17 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah, Efektif, dan Menyenangkan

Reporter : Sugiono
Jumat, 3 Agustus 2018 13:45
17 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah, Efektif, dan Menyenangkan
Ketika kondisinya sudah terlanjur parah, banyak orang yang bingung mencari cara mengecilkan perut buncit secara mudah dan menyenangkan.

Dream - Memiliki perut buncit tentu saja sangat mengganggu. Selain membuat kita tidak percaya diri, perut buncit juga menyulitkan saat memilih baju dan celana.

Perut buncit juga bisa menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh kita sedang tidak sehat, karena perut yang buncit identik dengan penyakit.

Namun perut buncit tidak selalu dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Mereka yang berat badannya proporsional atau kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa perut buncit yang sudah parah bisa menyebabkan penderita mengalami stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Karena itulah, ketika kondisinya sudah terlanjur parah, banyak orang yang bingung mencari cara mengecilkan perut buncit mereka.

Namun, sebelum mengetahui cara mengecilkan perut buncit, Dream akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab perut buncit yang perlu diketahui.

Penyebab Perut Buncit

Penyebab perut buncit bisa beragam. Bahkan, penyebab perut buncit itu kita lakukan tanpa kita sadari sama sekali.

Namun ada juga penyebab perut buncit yang sebenarnya kita sadari tapi tetap melakukannya. Seperti makan berlebihan, mengonsumsi junk food, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar penyebab perut buncit yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengonsumsi jus buah

Buah-buahan memang sangat baik untuk tubuh. Namun terlalu banyak minum jus buah akan berpotensi membuat kamu semakin gemuk dan memiliki perut buncit.

Ini terjadi karena otak tidak mencatat jumlah kalori yang diperoleh dari minuman dengan cara yang sama dengan ketika mencatat kalori dari makanan.

Ini artinya, kamu akan cenderung mengonsumsi makanan lagi meskipun sudah minum jus buah yang biasanya sudah banyak mengandung gula.

2. Makan dengan terburu-buru

US National Library of Medicine National Institutes of Health melakukan penelitian yang mengungkapkan temuan bahwa seseorang yang makan dengan terburu-buru akan cenderung memiliki berat badan di atas normal atau mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup. Saat makan dengan cepat, kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang dibutuhkan oleh tubuh sebelum perut merasa kenyang.

3. Mengonsumsi makanan ringan

Meski kelihatannya remeh, tapi keseringan makan camilan akan membuat perut menjadi buncit. Hindarilah makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan.

Makanan ringan atau snack banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan kimia yang tidak akan dicerna secara baik oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja usus menjadi terganggu.

4. Mengonsumsi alkohol

Terlalu berlebihan mengonsumsi alkohol merupakan salah satu pemicu perut buncit. Tidak hanya memabukkan, minuman beralkohol juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya selain perut buncit.

Alkohol mengandung gula dan kalori yang sangat banyak atau berlebihan bagi kebutuhan tubuh. Kelebihan gula dan kalori sama sekali tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Selain itu dapat juga membuka celah bagi banyak penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Karena itu sebaiknya menjauhi minuman beralkohol agar kesehatan kamu tidak terganggu.

5. Jarang berolahraga

Banyak sekali penyebab mengapa kamu bisa memiliki perut buncit. Salah satunya adalah jika kamu jarang sekali berolahraga. Hal ini mengakibatkan lemak tertimbun pada bagian perut sementara otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal. Ini tentu akan membuat perut semakin buncit. Apalagi jika kamu hanya duduk, makan, beraktivitas di depan komputer, laptop, maupun gadget lainnya seharian.

6. Kebiasaan makan sebelum tidur

Apakah kamu selalu merasa lapar sebelum tidur atau tidak bisa tidur dalam keadaan lapar? Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat tidur. Namun jika kamu tidur dalam keadaan perut penuh maka tubuh tidak akan membakar secara efisien. Hal tersebut, tentu akan semakin menambah timbunan lemak di perut.

Tidak hanya makan sebelum tidur saja, bahkan berbaring ketika perut dalam keadaan kenyang dapat menyebabkan risiko terkena asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Oleh karena itu, jangan jadikan makan sebelum tidur sebagai sebuah kebiasaan. Setidaknya makan dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hindarilah juga langsung berbaring usai makan. Jika memang dalam keadaan lapar sebelum tidur, konsumsilah buah-buahan yang tentu saja lebih menyehatkan.

7. Merokok

Mungkin banyak yang heran jika merokok bisa menjadi penyebab perut buncit. Penelitian yang diterbitkan University of Glasgow menemukan bahwa merokok mungkin memiliki kaitan dengan cara mengurangi berat badan, namun merokok sebenarnya malah mendorong lemak menuju daerah inti tubuh yang menyebabkan perut menjadi lebih besar.

8. Kurang tidur

Idealnya, orang dewasa tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Ketika kamu tidur kurang dari jam tersebut, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

Dengan tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, kamu dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat kamu mengontrol nafsu makan).

Itulah beberapa penyebab perut buncit yang sebaiknya dihindari. Dengan mengetahui penyebab perut buncit itu, kita bisa menjadi lebih waspada untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

1 dari 1 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Dream - Sekarang kita sudah mengetahui beberapa penyebab perut buncit. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab perut buncit tersebut.

Setelah mengetahui penyebab perut buncit, kini saatnya untuk melihat bagaimana cara mengecilkannya. Untuk cara mengecilkan perut buncit ini ada banyak macamnya.

