10 Sinyal Bahaya yang Dikeluarkan oleh Kuku

Reporter : Puri Yuanita
Sabtu, 5 Desember 2015 12:00
10 Sinyal Bahaya yang Dikeluarkan oleh Kuku
Kondisi kuku dapat menunjukkan tingkat kesehatan kita.

Dream - Allah SWT merancang tubuh manusia dengan sangat sempurna. Bahkan ketika tubuh mengalami gangguan, organ-organ ini akan memberikan pesan yang salah satunya muncul melalui kondisi kuku.

Jadi, kondisi kuku dapat menunjukkan tingkat kesehatan kita. Berikut adalah beberapa perubahan halus pada kuku yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan kita.

1. Kuku bergaris merah atau cokelat

Garis-garis berwarna merah atau cokelat di bawah kuku ini dikarenakan adanya perdarahan. Hal ini menandakan adanya psoriasis, lupus atau bahkan penyakit jantung.

2. Garis Beau

Merupakan lekukan segaris di kuku. Lekukan dapat muncul apabila pertumbuhan di daerah kutikula diganggu oleh cedera atau trauma penyakit tertentu. Kondisi yang dikaitkan dengan Garis Beau mencakup diabetes, gondok atau campak. Garis Beau juga bisa jadi tanda tubuh kekurangan zink.

3. Kuku berwarna kuning

Hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah penyakit hati atau penyakit kuning. Juga kemungkinan disfungsi paru-paru, yang berarti limbah metabolit tidak dicuci dan keluar dari sistem pembuangan secara efektif.

4. Jari menggelembung

Ini terjadi ketika ujung jari membesar dan kuku melengkung di sekitar ujung jari. Jari menggelembung merupakan akibat rendahnya oksigen dalam darah dan bisa jadi tanda dari penyakit paru-paru (asbestosis). Kondisi jari ini juga terkait dengan penyakit radang usus, penyakit jantung, penyakit hati, dan AIDS.

5. Kuku sendok

Kuku sendok atau spoon nails adalah kondisi kuku yang berbentuk cekung, yang kadang cukup dalam sehingga bisa menampung air. Seringkali ini adalah tanda anemia (kekurangan zat besi) atau penyakit hati (hemokromatosis).

6. Kuku dengan garis hitam

Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit melanoma atau salah satu jenis kanker kulit yang membahayakan.

7. Kukuh rapuh

Menunjukkan kuku terekspos bahan kimia yang terkandung dalam deterjen atau poles kuku. Kuku rapuh juga bisa disebabkan akibat infeksi jamur atau gangguan pada kelenjar tiroid.

8. Kuku penyok atau berlekuk

Lekukan pada kuku umumnya dapat ditemui pada pengidap psoriasis, radang sendi, dan kebotakan. Psoriasis adalah penyakit yang menyebabkan kulit menjadi kering, memerah, dan mengalami iritasi.

9. Kuku tebal

Kuku bisa menjadi luar biasa tebal karena infeksi jamur yang di bawah kuku atau kulit di sekitarnya.

10. Kuku putih

Biasa jga disebut Garis Muehrcke, yang menunjukkan tingkat protein yang rendah dalam tubuh dengan penyakit hati atau ginjal.

(Sumber: http://www.wittyfeed.com/)

Beri Komentar