Tak Hanya Jadi Lebih Ceria, Inilah 7 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 9 Mei 2022 17:36
Tak Hanya Jadi Lebih Ceria, Inilah 7 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Fisik dan Mental
Tertawa bisa meningkatkan hormon endorfin dan membuat mood lebih baik.

Dream – Tertawa merupakan ekspresi yang dengan mudah menunjukkan seseorang sedang berbahagia dengan apa yang dialaminya. Ada berbagai penyebab yang bisa membuat seseorang tertawa. Namun kebanyakan disebabkan hal atau pengalaman lucu yang sedang diperbindangkan dengan dengan teman. Terkadang juga kita bisa refleksi tertawa saat menonton film komedi maupun konten-konten jenaka di media sosial.

Dengan tertawa kita bisa menikmati hari dengan lebih menyenangkan. Lebih dari itu, tertawa juga banyak memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, salah satunya untuk mental kamu.

Mungkin sahabat Dream pernah melihat atau mengalami sendiri ketika mencoba menghibur seseorang yang sedang sedih hingga bisa kembali tertawa. Tertawa adalah obat ampuh yang bisa membantu meredakan kesedihannya. Bahkan ada juga yang sampai lupa kalau dirinya sedang sedih karena saking menikmati canda tawa tersebut.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat tertawa yang perlu kamu ketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui sehatq.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan© Unsplash.com

Mengatasi Stres

Manfaat tertawa yang pertama adalah bisa mengatasi stres. Ya, stres bisa dialami oleh siapa saja karena faktor tertentu yang membuat pikirannya terasa penuh dan ada tekanan dalam dirinya. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa membuat seseorang mengalami depresi.

Namun ketika sahabat Dream tertawa, maka akan membuat detak jantung dan tekanan darah meningkat serta response stres juga mengalami penurunan. Selain itu, melalui tertawa bisa meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang nantinya akan membuat mood kamu lebih baik. Oleh karena itu, ketika sedang stres sebaiknya diatasi dengan suatu hal yang bisa membuatmu tertawa.

Mengalihkan dari Hal Negatif

Tertawa tidak hanya menyenangkan, tapi juga memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Oleh karena itu, aktivitas ini tak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu manfaat tertawa adalah bisa mengalihkan dari hal yang negatif. Misalnya saja rasa marah, khawatir, rasa bersalah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, di saat kamu memiliki waktu luang, cobalah untuk mencari hiburan yang bisa membuatmu tertawa. Misalnya menonton film lucu atau membaca meme di media sosial. Hal ini akan memiliki dampak untuk dirimu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan© Unsplash.com

Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan

Melalui aktivitas tertawa, hal ini bisa membuat kesehatan sahabat Dream terjaga dengan baik. Karena jika pikiran kita diliputi dengan hal-hal yang negatif, maka ini akan membuat imunitas tubuh mengalami penurunan. Sedangkan jika pikiran diisi dengan hal-hal yang positif, maka akan mampu untuk melawan stres dan menangkal datangnya penyakit.

Bahkan telah dilakukan penelitian di Jepang pada tahun 2016 silam tentang efek tertawa pada penyakit kardiovaskular yang dialami oleh lansia. Hasilnya membuktikan bahwa lansia yang setiap harinya tertawa, mereka akan lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangatlah penting untuk melindungi diri sahabat Dream dari serangan penyakit. Karena ketika kekebalan tubuh sedang menurun, maka penyakit bisa dengan mudah masuk. Selain menerapkan pola hidup yang sehat, cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan tertawa. Dengan tertawa, ini akan membuat mood lebih baik dari yang sebelumnya tidak baik.

Jika sahabat Dream tertawa, maka organ tubuh akan bekerja lebih baik. Bahkan kekebalan tubuh pun menjadi semakin baik. Sehingga sahabat Dream bisa lebih membentengi diri dari penyakit yang hendak datang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan© Unsplash.com

Meredakan Rasa Sakit

Manfaat tertawa yang perlu sahabat Dream ketahui adalah bisa meredakan rasa sakit. Hal ini pun telah dilakukan penelitian pada tahun 2021 lalu, di mana dengan mencari relalsi antara tertawa serta daya tahan tubuh pada rasa sakit.

Kemudian dari hasilnya membuktikan bahwa setelah tertawa, responden mengalami peningkatan ketahanan pada rasa sakit. Ini disebabkan karena tubuh telah melepaskan hormon endorfin yang sifatnya analgesik atau bisa meredakan rasa sakit. Jadi, bagi sahabat Dream yang sedang merasakan sakit, cobalah untuk mencari suatu hal yang bisa memancingmu tertawa.

Melawan Lupa

Manfaat tertawa ternyata juga bagus untuk otak lho, sahabat Dream. Diketahui bersama bahwa otak adalah bagian terpenting bagi tubuh. Apalagi dalam aktivitas belajar, maka otak memiliki peran yang sangat penting. Nah, dari aktivitas tertawa mampu membantu seseorang untuk melawan lupa.

Hal ini telah dilakukan penelitian pada tahun 2014 lalu di Amerika tentang efektivitas humor pada fungsi memori jangka pendek. Hasilnya membuktikan bahwa dengan tertawa bisa membuat hormon kortisol menurun dan meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat seseorang.

Membakar Kalori

Cara membakar kalori tidak hanya bisa dilakukan dengan olahraga saja lho, sahabat Dream. Tetapi bisa juga dengan tertawa. Ya, hal ini karena saat tertawa akan membuat otot bekerja lebih baik. Otomatis, ini juga akan membuat kalori di tubuh turut terbakar.

Tak hanya itu saja, dengan tertawa juga bisa membuat jantungmu lebih sehat. Jadi, jika sahabat Dream ingin tertawa, maka jangan ragu dan lepaskan saja. Karena itu memberikan efek yang baik untuk tubuhmu.

Beri Komentar