Cara Menyikat Gigi Behel yang Baik dan Benar

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 18 November 2019 17:48
Cara Menyikat Gigi Behel yang Baik dan Benar
Gigi sangat penting untuk dirawat. Salah satu caranya yaitu dengan menyikat gigi. Banyak orang yang salah dalam teknik menyikat gigi tersebut.

Dream - Perawatan terhadap gigi sangat perlu untuk dilakukan. Gigi memiliki peran utama untuk mengunyah makanan yang masuk ke tubuh kita untuk dijadikan sumber energi.

Maka dari itu jika gigi sakit atau rusak, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengonsumsi makanan. Salah satu cara merawat gigi yaitu dengan menyikat gigi.

Ternyata, menyikat gigi tidak asal menggosok-gosokkan sikat ke gigi. Ada cara menyikat gigi yang benar agar perawatan gigimu menjadi maksimal.

Cara menyikat gigi yang benar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Berikut ini yaitu cara menyikat gigi yang baik dan benar.

1 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara menyikat gigi yang benar bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Cukup sikat gigi kamu dengan benar secara rutin makan kesehatan gigi kamu akan terjaga. Berikut ini langkah-langkah cara menyikat gigi yang benar.

- Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

- Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

- Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.

- Ubah pola menyikat gigi jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang sama membuat ada bagian gigi lain terabaikan.

- Jika menyikat gigi dimulai dari bagian geraham atas, maka sikatan akhir pada gigi geraham bawah. Durasi waktu untuk menyikat gigi seluruh bagian sekitar 2-3 menit dan baru setelah itu kumur-kumur hingga gigi bersih.

- Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif. Maka dari itu, menyikat gigi secara lembut merupakan cara menyikat gigi yang benar.

- Menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif dalam membersihkan gigi. Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi.

2 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi Behel yang Benar

 Hasil gambar untuk behel

Untuk orang-orang yang menggunakan behel, ada cara khusus untuk menyikat gigi. Berikut ini adalah cara menyikat gigi yang benar saat menggunakan behel.

- Pegang sikat setara dengan sisi gigi. Tekan perlahan dan bimbing kepala sikat menyikat gigi demi gigi, mengikuti alur gigi dan gusi.

- Tahan sikat gigi agar menyikat di tiap gigi selama kurang lebih beberapa detik sebelum beralih ke gigi lain. Dengan menggunakan sikat gigi elektrik akan mempermudah pekerjaan menyikat gigi karena tak perlu lagi menekan sikat terlalu keras atau mengusapnya.

- Jangan melewatkan gigi bagian dalam, bagian atas, dan di belakang mulut.

- Bersihkan bracket behel dengan cara menyudutkan kepala sikat ke arah bracket. Pastikan membersihkan bagian bawah dari kawat dan tak ada lagi kotoran yang menempel.

3 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Benar Pada Anak

Cara menyikat gigi yang benar pada anak sama saja tekniknya dengan orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa si anak lakukan agar rutin menyikat gigi.

Contohkan cara menyikat gigi yang benar

Contohkan si anak menyikat gigi di depan cermin atau wastafel. Perlihatkan cara menyikat gigi yang benar, dan minta ia untuk meniru langkah-langkah yang kamu lakukan. Kemampuan motorik anak di usia ini memang belum optimal, jadi tak perlu memaksanya untuk menyikat gigi dengan benar.

Biarkan anak memilih sikat gigi yang ia suka

Saat berada di supermarket, tawari kepada anak beberapa pilihan sikat gigi. Sikat gigi untuk anak biasanya berwarna cerah dan dilengkapi gambar tokoh-tokoh karakter kartun. Sampaikan juga bahwa sikat gigi itu akan ia gunakan untuk menyikat giginya setiap hari agar selalu bersih dan tidak sakit

 

4 dari 4 halaman

Coba Juga Cara Ini

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat halus

Sikat gigi untuk anak pun jenisnya juga macam-macam. Pilih yang bulu sikatnya paling halus dan panjangnya berbeda-beda sehingga nyaman digunakan oleh anak. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau saat bulu sikat tampak sudah tidak beraturan.

Ciptakan suasana ceria saat menyikat gigi

Bagi sebagian anak, aktivitas menyikat gigi terasa membosankan. Atasi masalah ini dengan beberapa cara, misalnya membuat cerita menggunakan sikat gigi si kecil yang bergambar kartun. Atau, nyanyikan lagu yang riang sambil menungguinya menyikat gigi agar ia makin semangat.

Pilih pasta gigi khusus untuk anak

Pasta gigi khusus untuk anak umumnya memiliki kandungan fluoride yang rendah sehingga aman bila tertelan. Gunakan pasta gigi tipis saja pada permukaan sikat gigi. Biasanya, pasta gigi untuk anak tersedia dalam aneka rasa. Bisa meminta anak untuk memilih sendiri rasa yang ia suka. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik