6 Manfaat Kemangi untuk Pria yang Perlu Dicoba, Jaga Kesehatan dan Kesuburan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 21 Januari 2022 13:12
6 Manfaat Kemangi untuk Pria yang Perlu Dicoba, Jaga Kesehatan dan Kesuburan
Manfaat kemangi sangat bagus untuk kesuburan pria.

Dream – Tak hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga mengandung khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kemangi atau Ocimum citriodorum mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat kemangi diperoleh karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Per dua sendok daun kemangi segar yang sudah dipotong-potong mengandung sekitar 27 persen vitamin K dari total kebutuhan konsumsi harian.

Dilansir dari SehatQ, per 100 gram daun kemangi mengandung banyak nutrisi lainnya seperti energi 22 Kkal, serat 1,6 gram, protein 3,15 gram, vitamin B6 0,155 mikrogram, vitamin C 18 miligram, vitamin E 0,80 gram, kalsium 177 miligram, zat besi 3,17 miligram, fosfor 56 miligram, kalium 295 miligram, zinc 0,81 miligram, karbohidrat 2,65 gram, lemak 0,64 gram, air 92,06 gram, dan folat 68 mikrogram.

Tak hanya itu, manfaat kemangi semakin terlihat dengan kandungan antibakteri, antimikroba, sampai dengan antiinflamasi. Bahkan manfaat daun kemangi juga bagus untuk kesuburan pria. Penasaran apa saja manfaat kemangi? Berikut penjelasan selengkapnya, dilansir Dream dari berbagai sumber. 

1 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kualitas di Ranjang

Manfaat kemangi untuk pria yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan gairah seksual. Tumbuhan berdaun kecil ini biasanya dimakan sebagai lalapan. Aroma daun kemangi sangat khas.

Tak hanya nikmat sebagai lalapan ayam dan sambal, daun kemangi menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menggugah gairah seksual para pria.

Hal ini lantaran ada kandungan zat afrodisiak di dalam daun kemangi. Zat inilah yang dapat meningkatkan libido dan dorongan seks.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat kemangi untuk pria yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan sperma. Sperma yang sehat tentu akan meningkatkan kesuburan pada pria. Kemangi termasuk agen afrodisiak yang dapat meningkatkan dorongan seksual.

Tak hanya itu, senyawa arginin pada kemangi berfungsi memperpanjang masa hidup sperma. Penelitian membuktikan jika Sahabat Dream rutin mengonsumsi daun kemangi diklaim bisa mencegah kemandulan.

Hal ini membuktikan manfaat kemangi tak hanya meningkatkan gairah seksual, namun juga berkhasiat menjaga kesehatan dan pertumbuhan sperma. Sebab sperma yang lemah biasanya tak mampu berenang menuju rahim untuk proses pembuahan sel telur. Sementara bagi wanita, daun kemangi bermanfaat untuk menambah jumlah ASI setelah melahirkan.

3 dari 6 halaman

3. Menjaga Kesehatan Mr. P

Ilustrasi© Freepik.com

Konon daun kemangi juga bisa dijadikan alternatif untuk memperbesar alat vital pada pria. Benarkah demikian?

Ternyata manfaat kemangi untuk pria tidak untuk memperbesar alat vital, tetapi hanya berpotensi membantu menjaga ereksi pada Mr. P.

Berdasarkan penelitian dari Comparative Clinical Pathology, daun kemangi mengandung senyawa fenolik eugenol yang berpotensi merangsang ereksi. Namun, penelitian ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya secara pasti.

4 dari 6 halaman

4. Mengurangi Peradangan

Selain untuk mengatasi kesuburan pria, manfaat kemangi untuk kesehatan masih sangat banyak. Daun kemangi yang diolah dan diambil ekstraknya dinilai efektif membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, mengoleskan ekstrak daun kemangi bisa membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam setelah penggunaan. Manfaat ini didapatkan darikandungan beta-caryophyllene yang berfungsi sebagai agen antiinflamasi.

5 dari 6 halaman

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Menurut buku Healing Foods karangan DK Publishing, manfaat kemangi dipercaya bisa memperlancar sistem pencernaan secara optimal. Bahkan juga bisa memperkuat sistem saraf serta bisa menjadi obat yang baik untuk sakit kepala dan insomnia.

Kandungan eugenol pada daun kemangi akan memastikan adanya tindakan anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi juga berfungsi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat kemangi untuk pria yang selanjutnya adalah bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Penurunan kognitif menjadi masalah besar bagi para lansia. Untuk mencegahnya, kita bisa memulai rutin mengonsumsi daun kemangi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daun kemangi bisa mencegah degradasi kognitif.

Manfaat kemangi juga diperoleh dari kandungan mineralnya seperti mangan, yang bisa meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini berkaitan dengan refleks mental. Kemangi juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran hingga meningkatkan fungsinya.

Itulah beberapa manfaat kemangi untuk pria yang perlu dicoba. Sebenarnya tak hanya baik untuk pria, manfaat kemangi juga baik untuk para wanita. Dua di antaranya adalah bisa menjaga kesehatan reproduksi dan merangsang pematangan sel telur. 

Beri Komentar