Hati-hati, Pria Juga Bisa Terserang Kanker Payudara

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 29 Agustus 2019 12:12
Hati-hati, Pria Juga Bisa Terserang Kanker Payudara
Pasien biasanya datang dalam kondisi stadium 3 ke atas dan tidak memiliki angka harapan hidup panjang.

Dream - Carcinoma mammae atau kanker payudara sering dikaitkan dengan kaum hawa. Padahal penyakit ini justru lebih berbahaya jika menyerang kaum Adam.

Meski tidak berkembang seperti wanita, pria memiliki sedikit jaringan lemak, otot dan kulit di bawah payudara tempat sel kanker berkembang.

" Tidak seperti wanita yang punya jaringan payudara tebal, kanker payudara pria sifatnya lebih ganas karena minim pelindungnya. Kanker benar-benar menempel pada otot dan kulit," kata Andhika Rachman, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik dalam diskusi media bersama Roche, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Kasus kanker payudara pada pria memang terbilang sangat jarang ditemukan. Namun jika terjadi, pasien biasanya datang dalam kondisi stadium 3 ke atas dan tidak memiliki angka harapan hidup panjang. Hal ini karena masih kurangnya penelitian mengenai jenis kanker tersebut.

1 dari 5 halaman

Gejala Awal

Gejala awal kanker payudara pria terlihat serupa dengan ginekomastia, atau pembesaran payudara pria karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron.

Ginekomastia pada umumnya dapat sembuh seiring waktu berjalan. Tapi tidak pada kasus kanker.

" Gejala benjol disertai nyeri bisa sampai luka. Itu juga bisa karena infeksi, tapi perlu di-follow up apakah itu kanker atau bukan," jelasnya.

Pria dapat melakukan deteksi dini dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Berbeda dengan wanita, pria tidak perlu mengacu pada siklus menstruasi. Benjolan dan nyeri pada payudara pria juga lebih mudah dirasakan ketika diraba.

2 dari 5 halaman

Pemicunya

Tak ada penyebab pasti dari kanker payudara pria. Banyak hal dapat memicu pertumbuhan sel kanker, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup.

Kanker pada pria© shutterstock.com

" Hampir mirip seperti kanker lain. Berhubungan dengan gaya hidup, gen dan makanan, bukan karena satu hal saja. Hampir semua faktor ikut berkontribusi," tegasnya.

3 dari 5 halaman

Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria

Dream - Sebagian besar pria berpikir kalau mereka tak bakal terkena penyakit kanker payudara. Tapi faktanya tak demikian. Kaum Adam juga memiliki risiko terkena penyakit mematikan ini.

Pria memang memiliki jaringan payudara yang lebih sedikit, sehingga risikonya terkena kanker payudara lebih rendah dibandingkan perempuan. Penting digaris bawahi kalau risiko tersebut tetap ada.

Kenali Gejala Kanker Payudara Pada Pria© MEN

Penyebab kanker payudara pada pria ini belum diketahui secara jelas. Tapi pada dasarnya kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat daripada sel yang sehat.

Setelah itu, sel-sel yang terakumulasi membentuk tumor yang dan menyebar ke jaringan di dekatnya, kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh. Ada gejala khas kanker payudara pada pria yang wajib diwaspadai.

4 dari 5 halaman

Benjolan dan Puting

1. Benjolan
Laki-laki sering mengabaikan benjolan di dada. Biasanya tanpa rasa sakit, benjolan ini kadang terasa lembut saat disentuh. Jika kanker telah menyebar, pembengkakan dapat terlihat di bawah ketiak atau di sekitar tulang leher.

Kanker© Shutterstock

2. Puting masuk
Saat tumbuh, tumor/kanker payudara mulai menarik ligamen di dalam payudara. Efeknya, menyebabkan puting menjadi masuk dan disertai dengan kulit kering serta bersisik.

5 dari 5 halaman

Luka di Payudara

3. Keluar cairan
Pada beberapa kasus, puting juga mengeluarkan cairan. Biasanya tanpa disertai rasa sakit lalu muncul noda di dada. Cairan tersebut merupakan cairan tumor yang bocor keluar dari saluran puting.

4. Luka terbuka
Dalam beberapa kasus ekstrem, terdapat luka terbuka pada puting ketika tumor hampir tumbuh melalui kulit. Awalnya seperti jerawat, namun lama kelamaan luka menjadi lebar dan kadang disertai darah dan nanah.

(ism, Rahma Yultus, Sumber: BoldSky)

Beri Komentar