Tiga Jurus OJK Genjot Ekonomi Syariah

Reporter : Agung
Minggu, 14 Juni 2015 13:00
Tiga Jurus OJK Genjot Ekonomi Syariah
Tiga jurus tersebut akan menjadikan ekonomi syariah memberikan sumbangan meningkatkan ketahanan dan daya saing pasar keuangan Indonesia.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan tiga jurus untuk meningkatkan ekonomi syariah. Pertama, mewujudkan pasar modal (baik pada saham maupun pasar surat utang) sebagai sumber pembiayaan yang semakin penting bagi dunia usaha dengan kualitas infrastruktur dan regulasi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, OJK akan memperbesar akses bagi usaha kecil dan menengah pada sumber pembiayaan, baik perbankan, lembaga pembiayaan dan penjaminan, pasar modal, serta lembaga keuangan mikro.

" Terakhir, OJK bakal terus mendorong peningkatan basis investor ritel domestik," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad. Muliaman menyampaikan upaya OJK tersebut saat pembukaan Pasar Rakyat Syariah 2015 di Jakarta, Sabtu 13 Juni 2015.

" Ketiga hal tersebut dilaksanakan OJK secara simultan untuk sistem keuangan konvensional dan sistem keuangan syariah," kata Muliaman. Muliaman yakin, melalui tiga fokus tersebut ekonomi syariah akan memberikan sumbangan dalam meningkatkan ketahanan dan daya saing pasar keuangan Indonesia dalam menghadapi tantangan perekonomian nasional.

" Berdasar pada potensi benefit yang ditawarkan kepada masyarakat secara luas, OJK selaku otoritas sektor jasa keuangan terus menyempurnakan visi dan strategi kebijakan pengembangan sektor keuangan syariah, yang tertuang dalam Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019," pungkasnya.

Roadmap tersebut digadang-gadang akan jadi panduan arah pengembangan bisnis syariah yang berisi inisiatif strategis untuk mencapai sasaran pengembangan yang ditetapkan. (Kurnia)

Beri Komentar