Tips Berburu Tiket Pesawat Murah, Bisa Hemat Ongkos

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 13 Juli 2019 13:00
Tips Berburu Tiket Pesawat Murah, Bisa Hemat Ongkos
Setidaknya, kamu bisa membuat dompetmu `bernapas`.

Dream – Pemerintah dan maskapai penerbangan telah bersepakat menurunkan harga tiket pesawat. Namun, tarif diskon itu disertai dengan serentetan syarat dan ketentuan.

Tiket diskonan ini hanya dijual untuk penerbangan low cost carier alias penerbangan berbiaya rendah. Itupun hanya berlaku utuk hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sudah begitu, jam berlakunya pun terbatas, hanya selama pukul sepuluh hingga dua siang.

Perlu dicatat pula, ternyata tidak semua kursi harganya didiskon. Jumlah kursi yang disediakan hanyalah 30 persen dari total kursi yang disediakan oleh Citilink dan Lion Air.

Tapi buat kamu yang tertarik dengan potongan harga ini, bisa memanfaatkannya. Berikut ini cara mendapatkan tiket diskonan, sebagaimana dikutip dari CekAja:

1 dari 6 halaman

Beli Jauh-jauh Hari dan Jangan Bawa Terlalu Banyak

Beli Jauh-jauh Hari

Karena terbatas, lebih baik memesan tiket liburan jauh-jauh hari. Untuk itu, kamu bisa memastikan jadwal kepergian dan tak berubah.

Setelah memilih waktu keberangkatan yang tepat, kamu bisa langsung membayar tiket pesawat murah yang sudah dipesan.

Jangan Berlebihan Membawa Barang

Kalau sering bepergian, pasti sudah paham aturan main ini. Sejak tahun lalu, maskapai penerbangan murah mengenakan biaya tambahan bagi penumpang yang membawa barang melebihi ketentuan.

2 dari 6 halaman

Cek Harga Termurah dan Pesan Jam 11 Siang

Cek harga termurah Citilink atau Lion Air

Karena baru ada dua maskapai yang berpartisipasi dalam kebijakan harga tiket pesawat murah, kamu bisa membandingkan harga tiket Citilink dan Lion Air pada hari dan jam yang kamu inginkan sebelum membeli. Lumayan, kan?

Pesan Jam 11 Siang

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan agen perjalanan wisata, maskapai penerbangan melakukan seat control setiap pukul 11.00. Maskapai akan membatalkan reservasi tiket yang sudah dipesan, tapi tidak dibayar.

3 dari 6 halaman

Manfaatkan Promo Online Travel Agent (OTA) atau Kartu Kredit

Jika harga yang terpampang pada situs Citilink dan Lion Air masih mahal, tidak ada salahnya membeli tiket tersebut lewat online travel agent (OTA). Agen travel ini rajin memberikan promo tambahan untuk setiap pembelian tiket melalui mereka. 

Kamu juga bisa berhemat dengan kartu kredit. Bank penerbit kartu biasanya memiliki promo pembelian tiket yang bisa membuat harga tiket lebih murah.

4 dari 6 halaman

Mulai Hari Ini, Tiket Pesawat Didiskon 50%

Dream – Mulai hari ini, Kamis 11 Juli 2019, harga tiket pesawat akan didiskon hingga 50 persen. Sahabat Dream bisa menikmati tiket murah setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Tentu saja harga murah ini bisa membuatmu lebih berhemat untuk urusan tiket pesawat.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, mengatakan, maskapai penerbangan murah (low cost carrier/LCC) sepakat menyediakan 30 persen alokasi kursi untuk tiket pesawat yang telah diturunkan harganya.

Besar penurunan harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari tarif batas atas. Diskon ini baru bisa dimulai pada 11 Juli karena sistem penjualan tiket memerlukan waktu dua hingga tiga hari untuk penyesuaian. 

 

" Kenapa (tanggal 11)? Karena untuk penyesuaian di sistem memerlukan kurang lebih dua sampai tiga hari. Karena besok Selasa dan pemberlakuannya adalah di Selasa, Kamis, dan Sabtu, akan efektif berlaku sejak hari Kamis tanggal 11 Juli 2019," kata Susiwijono di Jakarta.

Citilink sepakat menjual tiket penerbangan murah untuk 63 penerbangan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Penjualannnya berlaku pada pukul 10.00—14.00. Ada 3.348 kursi yang disediakan oleh anak usaha PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) itu.

Sementara itu, Lion Air Group menyediakan 146 penerbangan per hari untuk tiket murah pada jam-jam yang telah diatur pemerintah. Ada 8.278 kursi yang disediakan oleh maskapai berlogo singa terbang itu.

“ Ada 63 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah, dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," kata Susiwijono.

Jadi, kamu sudah bersiap berburu tiket murah?

5 dari 6 halaman

Per 11 Juli, Tiket Pesawat Murah Berlaku Selasa, Kamis, Sabtu

Dream – Penurunan harga tiket pesawat mulai berlaku per Kamis 11 Juli 2019. Penjualan tiket murah berlaku setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Dikutip dari Merdeka.com, Selasa 9 Juli 2019, hal itu disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono.

Menurut Susiwijono, maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) nasional telah menyepakati penyediaan 30 persen alokasi kursi, untuk tiket pesawat yang telah diturunkan harganya. Besaran penurunan harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari tarif batas atas.

 

 

" Kenapa (tanggal 11)? Karena untuk penyesuaian di sistem memerlukan kurang lebih 2 sampai 3 hari. Karena besok Selasa dan pemberlakuannya adalah di Selasa Kamis dan Sabtu, akan efektif berlaku sejak hari Kamis tanggal 11 Juli 2019," kata Susiwijono di Jakarta.

Menurutnya, maskapai Citilink sepakat menjual tiket penerbangan murah sebanyak 63 penerbangan setiap harinya pada Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00 dengan menyiapkan 3.348 kursi.

6 dari 6 halaman

Berapa Kursi yang Disediakan Lion Air Group?

Maskapai Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi.

Adapun secara total kursi yang disediakan kedua maskapai dalam sehari yakni sebanyak 11.626 kursi.

 Enam Rute Penerbangan Baru Lion Air di Solo Resmi Beroperasi

" Jadi rekan-rekan sekalian ada 62 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah, dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," kata dia.

Meski begitu, pemerintah dan maskapai sendiri belum bisa memutuskan untuk rute-rute penerbangan mana saja yang akan dilakukan penyesuaian tarif itu.

Informasi mengenai rute penerbangan akan disampaikan kembali dalam rapat koordinasi lanjutan pada hari Kamis mendatang, lanjut Susiwijono.

" Pertanyaannya rute flight mana saja, itu nanti akan kita jelaskan 62 flight itu mana saja, begitu juga Lion, itu akan kami rinci detail sebelum hari kamis pemberlakuannya," kata dia.

 Citilink Buka Rute Baru ke Aceh

Susiwijono menambahkan, kebijakan ini nantinya akan dilakukan pengawasan secara bersama-sama oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Ketiganya secara bersama-sama akan memonitoring dan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

" Untuk mengawal pelaksanaan kebijakan (tiket pesawat) ini di dalam pelaksanaannya nanti kita sepakat secara periodik akan dilakukan rapat monitoring dan evaluasi," kata dia. (ism)

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa