20 Jenis Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Dijamin Efektif

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 27 September 2019 17:12
20 Jenis Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Dijamin Efektif
Merasa badan terlalu kurus dan jauh dari berat badan normal?

Dream - Masalah berat badan tidak hanya dialami orang gemuk, namun juga mereka yang memiliki tubuh terlaku kurus. Berat badan yang tidak ideal berdampak pada tubuh.

Meningkatkan berat badan tidak melulu dengan banyak makan. Orang bertubuh kurus juga perlu diet agar beratnya bisa bertambah mencapai ideal. 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan tepat. Jangan lupa, tetap harus berolahraga agar lemak bisa meningkatkan massa otot. 

Untuk makanan, Sahabat Dream perlu memprioritaskan makanan tertentu. Tidak hanya sayur dan buah, namun juga makanan dengan kadar karbohidrat dan protein yang sesuai. 

Berikut 20 makanan sehat yang efekif dikonsumsi untuk menambah berat badan. Asyiknya lagi, makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari.

1 dari 6 halaman

Smoothies Berprotein

Smoothie Cokelat Pisang Kacang

Smoothie jadi pilihan tepat untuk menambah berat badan. Tak hanya rasanya yang enak, smoothie mudah dibuat. Salah satu smoothie yang tepat untuk menambah berat badan yaitu campuran pisang, cokelat, dan kacang.  

Smoothie Vanilla Berry

Selain smoothie pisang di atas, kita bisa membuat smoothie vanilla berry. Caranya, campurkan 1 gelas es batu, 1 cangkir yogurt dan 1 sendok vanilla bubuk. Haluskan semua bahan menggunakan blender, lalu tuangkan ke dalam gelas.

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay

Smoothie Caramel Apple

Caramel dan apel juga bisa dicampur menjadi smoothie yang lezat dan efektif membuat tubuh berat. Caranya, blender 1 buah apel yang sudah diiris, ditambah yogurt dan caramel bebas gula. Setelah itu, sajikan dalam gelas.

Smoothie Sayuran Hijau

Smoothie selanjutnya terbuat dari sayuran hijau yang kaya protein, misalnya bayam. Campurkan bayam, yogurt dan alpukat. Lalu blender semua bahan hingga lembut dan sajikan dalam gelas. Smoothie hijau siap untuk nikmati.

2 dari 6 halaman

Produk Susu Harian

Susu

Bukan rahasia lagi, susu ampuh menambah berat badan dan membangun massa otot. Apalagi susu berprotein tinggi.

Kandungan karbohidrat, protein dan lemak baiknya jadi sumber kalsium. Ditambah dengan vitamin dan mineral, dijamin berat badan akan meningkat.

Konsumsi susu secara rutin, terutama sebelum dan sesudah berolahraga.

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay

Yogurt

Produk harian susu lainnya yang ampuh menambah berat badan adalah yogurt tinggi lemak. Kita bisa mengonsumsi langsung yogurt sebagai camilan atau dengan mencampurnya ke dalam smoothies dan salad.

Keju

Keju mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot. Ditambah dengan protein dan lemak sehatnya, dijamin badan jadi lebih berisi dari sebelumnya.

3 dari 6 halaman

Makanan Berat

Nasi

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay

Kandungan karbohidrat dalam nasi sangat tinggi. Nilai kalorinya juga cukup banyak, dalam 1 mangkok nasi saja terdapat 190 kalori.

Dengan dua kandungan ini, konsumsi nasi secara rutin dapat meningkatkan berat badan. Baiknya lagi, serat dalam nasi juga baik untuk pencernaan, lho.

Daging Merah

Daging merah seperti domba, ayam, dan sapi mengandung lemak sehat dan tinggi protein. Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan massa otot. Bertambahnya massa otot meningkatkan berat badan dengan sendirinya.

Kentang

Makanan sehat selanjutnya adalah kentang. Kentang mengandung karbo yang cukup tinggi, hampir setara dengan nasi. Kandungan ini baik untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot.

4 dari 6 halaman

Makanan Tambahan

Butter Nuts

Kacang-kacangan umumnya dikonsumsi sebagai camilan. Makanan tambahan ini bisa diolah menjadi butter atau selai sehat yang bisa menambah berat badan. Salah satu jenis kacang yang cocok untuk dijadikan butter adalah almond.

Minyak Salmon

Ikan salmon terkenal memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Ternyata, masih banyak lagi manfaat ikan salmon, salah satunya menambah berat badan. Bila tidak suka mengonsumsi dagingnya, Sahabat Dream bisa menggantinya dalam bentuk minyak ikan alami.

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay


Suplemen Berprotein

Kunci utama menambah berat badan dan meningkatkan massa otot adalah protein. Untuk menunjang segala jenis makanan yang dimakan, konsumsi suplemen berprotein sangat dianjurkan.

5 dari 6 halaman

Telur dan Buah Kering

Telur Utuh

Telur disebut sebagai makanan terbaik untuk meningkatkan massa otot. Di dalam telur terdapat kombinasi antara protein dan lemak baik yang tinggi. Tak heran kalau telur sangat cocok untuk menambah berat badan. Kita bisa mengonsumsi telur dengan digoreng atau dikukus, bisa disesuaikan selera.

Buah Kering

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay


Buah segar memang mengandung banyak vitamin dan nutrisi lain untuk kesehatan. Tapi, konsumsi buah kering ternyata juga bermanfaat.

Tak hanya jadi camilan saja. kandungan antioksiden dan mikronutrisi dalam buah kering bermanfaat untuk meningkatkan berat badan dan massa otot.

Roti Gandum

Tidak semua roti baik untuk meningkatkan berat badan. Roti yang efektif untuk meningkatkan massa otot adalah roti gandum dengan kalori yang tinggi. Tak hanya ampuh menambah angka timbangan, roti gandum juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan aliran darah dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Lemak Alami

Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak yang tinggi. Kandungan lemak di dalamnya sangat baik untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot tubuh.

Sereal

 Cara Menambah Berat Badan© Pixabay


Sereal biasa dikonsumsi saat sarapan dengan dicampur susu. Kombinasi keduanya sempurna untuk menambah berat badan. Pilih sereal sehat yang terbuat dari oats, granola atau bran. Campur dengan susu atau yogurt, dijamin efektif bikin berat badan naik bila dikonsumsi rutin.

Snack Sereal

Saat ini, ada banyak jenis camilan sehat dalam kemasan yang dijual di toko-toko. Camilan ini bisa dikonsumsi untuk menambah berat badan, lho. Snack sereal juga bisa menggantikan camilan kurang sehat lain.

Dark Chocolate

Siapa yang tak suka cokelat? Tidak hanya lezat, cokelat punya kandungan yang bermanfaat menambah berat badan. Jenis cokelat yang cocok untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot adalah dark chocolate. Sahabat Dream bisa mengonsumsinya langsung sebagai camilan atau bisa menambahkannya ke dalam minuman.

Sumber: Healthline

Beri Komentar