Sri Mulyani: Pegawai Hamil dan Melahirkan Layak Dapat Bonus

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 21 April 2017 14:45
Sri Mulyani: Pegawai Hamil dan Melahirkan Layak Dapat Bonus
Secara pendidikan dan kemampuan, wanita bisa mengimbangi pria. Namun usia karir mereka umumnya singkat.

Dream – Di dunia karier, wanita punya hak yang sama dengan pria untuk meniti karier. Wanita karier berhak mendapatkan apresiasi, kenaikan gaji, dan promosi kedudukan yang lebih tinggi.

Namun, ada satu hal yang menjadi tantangan utama wanita karier, keluarga.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, pada dasarnya, wanita lebih pintar secara akademis daripada pria. Jumlah lulusan pria dan wanita juga hampir sama.

Namun, ketika masuk dunia kerja, usia karier wanita bisa jadi lebih pendek daripada lelaki.

“ Lima tahun pertama, para wanita dapat bertahan, tapi ketika memasuki lima tahun berikutnya, perempuan harus menghadapi pilihan sulit antara keluarga atau melanjutkan karier,” kata Sri Mulyani ketika menjadi pembicara dalam acara “ GE Women’s Network Luncheon” di Jakarta, dikutip dari akun Instagramnya, @smindrawati, Jumat, 21 April 2017.

Dengan begitu, kata dia, semakin tinggi pilihan karier bagi seorang wanita akan semakin banyak pula yang memutuskan untuk berhenti bekerja.

Selain itu, Sri Mulyani juga juga meminta wanita karier untuk membangun komunitas dan jaringan sejak awal berkarier. Dengan jaringan yang kuat, peluang mereka dipromosikan pun semakin kuat.

“ Anda tidak bisa meminta kesetaraan untuk tingkat menengah dan tinggi, kecuali jika Anda benar-benar memiliki jaringan yang kuat sejak dari awal karier,” kata dia.

Mantan pejabat Bank Dunia ini pun juga menyinggung masalah kesetaraan gender. Menurt dia, kesetaraan ini sudah lebih baik sejak 10 tahun yang lalu. Contohnya, sudah ada tempat menyusui dan tempat penitipan anak di area perkantoran, seperti di Kementerian  Keuangan.

“ Hal ini sepertinya merupakan hal yang kecil, tapi sangat berarti. Perempuan yang bekerja tidak boleh disalahkan ketika mereka hamil dan melahirkan bayi, bahkan mereka layak mendapatkan bonus,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair