7 Cara Mempercepat Haid Selesai, Secara Aman dan Alami, Tanpa Efek Samping

Reporter : Sugiono
Rabu, 23 Januari 2019 07:15
7 Cara Mempercepat Haid Selesai, Secara Aman dan Alami, Tanpa Efek Samping
Panduan cara mempercepat haid selesai, secara aman dan alami ini sangat cocok bagi wanita yang aktif dan sibuk. Ketahui juga cara mempercepat haid yang terlambat secara aman tanpa efek samping.

Dream - Haid atau menstruasi pasti akan dialami oleh setiap perempuan, sejak masa pubertas hingga datangnya masa menopause.

Lama haid pada perempuan saat mengalami pendarahan kira-kira dua hingga tujuh hari. Tapi kadang ada juga yang lebih dari itu.

Siklus haid pada perempuan ini terjadi paling tidak sekali dalam sebulan. Namun haid atau datang bulan ini kadang muncul secara tidak terduga.

Kadang ada perempuan yang mengalami datang bulan di saat yang tidak tepat. Misalnya, saat sedang bekerja di kantor atau berwisata. Haid tidak teratur ini tentu saja sangat menyebalkan dan sangat mengganggu.

Selain haid yang datang tiba-tiba, ada juga perempuan yang terlambat datang bulan. Siklus haid yang normal umumnya adalah 28-35 hari.

Tapi nyatanya hal ini tidak terjadi pada semua perempuan. Ada yang mengalami haid tidak lancar.

Kadang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Artinya perempuan tersebut telat haid.

Masalah haid yang datang tiba-tiba dan telat haid ini dialami hampir semua perempuan. Menstruasi yang datang seringkali dibarengi dengan rasa kram yang tidak nyaman, sakit kepala, hingga mudah lelah.

Karena efek tersebut, banyak yang bingung bagaimana cara mempercepat haid selesai, secara aman dan alami. Namun ada juga yang ingin tahu cara mempercepat haid yang terlambat.

Nah, dirangkum Dream dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara mempercepat haid selesai yang bisa dicoba di rumah.

Setelah itu, Sahabat Dream juga bisa membaca tentang cara mempercepat haid yang terlambat secara aman tanpa efek samping.

Cara Mempercepat Haid Selesai, Secara Aman dan Alami

Tujuh cara mempercepat haid selesai secara aman dan alami ini sangat cocok bagi wanita yang aktif dan sibuk. Cara mempercepat haid selesai ini ada yang secara medis maupun alami.

Cara ini ditempuh agar proses peluruhan rahim atau haid bisa cepat selesai. Namun jangan terlalu sering melakukan cara mempercepat haid ini agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya.

Inilah 7 cara mempercepat haid selesai secara aman yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi baik suntik, spiral, dan yang diminum merupakan cara efektif untuk mempercepat masa haid. Namun, sebelum melakukannya, Sahabat Dream wajib untuk berkonsultasi ke dokter tentang jenis alat kontrasepsi yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, jangan menggunakan cara mempercepat haid selesai dengan alat kontrasepsi untuk jangka waktu yang panjang karena memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh.

2. Menggunakan Obat

Ada beberapa jenis obat yang bisa diminum untuk mempercepat masa haid. Salah satunya adalah obat table asam traneksamat yang menginduksi pembekuan darah di rahim sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat haid.

Mminum obat anti-inflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen juga menjadi cara mempercepat haid selesai secara aman. Obat-obatan tersebut merupakan obat penghilang rasa sakit yang bisa dikonsumsi untuk mempercepat haid.

3. Menggunakan Menstrual Cup

Bagi yang bepergian atau sedang hendak berenang, bisa menggunakan menstrual cup untuk menghentikan haid. Sebenarnya bukan menghentikan namun mencegah darah mengalir keluar dari vagina.

Cara kerja alat ini adalah dengan menampung darah haid. Alat ini bisa dipakai hingga 12 jam dan bisa digunakan kembali selama haid.

4. Tidak Menggunakan Tampon

Sebaiknya tidak menggunakan tampon selama masa haid. Menggunakan tampon malah memperpanjang masa haid. Lebih baik gunakan pembalut daripada tampon. Cara memperpanjang haid selesai dengan tidak menggunakan tampon sangat dianjurkan.

5. Minum Cuka Apel

Cuka memang tidak bisa benar-benar menghentikan haid secara efektif, namun bisa digunakan untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid. Hal ini dikarenakan sensasi atau rasa asam dari cuka.

Cara mempercepat haid selesai dengan minum cuka apel:

1. Siapkan 1 gelas air dan 2 sdm cuka apel
2. Campur dan aduk kedua bahan, kemudian diminum.

6. Minum Perasan Lemon

Seperti halnya dengan cuka, asam jeruk lemon akan mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid selesai.

Cara mempercepat haid selesai dengan minum lemon:

1. Potong 1 buah jeruk lemon, dan peras airnya.
2. Minum air perasan lemon tersebut.

7. Melalui Operasi

Cara mempercepat haid selesai secara medis adalah melalui operasi. Cara ini ditempuh jika mengalami haid hingga lebih dari 1 minggu bahkan berminggu-minggu. Bisa jadi karena ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Cara ini ditempuh dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Demikianlah cara mempercepat haid selesai secara aman dan alami yang bisa dicoba Sahabat Dream yang mengalami datang bulan terlalu cepat.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Mashabi, Cikal Bakal Dangdut Indonesia #KabarDangdut