Dulu Pakai Baju Ukuran 8XL, Wanita Berbobot 200 Kg Cerita Perjuangannya: Sulit Masuk Toilet, Kursi Diduduki Patah

Reporter : Sugiono
Rabu, 19 Januari 2022 10:13
Dulu Pakai Baju Ukuran 8XL, Wanita Berbobot 200 Kg Cerita Perjuangannya: Sulit Masuk Toilet, Kursi Diduduki Patah
Sekarang Aysha sangat bersyukur sudah bisa berubah menjadi lebih sehat, sejak ayahnya meninggal dunia.

Dream - Saat memakai kemeja atau celana terasa longgar, ini jelas merupakan indikasi bahwa kamu kehilangan berat badan. Sebuah pertanda yang bagus bagi kaum wanita yang menjalani diet.

Begitulah yang dirasakan seorang wanita Malaysia ketika memamerkan transformasi tubuhnya yang cukup luar biasa.

Dulu Di-bully pakai baju 8XL, wanita ini buktikan bisa berubah.© Video TikTok

Dalam sebuah video singkat di Instagram, wanita yang hanya disapa sebagai Aysha Alam mengenakan baju kedodoran bersama temannya.

Ternyata, baju ukuran 8XL yang selama ini dipakainya kini sudah terlihat kebesaran. Bahkan bisa menampung dirinya dan seorang temannya!

1 dari 6 halaman

Keceriaan terlihat jelas di wajah Aysha saat mengenakan blus panjang ukuran raksasa bersama temannya itu.

Aysha mengaku mengalami obesitas sejak awal usia 20-an. Berat badannya bahkan hampir 200 kilogram (kg). Kondisi ini tentu menyulitkan kehidupannya sehari-hari.

Aysha sering dibully karena berat badannya yang kelebihan.© Video TikTok

Wanita berusia 30 tahun ini menuturkan kelebihan berat badan membuat dirinya sulit untuk bergerak. Selain dia juga harus memakai baju khusus ukuran 8XL.

Setiap olahraga selalu cepat merasa letih.© Video TikTok

" Sulit untuk berjalan bahkan satu langkah saja, saya bisa sakit punggung. Saya tidak bisa keluar untuk jalan-jalan lama.

" Baru satu menit berjalan, saya merasa lelah dan harus duduk beristirahat sebelum melanjutkan berjalan," katanya.

2 dari 6 halaman

Aysha mengatakan, situasi yang paling menyiksanya adalah ketika setiap kali ingin buang air besar atau kecil di toilet.

Kalau di rumah, Aysha masih dibantu oleh anggota keluarganya masuk ke toilet. Entah didorong dari belakang atau berjalan menyamping.

Paling susah kalau mau ke toilet saat jalan-jalan.© Video TikTok

" Paling susah kalau di luar, apalagi toilet umum yang masih menggunakan WC jongkok. Saya tidak bisa menggunakannya.

" Jadi saya harus menahan diri dari buang air kecil atau besar sampai pulang," kata wanita asal Kajang, Selangor ini.

3 dari 6 halaman

Mengaku sering menjadi korban body shaming, wanita yang sebelumnya mengenakan baju ukuran 8XL ini kerap menjadi bahan gunjingan orang.

" Kalau saya ke mana-mana, orang-orang akan melihat saya. Mereka memotret atau merekam video, dari jauh saya tahu mereka sedang bicara tentang saya.

" Kalau yang laki-laki tidak usah ditanya lagi, mereka malah terang-terangan bilang badan saya besar sekali," kenangnya dengan perasaan sedih.

4 dari 6 halaman

Namun dia baru tersadar untuk bersungguh-sungguh menurunkan berat badan sejak ayahnya meninggal dunia pada Oktober 2020 di usia 56 tahun karena diabetes.

Aysha saat masih kegemukan pose bersama sang suami.© mStar

" Sebelum meninggal, ayah saya pernah mengatakan bahwa saya sudah menikah tetapi suami saya masih bisa menerima keadaan saya. Padahal tidak semua suami bisa menerima keadaan seperti saya.

" Ayah bilang kalau tidak sekarang, sampai kapan (menurunkan berat badan)? Kesehatan saya perlu dijaga dan saya harus melakukannya dengan usaha saya sendiri," katanya.

5 dari 6 halaman

Wanita yang menikah sejak 2014 ini kemudian bertekad menerapkan pola makan sehat sebelum masuk tahap selanjutnya dengan melakukan olahraga.

Saat berat badannya sudah turun jadi 160kg.© mStar

" Setelah berat badan mulai turun, saya bisa jalan 100 meter, 500 meter, lalu satu kilometer (km). Alhamdulillah, sekarang saya bisa jogging sejauh 5 km.

Sekarang Aysha bisa pakai baju favoritnya.© Video TikTok

" Sekarang bisa pakai sepatu hak tinggi. Dulu, saya tidak hanya khawatir tumit sepatu rusak, kursi yang saya duduki di pesta pernikahan juga patah," katanya.

6 dari 6 halaman

Dengan berat badannya yang semakin menyusut, kini Aysha sudah bisa mengenakan baju ukuran 3XL dan mengerjakan sholat dengan lebih leluasa.

Tak puas dengan pencapaiannya, Aysha yang kini berbobot 115kg akan mengejar target baru. Dia akan menurunkan berat badannya hingga 75kg.

" Kalau bukan diri kita sendiri yang berubah, siapa lagi yang mau berubah? Kita yang harus menentukan hidup kita. Jangan berhenti berusaha menjadi lebih baik," pungkasnya.

Sumber: mStar

Beri Komentar