Tingkatkan Penjualan `Online` dengan Jaringan Sosial

Reporter : Ramdania
Senin, 25 Mei 2015 08:00
Tingkatkan Penjualan `Online` dengan Jaringan Sosial
Maraknya bisnis `online` saat ini membuat semua orang memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya. Namun, bagaimana trik memenangkan persaingan?

Dream - Tahukah Anda jika 63 persen pembeli akan melakukan pembelian dari sebuah situs yang memiliki ulasan dari pembeli lainnya.

Tidak hanya itu, pembelian melalui situs yang memiliki fitur keamanan dapat meningkatkan penjualan sebesar 42 persen. Meski bukan hal yang mengejutkan, tapi kepercayaan adalah faktor yang sangat penting dalam pembelian seseorang sekarang.

Sebuah studi Harvard Business School menunjukkan semakin banyak bintang atau ulasan positif dari produk akan menyebabkan pendapatan meningkat 5-9 persen.

Berpedoman pada hal-hal tersebut di atas, berikut ini cara-cara yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan online, seperti dikutip dari Globe and Mail, Sabtu, 23 Mei 2015.

Testimonial dari Pembeli

Testimonial adalah bentuk yang paling mudah dari bukti sosial yang dapat ditambahkan ke situs Anda. Kita pasti berpikir bahwa produk dan layanan kita sudah bagus, tetapi pelanggan mungkin tidak langsung percaya kecuali mereka mendengarnya dari orang lain juga.

Itulah mengapa Anda harus menjangkau pelanggan dengan meminta mereka menulis testimonial singkat tentang produk dan jasa di toko online Anda.

Anda juga bisa memberikan produk dan jasa gratis ke jurnalis atau influencer dengan harapan mereka menulis ulasan yang jujur.

Karena testimonial ini bisa dipalsukan, Anda mungkin bisa menyertakan foto, nama asli, perusahaan dan pekerjaan si penulis testimonial untuk meningkatkan kredibilitas.

 Blog Tamu

Sebagian toko online biasanya memiliki blog khusus yang diisi oleh pengunjung. Para pengunjung ini kadang akan secara suka rela menulis ulasan produk dan jasa dari toko online Anda. Dengan demikian, blog mereka sangat berkontribusi pada pengenalan dan penjualan toko online Anda.

Kutipan atau Ringkasan

Kutipan atau ringkasan mulai populer saat ini karena mereka sering di-share. Anda bisa mencari orang yang piawai agar bisa memasukkan produk dan jasa ke dalam ringkasan atau kutipan mereka.

Ingat, Anda akan melakukan hubungan jangka panjang dengan mereka jadi berinteraksilah yang jujur di media sosial dengan mereka.

Melakukan Strategi Endorsement

Endorsement adalah salah satu strategi promosi yang cukup efektif agar seseorang mau mengajak atau mereferensikan orang untuk membeli produk atau jasa kita.

Orang sangat percaya kepada selebritas dan ahli. Merekrut mereka untuk mempromosikan produk dan jasa sangat membantu penjualan Anda.

Menyelenggarakan Seminar dan Wawancara Online

Cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengasosiasikan diri dengan merek-merek dan ahli terkenal, dan menyelenggarakan seminar dan wawancara online bersama mereka. Cari perusahaan dengan reputasi tinggi yang memiliki tipe pelanggan yang sama dengan toko online Anda.

Dengan merangkul mereka, akan menguntungkan bisnis Anda. Anda dan mereka bisa saling berpromosi. Namun strategi ini bukan untuk perusahaan yang baru mulai, karena Anda akan kalah.

Membuat Studi Kasus

Meski testimonial bisa diandalkan, Anda bisa masuk lebih dalam mempengaruhi pembeli dengan membuat studi kasus. Hal ini akan membuat pembeli semakin percaya dengan produk dan jasa yang ditawarkan toko online Anda.

Jumlah Share dan Follower

Kadang untuk menyakinkan pembeli, toko Anda harus memperlihatkan jumlah share, like, dan follower dalam jumlah fantastis. (Ism)

Beri Komentar