11 Manfaat Kesehatan Jika Buka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Reporter : Arini Saadah
Senin, 11 Mei 2020 17:12
11 Manfaat Kesehatan Jika Buka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau
Buka puasa dengan kacang hijau, selain nikmat dan lezat, kamu juga bakalan mendapatkan segudang manfaatnya.

Dream – Menu buka puasa tak hanya selalu diisi kolak pisang atau biji salak. Kamu juga juga bisa menyiapkan olahan kacang hijau sebagai salah satu bahan untuk menu pilihan berbuka. Kacang hijau yang diolah menjadi bubur yang sehat untuk tubuh kaya akan akan kandungan karbohidrat dan protein. Zat ini bagus untuk kesehatan tubuhmu selama menjalani puasa Ramadhan.

Kacang hijau mengandung serat alami yang berfungsi menstabilkan gula darah dan menyehatkan pencernaan. Selain itu kacang hijau juga mengandung antioksidan dan rendah lemak. Banyak vitamin yang terkandung di dalam kacang hijau ini.

Buka puasa dengan kacang hijau, selain nikmat dan lezat, kamu juga bakalan mendapatkan segudang manfaatnya. Dilansir dari Dokter Sehat, inilah 11 manfaat kacang hijau bagi kesehatan jika kamu mengonsumsinya saat buka puasa.

1 dari 11 halaman

Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Beragam manfaat akan kamu dapatkan jika berbuka dengan bubur kacang hijau. Kacang hijau dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat yang tinggi di dalam kacang hijau bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan pencernaan.

2 dari 11 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kacang hijau yang kamu konsumsi saat buka puasa itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kacang hijau mengandung magnesium yang dapat menurunkan risiko osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta membentuk sel-sel tulang.

3 dari 11 halaman

Cocok untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi© doktersehat

Manfaat bubur kacang hijau selanjutnya adalah sebagai makanan yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan magnesium dalam kacang hijau berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat kacang hijau juga baik untuk kesehatan organ jantung dan menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga sekaligus menurunkan kadar gula darah.

4 dari 11 halaman

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi di dalam kacang hijau bagus sebagai makanan pengganti daging. Kandungan lemak jagaht dalam kacang hijau lebih rendah daripada kandungan kolesterol pada daging.

Tau sendiri kan, protein sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan menunjang keberadaan sel tubuh. Jika kamu kekurangan protein bisa menyebabkan rambut rontok, peyakit kwashiorkor dan busung lapar.

5 dari 11 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kacang hijau mengandung protein dan zinc yang bermanfaat menjaga kesehatan kuku dan juga rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga membantu kamu meremajakan kulit karena kandungan phytoestrogen yang fungsinya membantu produksi kolagen dan menjaga kelembapan kulit dan mencegah penuaan dini.

6 dari 11 halaman

Mengatasi Sembelit

Ilustrasi© Pixabay

Saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menajdi glukosa yang berfungsi sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa ini akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Mengonsumsi karbohidrat yang kaya serat, akan sangat baik untuk menurunkan risiko sembelit atau konstipasi serta baik untuk kesehatan usus.

7 dari 11 halaman

Menjaga Kesehatan Janin

Kacang hijau mengandung asam folat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil atau wanita yang merencanakan kehamilan. Biji-bijian dapat mencegah kelahiran secara prematur, keguguran, atau kelahiran bayi dengan berat badan rendah, hingga mencegah kerusakan saraf pada janin.

Kacang hijau juga membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta. Selain itu, khasiat kacang hijau yang bisa didapatkan karena kandungan thiamin di dalamnya. Thiamin atau dikenal dengan vitamin B1 mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Fungsi thiamin juga berguna untuk membantu perkembangan otak bayi.

8 dari 11 halaman

Menjaga Berat Badan Ideal

Jika kamu sedang menjalankan diet, maka kacang hijau adalah makanan yang cocok untuk mengontrol nafsu makanmu. Nafsu makan yang terkendali disebabkan karena kandungan serat dan protein dalam kacang hijau membuat kenyang lebih lama dan lebih cepat.

9 dari 11 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi© Pixabay

Serat yang tinggi di dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan. Manfaat kacang hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Hal ini berkaitan denan sifat anti radang dan anti oksidan di dalam kacang hijau.

10 dari 11 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buka puasa dengan bubur kacang hijau, akan membuat sistem kekebalan tubuh kamu semakin meningkat. Hal ini karena kacang hijau mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti-inflamasi dan anti-mikroba untuk melawan virus serta bakteri yang masuk ke tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh kamu akan kuat dan tahan terhadap serangan penyakit.

11 dari 11 halaman

Atasi Anemia

3 Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Mudah dan Praktis© shutterstock

Anemia adalah jenis penyakit dimana kondisi tubuh kehilangan banyak sel darah merah. Penyakit ini berbahaya apabila tidak segera ditangani. Anemia akan membuat sel darah merah berkurang. Padahal sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi di dalam kacang hijau yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah anemia, atau cocok dikonsumsi bagi penderita anemia. Zat besi ini berfungsi membantu pembentukan sel darah merah.

Manfaat kacang hijau yang kamu konsumsi ketika buka pausa ini akan sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu. Karena manfaatnya yang beragam ini berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. 

Perlu diketahui, kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang lengkap, namun kandungan vitamin utamanya adalah asam folat dan vitamin A. Sedangkan mineral yang cukup tinggi pada kacang hijau adalah kalium dan kalsium.

Tunggu apalagi Sahabat Dream, siapkan menu buka puasamu dengan bahan dasar kacang hijau. Menu yang paling populer dan mudah dibuat adalah bubur kacang hijau. Bisa kamu sajikan hangat, atau bisa juga dingin dengan menambahkan es batu.

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ya, Sahabat!

Beri Komentar