Jangan Diam Saja Kala Jadi Korban 'Bullying', Bangkit dengan 4 Langkah Ini

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 18 Oktober 2021 16:12
Jangan Diam Saja Kala Jadi Korban 'Bullying', Bangkit dengan 4 Langkah Ini
Jika perundungan terjadi pada dirimu, Kotex dan Founder Bullyid App membagikan beberapa hal yang harus dilakukan

Dream - Perundungan atau bullying menjadi fenomena yang selalu menjadi perhatian di dunia. Kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu atau sekelompok orang ini biasanya untuk menunjukkan kuasa dan pembuktian diri lebih kuat dibanding yang lain.

“ Biasanya tindakan mem-bully ini dilakukan oleh seseorang untuk membuktikan bahwa dia lebih kuat dan menindas orang lain,” jelas Agita Pasaribu, Founder & Executive Director at Bullyid App, pada acara virtual She Can Fund Kotex x Dream, 18 Oktober 2021.

Agita menambahkan bahwa tindakan bully dapat terjadi karena faktor psikologis seperti masalah di rumah dimana dia merasa kurang bahagia, ingin membalas dendam atau alasan lainnya.

Kotex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Jika bully terjadi pada dirimu, Agita membagikan beberapa hal yang harus dilakukan.

1. Berani untuk Menolak

Pahami apa saja tindakan penindasan. Jika ada hal yang merugikan secara fisik dan mental, maka kamu berhak untuk menolak tindakan tersebut.

“ Kita harus berani bilang kalau kita enggak suka, karena enggak ada yang berhak merundung dan menilai diri kita,” tambah Agita.

Agita berulang kali menyerukan untuk tidak takut melawan segala bentuk perundungan bahwa tidak ada yang berhak menyakiti orang lain.

1 dari 3 halaman

2. Ceritakan ke Orang Terdekat atau Psikolog

Jika Sahabat Dream mengalami perundungan dan dampaknya membuat pikiran tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas, kamu bisa bercerita kepada orang-orang yang dipercaya.

Kotex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kalau merasa sulit tidur, pusing dan mengganggu sehari-hari. Kita perlu ngobrol dengan psikolog dan orang terdekat untuk tau apa sumber masalahnya,” tambah Agita.

Sahabat Dream bisa mengobrol dengan keluarga, teman dekat, juga psikolog. Dengan bercerita, hati akan merasa lega dan akan menjadi lebih tenang.

© Dream
2 dari 3 halaman

3. Jangan Takut Melapor

Setelah mengalami tindakan perundungan, jangan segan untuk melapor. Jika terjadi di sekolah laporkan pada guru bimbingan konseling. Jika terjadi di lingkungan pekerjaan, laporkan pada pihak HRD.

Kotex© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Jangan takut untuk melaporkan jika perundungan terjadi pada diri sendiri atau orang-orang di sekitar kita," tambah Agita.

Agita juga kedepannya akan membuat platform sebagai wadah pelaporan tindakan perundungan.

" Kedepannya ada platform yang bisa melapor secara anonim, jadi kalau ngerasa segan melapor karena takut dibully juga, bisa pakai platform ini agar pelapor identitasnya lebih aman," tambah Agita.

3 dari 3 halaman

4. Bangkit dan Lebih Berdaya Raih Mimpi

Setelah mengalami perundungan biasanya kesehatan mental akan lebih down. Meraih mimpi akan membuat Sahabat Dream lebih berdaya akan membuat kesehatan mentalmu lebih baik.

" Cari hal yang positif dan semangat gali mimpi kamu dan semangat mencapai mimpi. Salah satunya dengan ikut She Can Fund yang bisa membantu kamu menggapai mimpi" tambah Agita.

Kotex© Kotex

Sahabat Dream yang ingin mewujudkan mimpi melalui #SheCanFund dapat langsung daftarkan diri ke https://www.kotex.co.id/shecanfund/applynow

Lalu tuliskan 3 hal ini untuk meyakinkan kami dapat mendukung Sahabat Dream meraih mimpi.

1. Kamu harus bisa meyakinkan bahwa mimpi kamu tulus dan sangat bermakna
2. Beritahu bagaimana dana ini dapat mewujudkan impian kamu
3. Jelaskan bagaimana impian kamu dapat membawa perubahan bagi lingkungan sekitar kamu

© Dream
Beri Komentar