Namun kali ini kita akan membahas cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga secara teratur, menggunakan cara tradisional, sampai yang tanpa olahraga seperti dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk mengusir lemak di perut secara cepat dan praktis. Namun mengecilkan perut dengan berolahraga secara teratur tidak harus melakukan yang berat-berat.

Banyak olahraga atau latihan-latihan kecil yang bisa digunakan untuk mengecilkan perut buncit.

1. Yoga

Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

2. Sit-up dan push-up

Cara menghilangkan perut buncit secara mudah lainnya dengan berolahraga adalah melakukan sit-up dan push-up. Namun latihan ini harus harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu mengecilkan perut dalam waktu yang singkat karena dapat menghilangkan lemak di perut.

Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

3. Cardio

Cardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, otot-otot di tubuh kita bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

4. Circuit training

Jika kamu ingin membentuk otot sekaligus membakar lemak, lakukan sirkuit tiga kali dalam seminggu. Nikmati latihan lunges, push up, pull up selama 15 menit setiap latihan. Jangan lupa untuk menambahkan latihan lompat tali setiap latihan. Dan pastikan kalau kamu telah membakar sekitar 500-600 kalori per latihan.

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Tidak semua orang punya banyak waktu untuk mengecilkan perut buncit dengan berolahraga secara teratur. Selain itu sebagian dari kita tidak menyukai olahraga karena alasan malas.

Untuk mengecilkan perut buncit bisa juga dilakukan tanpa melakukan olahraga. Berikut adalah cara mengungkapkan perut buncit tanpa olahraga yang dirangkum dari berbagai sumber.

5. Minum air putih

Air putih dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga mampu untuk membantu mengecilkan perut buncit.

6. Memakai Korset

Dengan menggunakan korset dapat membantu mengecilkan perut buncit dan pinggang yang besar.

7. Pergi ke dokter

Jika perut buncit sangat sulit dihilangkan, sebaiknya pergi ke dokter untuk berkonsultasi karena hormon yang bermasalah juga bisa memicu terjadinya perut buncit.

8. Jangan duduk terlalu lama

Hindarilah duduk dalam waktu yang relatif lama, kebiasaan tersebut juga dapat memicu terjadinya perut buncit. Pastikan kamu berdiri dan berjalan yang cukup setelah merasa sudah terlalu lama duduk.

9. Konsumsi makanan tinggi kalsium

Makanan seperti brokoli, susu rendah lemak, ikan, dan lain-lain dapat membantu mengecilkan perut buncit.

10. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Selain mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, konsumsi juga makanan yang kaya akan serat seperti sayuran hijau dan buah.

Cara mengecilkan perut buncit dengan diet

Cara ampuh berikutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan diet. Di sini diet yang dimaksud bukanlah diet yang ketat. Bukan pula dengan mengurangi frekuensi makan yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali atau bahkan 1 kali. Diet yang dimaksud adalah mengatur pola makan. Baik dari segi waktu, jenis makanan, dan jumlah porsi makanan.

Diet yang tepat untuk mengecilkan perut buncit dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

11. Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat.

Kandungan serta yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak.

Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak di perut.

12 Membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Ada dua macam gula yang terdapat pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu.

Jika kamu mengonsumsi makan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati kamu tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.

13. Tidak makan menjelang tidur

Salah satu penyebab perut buncit seperti yang telah dijelaskan di atas adalah makan sebelum tidur. Oleh karena itu hindarilah makan tepat sebelum tidur. Diperlukan waktu 2 jam bagi makanan untuk diproses.

Tidak adanya aktivitas sebelum tidur hanya akan membuat kalori yang masuk diubah menjadi lemak bukannya energi.

Melakukan berbagai macam usaha di atas tak akan membuahkan hasil jika kamu tidak memiliki niat yang sungguh-sungguh. Sehingga jika kamu memang ingin mengecilkan perut, lakukan usaha tersebut dengan niat.

Cara mengecilkan perut buncit dengan cara tradisional

Kamu dapat mencoba mengecilkan perut buncit menggunakan ramuan tradisional yang sudah terbukti ampuh khasiatnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan bermacam tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat.

Tanaman herbal tersebut bahkan telah banyak hadir dalam kemasan siap saji dan juga digunakan pada industri obat.

Tidak ada salahnya mencoba mengecilkan perut buncit dengan cara alami. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, tentunya ramah di kantong.

14. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum kamu makan. Dan pastikan pula kamu meminumnya tanpa gula. Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut kamu terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan kamu.

Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolestelor jahat LDL dalam tubuh

15. Mengonsumsi Teh Jeruk Nipis

Tidak hanya harus menggunakan teh hijau, kamu juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Cukup siapkan sekantung teh atau bisa juga menggunakan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan segelas air panas. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Konsumsilah secara rutin.

16. Mengonsumsi Madu dan Jahe

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga kamu bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe ke dalam gelas dan diseduh air panas. Minumlah 2 kali sehari.

17. Mengonsumsi Smoothie Semangka

Semangka kaya akan nutrisi, termasuk likopen yang bisa melawan kanker. Buah yang satu ini juga kaya akan air serta asam amino arginin. Airginin bagus untuk menurunkan lemak tubuh. Semangka paling nikmat jika dibuat smoothie, namun jangan tambahkan gula.

Demikianlah cara mengecilkan perut secara mudah dan alami. Selain itu, cara mengecilkan perut buncit ini juga efektif tanpa efek samping. Selamat mencoba!

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'