Cara Menjaga Kebersihan Diri dari Virus Corona

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 24 Maret 2020 15:35
Cara Menjaga Kebersihan Diri dari Virus Corona
Virus Corona atau Covid-19 telah dinaikkan statusnya menjadi pandemi oleh WHO. Pandemi adalah penyakit yang telah menyebar diberbagai negara di seluruh dunia dalam waktu bersamaan.

Dream – Penyebaran virus corona telah menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga kebersihan diri. Kita harus lebih waspada dengan cara memperbanyak edukasi cara menjaga kesehatan yang dapat dimulai dengan menjaga kebersihan diri dari virus Corona.

Virus corona belum memiliki vaksin khusus untuk pencegahannya. Untuk itu kita diharapkan dapat menjaga kebersihan diri. Berikut tips dari WHO untuk mencegah penyebaran virus corona, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1 dari 7 halaman

Rajin Mencuci Tangan

Hal paling sederhana namun sering dilupakan untuk menjaga kebersihan diri adalah mencuci tangan.

Penyebaran virus corona dapat diantisipasi dengan cara mencuci tangan setiap kali menyentuh benda-benda kotor. Kebiasaan rajin mencuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan virus yang terdapat ditangan.

Mencuci tangan dapat menggunakan sabun maupun cairan yang mengandung alkohol, seperti handsanitizer. Usahakan pula untuk menggunakan air yang mengalir.

Cucilah tangan secara teratur agar kuman dan virus yang menempel dapat dihentikan penyebarannya.

2 dari 7 halaman

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling rentan tersentuh oleh tangan. Untuk mencegah penyebaran virus corona, jangan sering menyentuh wajah, terutama saat tangan atau benda yang digunakan untuk menyentuh wajah dalam keadaan kotor.

Usahakan tidak menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut. Jika pun terpaksa, maka pastikan tangan atau benda yang digunakan untuk menyentuh area tersebut dalam keadaan bersih.

3 dari 7 halaman

Jangan Menyentuh Benda atau Permukaan yang banyak di Sentuh Orang

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan diri dari penyebaran virus corona adalah dengan tidak menyentuh benda atau permukaan yang banyak disentuh orang lain. Karena kuman dan virus sifatnya tidak dapat terlihat langsung, maka usahakan untuk menghindari benda atau permukaan yang banyak disentuh orang.

Hal tersebut dapat membantu meminimalisir penyebaran kuman dan virus terutama virus Corona. Karena salah satu media penyebaran virus adalah benda yang sudah disentuh oleh pasien yang positif terkena virus Corona.

Namun jika ternyata terpaksa menyentuh benda atau permukaan tersebut, segera cuci tangan dengan menggunakan sabun atau cairan yang mengandung alkohol.

4 dari 7 halaman

Menggunakan Masker

Menggunakan masker saat berpergian dianjurkan bagi orang-orang yang merasa kurang sehat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona tersebut.

Walaupun virus corona tidak menular melalui udara, jika orang yang terinfeksi virus corona mengalami bersin atau batuk dan menyemburkan droplet atau cairan, dapat mempermudah penyebaran virus. Untuk itu penggunaan masker sangat dianjurkan agar penyebaran virus corona dapat ditekan.

5 dari 7 halaman

Menjaga Jarak Aman

Salah satu hal yang dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan menjaga jarak sesuai dengan batas aman yang dianjurkan, yaitu 1-2 meter dari orang lain. Hal ini dilakukan saat anda terpaksa harus keluar dari rumah.

Agar tetap dapat menjaga kebersihan diri, maka menjaga jarak sesuai batas aman adalah hal sangat dianjurkan. Karena bukan tidak mungkin, orang-orang yang anda temui di luar sedang berada dalam kondisi yang kurang sehat dan secara langsung maupun tidak langsung virus tersebut dapat menyebar ke diri anda.

Namun seiring dengan kebijakan pemerintah yang sudah mulai memberlakukan sistem social distancing atau menjaga jarak satu dan lainnya, maka sebaiknya anda lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Jikapun terpaksa harus keluar rumah, maka usahakan untuk tetap menjaga kebersihan diri.

6 dari 7 halaman

Saat Batuk, Biasakan untuk Menutup Mulut

Saat sedang batuk usahakan untuk menggunakan tisu sekali pakai. Jika dalam keadaan terpaksa, anda dapat menutup mulut menggunakan siku bagian dalam. Setelah itu jangan lupa mencuci tangan, baik menggunakan sabun atau cairan yang mengandung alkohol.

Hal ini dilakukan agar virus tersebut dapat ditekan penyebarannya sehingga tidak menginfeksi orang lain. Selain itu, menjaga kebersihan diri pun dapat tetap dilakukan dengan maksimal.

7 dari 7 halaman

Ke Dokter Saat Muncul Gejala

Virus corona dapat diketahui melalui gejala-gejala awal, seperti batuk, demam, dan pernapasan yang terasa sesak. Gejala ini sekilas mirip dengan gejala flu atau demam biasa.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke rumah sakit yang sudah menjadi rujukan untuk pengobatan virus corona.

Meskipun ternyata hasilnya negatif, tetap perlu dilakukan pencegahan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Baik dengan mengurangi aktifitas di luar rumah dan sebisa mungkin menghindari keramaian atau berdesak-desakan dengan orang banyak.

Beri Komentar