari McDonald’s. Di tengah darurat virus corona, kami memperketat operasional, meningkatkan kebersihan kru dan restoran. Kami ingin konsumen dapat tetap menikmati menu McDonald’s tanpa keraguan akan kebersihan dan kualitas makanan dan minuman yang dipesan,” ujar Sutji.

Laporan Cindy Azari

Beri Komentar