Sst, Ini `Bocoran` Materi Tes CPNS 2017

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 Juli 2017 14:15
Sst, Ini `Bocoran` Materi Tes CPNS 2017
Untuk menjadi CPNS, pelamar harus mengikuti serangkaian tes.

Dream – Pemerintah sudah membuka lowongan CPNS. Dengan begitu, masyarakat bisa berkesempatan menjadi CPNS di instansi pemerintah.

Bagi yang berminat mengikuti seleksi CPNS, yang diperlukan adalah pemenuhan syarat-syarat adminstrasi. Jika lolos administrasi, seleksi berikutnya adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS  Tahun 2017, pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal SKD. Ketiga kelompok soal yang dimaksud adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lalu, adakah tips supaya lolos ketiga tes ini?

Dilansir dari menpan.go.id, Jumat 14 Juli 2017, Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Suwardi, peserta seleksi harus lolos ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan.

Untuk itu, Suwardi menyarankan peserta seleksi mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Dia  mengatakan TWK adalah tes penilaian terhadap penguasaan pengetahuan dan kemampuan implementasi empat pilar bangsa Indonesia (Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara TIU adalah tes penilaian kemampuan verbal—kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tulis. Terakhir, TKP adalah tes penilaian terhadap diri sendiri, baik dari integritas sampai kemampuan belajar berkelanjutan.

“ TKP juga menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinasi orang lain,” kata Suwardi di Jakarta.

Setelah itu, peserta yang lolos SKD masih harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Materi SKB ini ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Suwardi mengatakan tidak seluruh peserta lolos passing grade yang bisa mengikuti SKB. Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi ini paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar. Dijelaskan bahwa SKB dilakukan menggunakan CAT dan dapat ditambah dengan tes lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan. Pelaksanaan CAT ini menggunakan fasilitas komputer dan penunjang lain yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).(Sah)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'