95% Masyarakat Indonesia Kekurangan Serat dan Kebanyakan Makan Lemak

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 10 September 2021 11:36
95% Masyarakat Indonesia Kekurangan Serat dan Kebanyakan Makan Lemak
Dampak dari kurangnya serat sangat berbahaya mulai dari gangguan pencernaan hingga kanker usus

Dream - Pola makan yang seimbang menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Protein, karbohidrat, vitamin dan serat harus dipenuhi sesuai kebutuhan tubuh.

Namun faktanya masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih suka mengonsumsi makanan mengandung lemak dan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Kebanyakan mereka memenuhi kebutuhan vitamin dan serat dalam jumlah yang minim.

Fibe Mini© Istimewa

“ Berdasarkan data Riskesdas, 95% orang Indonesia kekurangan konsumsi serat. Setiap harinya mereka hanya konsumsi sekitar 27%, dan lebih banyak makanan berlemak,” jelas Head of Marketing Supplement PT Amerta Indah Otsuka Stephanie Lisman, pada konferensi peluncuran Fibe Mini, 9 September 2021.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian agar masyarakat mengubah pola hidup yang lebih sehat. Karena dampak dari kurangnya serat sangat berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari gangguan pencernaan, naik berat badan, risiko diabetes, gula darah gak stabil, berat badan naik, hipertensi, hingga risiko kanker usus.

1 dari 3 halaman

Cara Penuhi Kebutuhan Serat

Setiap usia memiliki kebutuhan serat harian yang berbeda. Anak-anak membutuhkan asupan serat sekitar 11-23 gram per hari, lalu wanita dewasa sekitar 20-23 gram per hari dan pria dewasa sekitar 22-37 gram per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan serat harian tersebut, pilihlah makanan yang sehat dengan porsi sayur setengah piring makanan.

Dr Marya© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Caranya yang paling mudah lihat porsi makanan di piring. Kalau setiap makan sayur dan buah harus setengah piring makan. Dan sisanya diisi karbohidrat dan protein,” jelas dr Marya Haryono, MGizi, Clinical Nutrition Physician pada kesempatan yang sama.

2 dari 3 halaman

Asupan Serat yang Praktis

Gaya hidup yang dinamis dan bergerak cepat membuat masyarakat menginginkan segala sesuatunya serba cepat dan praktis.

Sejalan dengan hal ini Fibe Mini hadir mendukung tren hidup sehat dengan menanamkan kebiasaan mengonsumsi serat harian yang cukup demi kesehatan pencernaan dan tubuh secara menyeluruh.

Fibe Mini memiliki fungsi utama untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian, guna menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya kandungan serat yang tinggi 6000mg (6gr) di setiap kemasannya, Fibe Mini juga memberikan rasa yang enak dan menyegarkan, juga kemudahan untuk memenuhi kebutuhan serat harian dengan cara yang praktis, siap saji langsung minum.

Fibe Mini© Istimewa

Patricia Gouw yang telah mencoba minuman Fiber ini mengaku bahwa sebelumnya dia sering mengalami pencernaan yang kurang lancar. Hal ini karena pola makan yang kurang seimbang diiringi konsumsi makanan cepat saji.

" Makan fast food juga jadi pencernaan menjadi kurang lancar, akhirnya aku coba minum Fibe Mini ini setiap hari, pencernaan menjadi lebih lancar dan bada menjadi terasa jauh lebih ringan. Pencernaan lancar bikin mood aku senang seharian,” jelas Patricia Gouw pada kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Jangan Diabaikan, Ini Manfaat Serat

Manfaat serat bagi tubuh manusia sangat penting diantaranya dapat membantu menjaga proses pencernaan yang baik, membantu kendalikan kadar gula darah, memberikan rasa kenyang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Hal ini secara tidak langsung menjaga fungsi jantung yang sehat.

Dr Marya© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Serat yang cukup juga akan membantu kerja bakteri baik Jika dikonsumsi rutin sebagai bagian dari asupan nutrisi sehari-hari, maka serat juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar,” tambah dr Marya.

Namun, sayangnya konsumsi serat sebagian orang belum terpenuhi sesuai yang dianjurkan sesuai kebutuhan harian. Jadi, usahakan penuhi kebutuhan serat mulai hari ini ya, Sahabat Dream.

Beri Komentar